Bisnis yang Membutuhkan Digital Monitoring? Cek Disini!

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 06 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Digital monitoring adalah proses pemantauan dan analisis aktivitas online, termasuk media sosial, situs web, dan publikasi online lainnya. Ini contoh bisnisnya!"

Hidup kita sudah berjalan beriringan bersama arus globalisasi dan era digitalisasi. Bukan cuma merambah ke bidang pendidikan dan pekerjaan, saat ini bisnis pun sangat bergantung dengan tren digital dan tools digital yang mumpuni. Saat ini, untuk mengembangkan bisnis, individu harus melek dan sadar akan pentingnya peran teknologi dan era digitalisasi. Oleh karena itu, digital monitoring hadir untuk membantu individu berkenalan dan mengulik data secara digital dengan lebih efektif lagi!

Artikel ini akan menjelaskan hal-hal mengenai digital monitoring, khususnya kapan waktu yang tepat untuk melakukan digital monitoring serta bisnis apa saja yang biasanya sangat membutuhkan digital monitoring! Untuk kamu yang penasaran dengan informasi selengkapnya, wajib baca artikel ini sampai selesai, ya!

Apa itu Digital Monitoring?

Digital monitoring adalah proses pemantauan dan analisis aktivitas online, termasuk media sosial, situs web, dan publikasi online lainnya. Ini membantu perusahaan memahami bagaimana mereka diterima di dunia maya, memantau perkembangan industri dan kompetitor, dan memantau reputasi merek. Digital monitoring menggunakan teknologi dan alat pemantauan untuk mengumpulkan dan menganalisis data online, seperti lalu lintas web, interaksi pelanggan, dan ulasan produk. Hasil dari digital monitoring dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih informatif dan efektif.

Baca Juga: Ini Cara Mengikuti Tren Digital, Gunakan Platform Digital Monitoring

Kapan Waktu yang Tepat untuk Lakukan Digital Monitoring?

Beberapa bisnis mungkin melakukan digital monitoring secara rutin seperti:

  • Saat launching produk baru: Melakukan digital monitoring saat memperkenalkan produk baru bisa membantu memahami bagaimana produk diterima oleh pasar dan apa yang perlu ditingkatkan.
  • Saat menjalankan kampanye iklan: Melakukan digital monitoring saat menjalankan kampanye iklan bisa membantu menentukan apakah kampanye sukses dan bagaimana bisa ditingkatkan.
  • Saat melakukan relaunch merek: Melakukan digital monitoring saat melakukan relaunch merek bisa membantu memahami bagaimana relaunch diterima oleh pasar dan apa yang perlu ditingkatkan.
  • Saat membuat keputusan strategis: Melakukan digital monitoring saat membuat keputusan strategis bisa membantu memahami bagaimana bisnis diterima oleh pasar dan membuat keputusan yang lebih baik untuk bisnis.

Namun, melakukan digital monitoring secara teratur, seperti setiap bulan atau setiap kuartal, juga bisa membantu memahami bagaimana bisnis berkembang dan bagaimana pasar merespons bisnis.

Bisnis yang Membutuhkan Digital Monitoring

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan digital monitoring dalam bisnis:

  • E-commerce

Pada bisnis e-commerce, digital monitoring bisa digunakan untuk memantau ulasan pelanggan dan mengidentifikasi tren dan masalah produk. Selain itu, digital monitoring berguna untuk memantau performa iklan melalui analisis data dan umpan balik pelanggan untuk memastikan efektivitas iklan dan membuat perbaikan yang diperlukan.

Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Manfaat Digital Monitoring Report untuk Perusahaan

  • Bisnis dengan Digital Marketing

Pada bisnis yang membutuhkan pemasaran digital, pastinya membutuhkan digital monitoring. Digital monitoring bisa bantu pebisnis untuk melacak kinerja kampanye iklan online, memantau reputasi merek dan mengevaluasi efektivitas kampanye.

  • Produk Media Sosial

Digital monitoring juga dibutuhkan pada bisnis yang melakukan launcing produk di media sosial. Digital monitoring bisa menjadi tolak ukur popularitas dan engagement akun media sosial, memantau interaksi pelanggan, dan menganalisis data demografi target.

  • Teknologi informasi

Bisnis teknologi informasi sangatlah lekat Melacak reputasi merek dan masalah produk secara real-time, memantau tren industri, dan memantau laporan kinerja kompetitor.

  • Keuangan

Bisnis keuangan juga bisa membutuhkan digital monitoring. Digital monitoring bisa memantau sentimen pasar, analisis industri dan memantau pergerakan saham perusahaan. memantau aktivitas dan strategi kompetitor untuk menentukan bagaimana membedakan diri dan mempromosikan keunggulan bisnis.

Penggunaan digital monitoring sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis tertentu. Ini membantu perusahaan memahami bagaimana mereka diterima online, memantau kompetitor, dan mengoptimalkan strategi pemasaran dan bisnis mereka.

Baca Juga: Cara Memahami Audiens dengan Digital Monitoring Report

Saat ini kamu bisa mendapatkan jasa dan layanan analisis data yang komprehensif untuk data report bisnis dan sosial media. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat demi bisnismu dengan bantuan deep analysis dari data analyst.

Ivosights comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan kamu mengelola big data sekaligus menganalisisnya. Sebagai platform intelegensi digital, Ripple10 bisa membantu industrimu memenangkan kompetisi secara digital sebab Ripple10 bisa mengetahui sentimen netizen terhadap brand, mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral!

Didukung dengan fitur monitoring yang berguna, serta data strategis yang bisa memberikanmu rekomendasi langkah terbaik untuk mengembangkan bisnismu, Ivosights siap membantu! Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami