Mengenal Fungsi dan Manfaat Digital Monitoring Report untuk Perusahaan

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 15 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Digital monitoring dilakukan untuk mengumpulkan data & informasi tentang bagaimana produk/layanan diterima pasar"

Pada setiap bisnis dan instansi dibutuhkan laporan tahunan sebagai bahan monitoring perusahaan selama kurang lebih satu tahun. Di era digital ini, tentunya semua laporan sudah tersedia dalam bentuk digital juga. Bahkan data dan bahan-bahannya juga bersumber dari internet dan digital. Oleh karena itu, pada artikel ini selain membahas fungsi dan manfaat dari digital monitoring report, kamu juga akan mengetahui arti dari digital monitoring report itu sendiri.

Apa itu Digital Monitoring Report?

Digital monitoring adalah proses pengawasan atau pemantauan aktivitas digital, termasuk aktivitas di media sosial, situs resmi, atau aplikasi lainnya. Digital monitoring biasanya dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang bagaimana produk atau layanan kamu diterima oleh pasar, atau untuk mengetahui tanggapan dan opini pelanggan atau klien kamu terhadap bisnismu. Digital monitoring dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakan alat atau software khusus yang disebut sebagai digital monitoring tools.

Nah, peran digital monitoring report sendiri memang sangatlah besar. Oleh karena itu, umumnya setiap perusahaan memang membuthkan laporan yang satu ini. Apalagi hampir semua perusahaan dan bisnis pasti memiliki aktivitas digital yang memang harus dicatat. Semua perusahaan yang memiliki aktivitas digital, termasuk aktivitas di media sosial, website, atau aplikasi lainnya, dapat membutuhkan digital monitoring.

Beberapa contoh perusahaan yang mungkin membutuhkan digital monitoring adalah perusahaan e-commerce, perusahaan periklanan, perusahaan teknologi, perusahaan media, perusahaan travel, dan perusahaan keuangan. Namun, sebenarnya semua perusahaan dapat membutuhkan digital monitoring, tergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis mereka.

Manfaat Digital Monitoring Report

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh perusahaan dengan melakukan digital monitoring dan membuat laporan digital monitoring, di antaranya adalah:

  • Mengetahui tanggapan dan opini pelanggan atau klien terhadap produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Mengetahui tren dan perkembangan pasar, sehingga dapat membantu perusahaan untuk menyesuaikan strategi dan kebijakan bisnis sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pasar.
  • Mengetahui pesaing atau kompetitor, sehingga dapat membantu perusahaan untuk mengetahui keunggulan atau kelemahan bisnis mereka dibandingkan dengan pesaing, dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan posisi bisnis mereka di pasar.
  • Mengetahui target pasar dan segmen pelanggan, sehingga dapat membantu perusahaan untuk menyasar dan menjangkau pelanggan yang tepat, dan meningkatkan efektivitas pemasaran dan penjualan.
  • Mengetahui ROI atau return on investment dari pemasaran digital, sehingga dapat membantu perusahaan untuk mengevaluasi efektivitas pemasaran digital dan meningkatkan efisiensi anggaran pemasaran.

Bagaimana Caranya Mendapatkan Digital Monitoring Report?

Nah, itu dia pengertian dan manfaat dari digital monitoring. Kini kamu bisa memahami bahwa dalam dunia bisnis, diperlukan berbagai strategi untuk mengembangkannya menjadi lebih baik, termasuk dengan menggunakan digital monitoring report. Akan tetapi, kini mungkin muncul pertanyaan, jika aktivitas digital suatu bisnis begitu besar dan dinamis, bagaimanakah cara mendapatkan digital monitoring report yang baik?

Jawabannya adalah dengan comprehensive analytics! Comprehensive analytics adalah komponen yang bisa membantumu mencapai observasi pasar. Tujuan dari comprehensive analytics sendiri adalah untuk memberikan gambaran lengkap mengenai status keuangan suatu perusahaan baik pada saat ini maupun proyeksi ke masa depan.

Pada bisnis lain, comprehensive analytics tidak hanya dilakukan untuk memberi gambaran data keuangan, tetapi juga data tren digital. Pada tren digital, kamu bisa mendapatkan banyak data yang bisa dianalisis seperti misalnya pada data suatu trend sosial media, data yang dikumpulkan bisa menarik kesimpulan citra positif atau negatif dari tren tersebut.

Data-data yang banyak biasa disebut dengan big data. Big data sendiri merupakan segala himpunan data dalam jumlah yang sangat besar, rumit, dan tak terstruktur sehingga menjadikannya sukar ditangani apabila hanya menggunakan pengolah data tradisional. Big data memiliki beberapa karakteristik yang disebut 5V, yaitu volume, velocity, variety, veracity, dan value yang jika di olah dengan tepat akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis.

Pada bidang data analyst untuk sosial media, comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan kamu dalam pengelolaan dan analisis big data. Dengan support dari sumber-sumber yang beragam, analisis mendalam dengan berbagai macam metode, dan pengolahan data yang profesional.

Ivosights Menawarkan Jasa Comprehensive Analytics

Saat ini kamu bisa mendapatkan jasa dan layanan data anlisis yang komprehensif untuk bisnis dan sosial mediamu. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat demi bisnismu. Ivosights comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan kamu mengelola big data sekaligus menganalisisnya. Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami