Apa itu Word Cloud? Kenali Fungsinya untuk Aplikasi Digital Monitoring

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 24 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Word cloud. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Word cloud. Shutterstock.

"Word cloud adalah visualisasi yang menampilkan kata-kata dari teks yang diberikan, dengan ukuran font yang lebih besar untuk kata-kata yang lebih sering muncul dalam teks"

Digital monitoring adalah proses pengumpulan dan analisis data dari internet dan media sosial untuk memonitoring aktivitas online dan mengevaluasi bagaimana merek atau organisasi diterima oleh audiens. Aplikasi digital monitoring adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari internet dan media sosial, seperti postingan di blog, komentar di media sosial, forum diskusi, dan lain-lain. Aplikasi digital monitoring dapat digunakan untuk mengukur efektivitas kampanye iklan, mengevaluasi bagaimana konten diterima oleh audiens, mengevaluasi performa kompetitor, dan mengukur efektivitas strategi pemasaran. Aplikasi digital monitoring dapat menyediakan data tentang mention, reach, sentiment, dan lain-lain. Di dalam aplikasi digital monitoring terdapat satu fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam melihat kata-kata dari teks yang diberikan, yaitu word cloud. Artikel ini akan membahas soal word cloud mulai dari pengertian hingga fungsinya pada aplikasi!

Apa itu Word Cloud?

Word cloud adalah visualisasi yang menampilkan kata-kata dari teks yang diberikan, dengan ukuran font yang lebih besar untuk kata-kata yang lebih sering muncul dalam teks tersebut. Ini digunakan untuk menunjukkan kata-kata yang paling penting atau sering muncul dalam teks yang dianalisis, dan dapat digunakan untuk mengevaluasi isi teks, menemukan topik, atau mengejar ide-ide baru.

Baca Juga: Ini Cara Mengikuti Tren Digital, Gunakan Platform Digital Monitoring

Fungsi Word Cloud

Fungsi dari word cloud adalah untuk menampilkan data teks dalam bentuk visual yang mudah dibaca dan dipahami. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk menemukan kata-kata yang paling penting atau sering muncul dalam teks yang dianalisis. Word cloud dapat digunakan untuk:

  1. Mengevaluasi isi teks dan menemukan topik utama yang dibahas
  2. Menemukan kata-kata kunci yang penting dalam teks yang dianalisis
  3. Mengejar ide-ide baru atau menemukan kata-kata yang tidak terduga
  4. Membuat visualisasi yang menarik dan informatif dari data teks
  5. Membuat presentasi atau laporan yang lebih menarik
  6. Membuat kategori kata-kata dalam teks yang dianalisis
  7. Menemukan kata-kata yang tidak diharapkan dalam teks yang dianalisis.

Dimana Word Cloud Biasanya Digunakan?

Word cloud biasanya digunakan dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan analisis data teks, seperti:

  1. Penelitian: Word cloud dapat digunakan untuk menganalisis teks dari artikel ilmiah, jurnal, atau tesis untuk menemukan topik utama yang dibahas atau kata-kata kunci yang penting.
  2. Marketing: Word cloud dapat digunakan untuk menganalisis data dari sosial media, survei, atau ulasan produk untuk menemukan kata-kata yang paling sering digunakan oleh konsumen dan untuk mengevaluasi respons mereka terhadap produk atau merek.
  3. Pembuatan konten: Word cloud dapat digunakan untuk mengevaluasi isi dari blog, artikel, atau konten media sosial untuk menemukan topik utama yang dibahas atau kata-kata kunci yang penting.
  4. Data journalism: Word cloud dapat digunakan untuk menganalisis data dari berita atau dokumen publik untuk menemukan topik utama yang dibahas atau kata-kata kunci yang penting.
  5. Pendidikan: Word cloud dapat digunakan dalam pendidikan untuk membantu siswa dalam memahami isi teks dan menemukan kata-kata kunci yang penting.
  6. Humanities: Word cloud dapat digunakan dalam bidang Humanities seperti Sastra, Sejarah, atau Filsafat untuk menganalisis teks klasik atau teks yang digunakan dalam penelitian.

Baca Juga: Bangkitkan Bisnismu. Yuk, Simak Ulasan Fitur-fitur Digital Monitoring

Mengapa Word Cloud Penting untuk Aplikasi?

Word cloud penting untuk aplikasi karena:

  • Menyederhanakan data teks: Word cloud membuat data teks lebih mudah dibaca dan dipahami dengan menampilkan kata-kata yang paling penting atau sering muncul dalam teks yang dianalisis dalam bentuk visual yang menarik.
  • Memudahkan penemuan topik utama: Word cloud membuatnya lebih mudah untuk menemukan topik utama yang dibahas dalam teks yang dianalisis, sehingga membantu dalam menemukan insights yang bermanfaat.
  • Mempercepat proses analisis: Word cloud membuat proses analisis data teks lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan menganalisis teks secara manual.
  • Membuat presentasi yang lebih menarik: Word cloud dapat digunakan untuk membuat presentasi atau laporan yang lebih menarik dan informatif dengan menyajikan data teks dalam bentuk visual yang mudah dibaca.
  • Meningkatkan interpretasi data: Word cloud dapat digunakan untuk membuat kategori kata-kata dalam teks yang dianalisis, sehingga memudahkan interpretasi data dan menemukan kata-kata yang tidak diharapkan dalam teks yang dianalisis.
  • Multi-disipliner : Word cloud dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti penelitian, marketing, pembuatan konten, data journalism, pendidikan, dan Humanities.

Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Manfaat Digital Monitoring Report untuk Perusahaan

Dapatkan Aplikasi Digital Monitoring Terbaik di Ivosights!

Saat ini kamu bisa mendapatkan jasa dan layanan data anlisis yang komprehensif untuk data report bisnis dan sosial media. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat demi bisnismu.

Ivosights comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan kamu mengelola big data sekaligus menganalisisnya. Sebagai platform intelegensi digital, Ripple10 bisa membantu industrimu memenangkan kompetisi secara digital sebab Ripple10 bisa mengetahui sentiment netizen terhadap brand, mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi bran dari isu negative yang berpotensi viral!

Didukung dengan fitur monitoring yang berguna, serta data strategist yang bisa memberikanmu rekomendasi langkah terbaik untuk mengembangkan bisnismu, Ivosights siap membantu! Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami