Cek Ombak Produk Anti Mainstream Ramadan Pakai Digital Monitoring!

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 27 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Dengan semakin ketatnya persaingan di pasar, diperlukan ide produk yang Anti-mainstream agar dapat bersaing dan menarik perhatian konsumen"

Ramadan, bulan suci umat Muslim yang selalu dinanti-nanti setiap tahunnya. Selain sebagai momen beribadah, Ramadan juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan produknya. Namun, dengan semakin ketatnya persaingan di pasar, diperlukan ide produk yang Anti-mainstream agar dapat bersaing dan menarik perhatian konsumen. Digital monitoring dapat menjadi solusi untuk mengetahui tren dan kebutuhan konsumen pada bulan Ramadhan. Dalam artikel ini, Ivosights akan mengajak Anda untuk mengetahui lebih dalam manfaat digital monitoring untuk kemajuan bisnis Anda!

Ramadan Sebagai Momen Bisnis

Ramadan adalah bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai momen untuk beribadah, Ramadan juga menjadi momen yang dinanti-nanti oleh pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan selama bulan Ramadan, banyak masyarakat yang berbelanja untuk keperluan berbuka puasa dan persiapan merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Namun, dengan semakin ketatnya persaingan di pasar, pelaku bisnis dituntut untuk dapat menciptakan produk yang dapat bersaing dan menarik perhatian konsumen. Kebutuhan akan ide produk yang Anti-mainstream menjadi semakin penting agar dapat membuat produk yang berbeda dari yang sudah ada di pasaran.

Baca Juga: Cara Memahami Audiens dengan Digital Monitoring Report

Kebutuhan Akan Ide Produk Yang Anti-mainstream

Dalam menciptakan ide produk yang Anti-mainstream, diperlukan pemahaman yang mendalam tentang tren dan kebutuhan konsumen pada Ramadan. Hal ini akan membantu pelaku bisnis dalam menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen. Salah satu cara untuk mengetahui tren dan kebutuhan konsumen adalah dengan menggunakan digital monitoring. Dengan digital monitoring, pelaku bisnis dapat mengetahui apa yang sedang menjadi trend dan kebutuhan konsumen pada Ramadan, sehingga dapat menciptakan ide produk yang tepat dan sesuai dengan pasar.

Digital Monitoring untuk Menganalisis Tren Konsumen

Digital monitoring adalah sebuah metode untuk memantau dan menganalisis data yang terkait dengan perilaku konsumen di media sosial, platform e-commerce, dan website lainnya. Metode ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren dan kebutuhan konsumen, serta memperoleh wawasan yang mendalam tentang preferensi konsumen pada suatu waktu.

Keuntungan menggunakan digital monitoring adalah bahwa pelaku bisnis dapat memperoleh informasi secara real-time tentang apa yang sedang menjadi trend dan kebutuhan konsumen pada saat itu. Dengan demikian, pelaku bisnis dapat menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen, serta dapat bersaing di pasar dengan lebih baik.

Tools digital monitoring yang dapat digunakan antara lain adalah Google Trends, Social Mention, Hootsuite Insights, dan  Ripple 10. Dengan menggunakan tools ini, pelaku bisnis dapat memantau tren dan kebutuhan konsumen secara real-time, sehingga dapat menciptakan ide produk yang relevan dan tepat sasaran.

Ide Produk Anti-mainstream untuk Ramadan

Setelah melakukan analisis tren dan kebutuhan konsumen pada Ramadan dengan menggunakan digital monitoring, pelaku bisnis dapat menciptakan ide produk yang Anti-mainstream dan sesuai dengan preferensi konsumen. Berikut adalah beberapa ide produk yang dapat dijadikan referensi:

#1 Paket sahur sehat

Saat berpuasa, kesehatan menjadi hal yang penting bagi konsumen. Oleh karena itu, pelaku bisnis dapat menciptakan paket sahur yang sehat dengan menu yang bervariasi dan seimbang. Misalnya, paket sahur yang terdiri dari bubur kacang hijau, sayur tumis, dan lauk ikan atau ayam.

#2 Produk baju muslim yang trendy

Selama Ramadan, banyak konsumen yang mencari baju muslim untuk digunakan saat beribadah atau merayakan Hari Raya Idul Fitri. Pelaku bisnis dapat menciptakan produk baju muslim yang trendy dengan menggunakan bahan yang nyaman dan motif yang menarik.

Baca Juga: Pahami Fitur Early Alert Notification pada Aplikasi Digital Monitoring

#3 Minuman berbuka puasa yang unik

Saat berbuka puasa, konsumen biasanya memilih minuman yang menyegarkan. Pelaku bisnis dapat menciptakan minuman berbuka puasa yang unik dengan menggunakan bahan-bahan yang segar dan berbeda dari minuman yang sudah ada di pasaran. Misalnya, minuman buah segar dengan tambahan rempah atau bahan lain yang memberikan rasa yang unik.

#4 Kue kering dengan rasa unik

Selain minuman, kue kering juga menjadi produk yang banyak dicari konsumen saat berbuka puasa. Pelaku bisnis dapat menciptakan kue kering dengan rasa unik dan berbeda dari yang sudah ada di pasaran, seperti kue kering dengan rasa buah-buahan atau rempah-rempah.

#5 Produk kesehatan dan kecantikan

Selama Ramadan, banyak konsumen yang mencari produk kesehatan dan kecantikan untuk menjaga kesehatan dan penampilan mereka selama berpuasa. Pelaku bisnis dapat menciptakan produk kesehatan dan kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, seperti suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh atau produk perawatan kulit untuk menjaga penampilan.

Baca Juga: Apa itu Word Cloud? Kenali Fungsinya untuk Aplikasi Digital Monitoring

Dapatkan Software Digital monitoring Terbaik Hanya di Ivosights!

Anda bisa mendapatkan software analisis data yang komprehensif dan lengkap untuk data report bisnis dan sosial media di Ivosights! Ivosights menyediakan berbagai layanan terkait Comprehensive analytics. Ivosights dapat membuat Anda lebih mudah memahami data dan juga dapat memberikan rekomendasi strategi yang tepat untuk kelangsungan bisnis Anda dengan bantuan tim Ivosights yang sudah berpengalaman melakukan analisa mendalam dari berbagai macam data.

Comprehensive analytics dari Ivosights hadir sebagai solusi yang dapat memudahkan Anda mengelola Big Data dan mendapatkan insights terbaik. Sebagai penyedia layanan Customer engagement terlengkap di bidang ini, Ivosights juga menyediakan layanan Ripple 10 yang dapat membantu Anda memenangkan kompetisi di pasar bisnis. 

Ripple 10 dapat menjadi mata-mata perusahaan Anda untuk mengetahui seperti apa sentimen warganet terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada mereka. Bahkan, lebih dari itu, Anda juga bisa mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami