Lawan Kompetitor Dengan Menggunakan Platform Digital Monitoring Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 06 April 2023
Ket: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock

"Dengan digital monitoring para pengusaha dapat melakukan pemantauan dari segi aspek untuk melawan kompetitor mereka dalam bisnis dan bentuk evaluasi pada bisnis"

Digital monitoring memiliki peran penting bagi sebuah bisnis dalam memonitor segala bentuk data yang akan menjadi acuan untuk menjadikan bisnis jadi lebih baik kedepannya. Monitoring dapat dilakukan secara manual maupun digital. Alangkah kurang lazim nya pada era sekarang apabila melakukan monitoring secara manual. Selain sudah ketinggalan, monitoring secara manual kurang efisien dan sangat boros atas waktu dan tenaga. Kemajuan teknologi lah yang memajukan setiap pekerjaan berbasis digital.

Digital monitoring pastinya diperlukan oleh setiap pengusaha atau perusahaan. Sebuah bisnis tidak akan cepat berkembang apabila tidak melakukan sebuah monitoring. Maka dari itu sangat lah penting melakukan monitoring dalam skala waktu tertentu. Sebuah forum pastinya akan melakukan evaluasi di akhir pekan, akhir bulan, atau akhir tahun. Digital monitoring memiliki salah satu fungsi yaitu sebagai media evaluasi pada suatu bisnis.

Digital monitoring sangat penting untuk bisnis dikarenakan dapat menjelaskan segala informasi yang akurat dan real-time mengenai aktivitas bisnis secara digital, seperti lalu lintar situs web, platform media sosial, bahkan penggunaan sebuah aplikasi. Dengan monitoring data secara intens, sebuah perusahaan akan dapat memahami perilaku serta preferensi pelanggan mereka, serta apa yang menjadi kebutuhan dari pelanggan atau sebuah tren dari pasar. Kelebihan lain yang perlu diketahui mengenai digital monitoring sebagai berikut.

Baca Juga:Bangkitkan Bisnismu. Yuk, Simak Ulasan Fitur-fitur Digital Monitoring

Alasan Penting Melakukan Digital Monitoring

Pentingya mengetahui beberapa hal mengenai digital monitoring sebelum menggunakan platform bagi anda selaku pengusaha.

  • Memantau Reputasi Produk

Anda dapat memantau apakah reputasi produk anda naik atau turun, baik atau kurang baik. Hal-hal yang perlu dipantau dalam hal ini adalah segala ulasan dan pandangan produk anda dari netizen atau pelanggan.

  • Mengukur Kinerja Campaign

Pemantauan sebuah campaign dapat dilakukan dengan melihat persentase atau view dari media sosial mengenai campaign yang telah anda lakukan atau publish. Anda dapat menjadikan persantase tersebut menjadi acuan dalam perbaikan campaign selanjutnya sebagai sebuah bentuk motivasi dalam membentuk inovasi baru kedepannya.

  • Memantau Persaingan

Anda dapat memantau kinerja serta produk yang dimiliki oleh kompetitor. Dengan itu anda dapat membuat hal yang berbeda dengan pesaing, sehingga anda dapat menghasilkan produk yang lebih maju dari pesaing lainnya.

  • Meningkatkan Keamanan

Digital monitoring dapat memantau keamanan dari perusahaan atau bisnis yang sedang anda jalankan. Hal ini bertujuan untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan atau pihak yang kiranya mengancam bagi perusahaan anda.

  • Meningkatkan Pengalaman

Dengan memantau jalannya bisnis, anda dapat mengetaui banyak hal, salah satunya kebutuhan dan keinginan pelanggan. Anda dapat memberikan yang terbaik dengan memuaskan kebutuhan pelanggan. Dengan menghasilkan sesuatu yang relevan dengan keinginan mereka.

Digital monitoring juga merupakan salah satu bentuk strategi untuk melawan kompetitor dalam pasar bisnis. Dengan memantau secara digital, anda sebagai pengusaha pastinya mengetahui banyak hal yang harus dilakukan serta tidak dilakukan. Mengetahui langkah yang dilakukan kompetitor merupakan suatu bentuk yang maju untuk anda mengembangkan bisnis anda. apabila hal tersebut benar terjadi, maka anda sudah dikatakan melakukan digital monitoring dengan baik. Selain itu, anda juga harus memperhatikan platform yang akan anda gunakan sebagai digital monitoring untuk melawan kompetitor.

Baca Juga: Bisnis yang Membutuhkan Digital Monitoring? Cek Disini!

Cara Melawan Kompetitor dengan Digital Monitoring

  • Memantau Peringkat Pencarian

Peran SEO yang mengedepankan keyword atau kata kunci sangat diperlukan dalam digital monitoring. Dengan mengetahui kata kunci di internet, maka anda dapat mengetahui apa saja yang sedang di cari dan banyak diminati oleh netizen atau pelanggan.

  • Melacak Aktivitas Media Sosial

Anda dapat melakukan pemantauan media sosial dari kompetitor anda. Content apa yang mereka miliki, produk apa, serta postingan apa yang mereka miliki. Dari situ anda dapat kembangkan content yang lebih baik dari kompetitor anda tanpa harus plagiasi.

  • Memantau Strategi Pemasaran

Anda dapat melihat bagaimana campaign yang dilakukan oleh pesaing. Seperti campaign email, media sosial. Sehingga anda dapat mengetahui target audience yang sedang diinginkan.

  • Melacak Perubahan Produk dan Pelayanan

Anda dapat mengetahui perubahan yang dilakukan oleh pesaing dalam produknya. Sehingga anda dapat mencari kelemahan dari pesaing anda soal produk yang dihasilkan.

  • Memantau Ulasan Pelanggan

Ulasan dari pelanggan atau netizen merupakan hal paling akurat, karena merupakan sebuah asumsi atau pendapat pribadi. Anda dapat melakukan evaluasi dengan menyaring ulasan serta saran dari pelanggan untuk kedepannya produk yang dihasilkan harus bagaimana.

Melakukan pemantauan secara digital monitoring anda harus menggunakan platform terbaik agar dapat melawan kompetitor dengan semaksimal mungkin. Anda bisa menggunakan produk dari Ivosights

Platform Digital Monitoring Dari Ivosights

Ivosights menghasilkan Ripple10 sebagai platform digital monitoring yang sangat mumpuni. Anda dapat konsultasi serta cek lebih lanjut mengenai fitur-fitur yang dimiliki produk Ivosights dengan mampir ke laman web atau media sosial.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami