5 Tips Mudah Supaya Agen Telesales Dapat Raih Target Penjualan

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 11 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock

"Supaya target penjualan dapat tercukupi secara konsisten, agen telesales dapat mengikuti cara mudah yang disebutkan di bawah ini"

Dalam dunia bisnis, target penjualan merupakan hal yang penting untuk mencapai kesuksesan perusahaan. Sehubungan dengan ini, agen telesales memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mencapai target penjualan tersebut. Namun, kenyataannya masih banyak agen yang masih kesulitan untuk memenuhi target penjualan ini. Seperti apakah cara mudah untuk meraihnya? Simak artikel berikut ini.

Apa Itu Pengertian Telesales?

Sebelum membahas seputar tips-tips tersebut, penting bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan telesales. Telesales merupakan sebuah proses penjualan yang dilakukan melalui telepon atau saluran komunikasi jarak jauh lainnya. Dalam berinteraksi dengan calon pelanggan, agen telesales mempresentasikan produk atau layanan serta melakukan upaya penjualan untuk mencapai target yang ditetapkan.

Baca juga: Ciri Produk yang Membutuhkan Telesales Untuk Penjualannya

Mengapa Perlu Adanya Target Penjualan bagi Perusahaan?

  • Mengarahkan Fokus dan Upaya

Penetapan target penjualan secara jelas membuat setiap anggota tim lebih terarah untuk mencapai apa yang ditargetkan oleh perusahaan. Terarahnya performa agen telesales akan  membuat energi dan waktu yang mereka punya digunakan secara lebih efektif.

  • Mengukur Kinerja

Target penjualan dapat difungsikan sebagai alat ukur kinerja  tim secara obyektif. Dengan memiliki target yang terukur, perusahaan dapat mengevaluasi pencapaian penjualan secara teratur dan mengidentifikasi apakah upaya penjualan yang dilakukan telah sesuai dengan keinginan.

  • Mendorong Pertumbuhan

Dengan menetapkan target yang menantang namun mudah dijangkau, perusahaan dapat mendorong tim penjualan untuk bekerja lebih keras dan mencari peluang baru. Target menantang ini juga dapat mendorong pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.

  • Mengoptimalkan Pemanfaatan Sumber Daya

Perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien dan efektif berkat adanya target penjualan. Selain itu, tim penjualan dapat menyesuaikan strategi untuk mencapai target yang ditetapkan, mengidentifikasi peluang terbaik, dan mengarahkan upaya mereka pada prospek yang paling berpotensi.

Cara Mudah Agen Telesales Dapat Mencapai Target Penjualan

Supaya para agen lebih mudah untuk mencapai target penjualan, Anda dapat menerapkan beberapa langkah-langkah berikut:

  • Menentukan Prospek yang Tepat

Untuk mencapai target penjualan, Anda perlu menentukan prospek yang tepat. Agen telesales perlu melakukan riset dan pengelompokkan prospek untuk mengidentifikasi calon pelanggan yang paling berpotensi untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. 

  • Memahami Produk atau Layanan Secara Mendalam

Kemudian, agen telesales perlu memahami produk atau layanan yang ditawarkan secara mendalam, seperti fitur-fitur produk, manfaat, serta keunggulannya dibandingkan dengan milik kompetitor. Dalamnya pemahaman agen telesales ini akan memudahkan mereka memberikan informasi akurat dan meyakinkan calon pelanggan.

  • Mengembangkan Keterampilan Komunikasi yang Efektif

Lalu, agen telesales juga perlu mengembangkan kemampuan mendengarkan, bertanya, dan menjelaskan dengan jelas. Teknik persuasi dan negosiasi seharusnya wajib dikuasai untuk meyakinkan calon pelanggan supaya melakukan pembelian. Anda bisa melatih kemampuan ini melalui pelatihan dan latihan relevan.

  • Menggunakan Teknologi Pendukung Kinerja Telesales

Kemudian, penggunaan teknologi seperti CRM (Customer Relationship Management) dapat membantu agen untuk mengelola database pelanggan, mengatur jadwal panggilan, dan melacak proses penjualan. Agen juga dapat memanfaatkan teknologi komunikasi seperti sistem telekonferensi atau aplikasi instant message untuk mempermudah interaksi dengan calon pelanggan.

  • Evaluasi dan Perbaikan Berkelanjutan

Untuk mencapai target penjualan secara konsisten, agen telesales perlu melakukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan terhadap kinerja mereka. Hal ini dilakukan dengan melihat data penjualan, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan melakukan tindakan perbaikan yang sesuai. Pengadaaan evaluasi secara berkala akan membantu agen telesales untuk terus mengasah kemampuan dan meningkatkan hasil penjualan.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Penjualan yang Efektif dan Ampuh

Capai Target Penjualan dengan Bantuan Sistem Sociomile

Mencapai target penjualan sebagai agen telesales tidaklah mudah, tetapi dengan menerapkan tips-tips di atas, agen telesales dapat meningkatkan peluang untuk menyukseskan penjualan. Jangan lupa untuk memperdalam pengetahuan terkait produk atau layanan dengan baik, bangun hubungan personal dengan calon pelanggan, gunakan teknik penjualan yang efektif, tetapkan target yang realistis, dan terus tingkatkan kompetensi. Penting bagi Anda untuk menunjang kinerja agen telesales ini dengan menyediakan platform atau tools relevan, salah satunya sistem CRM.

Ivosights menyediakan sistem contact center terlengkap Sociomile yang mendukung integrasi sebanyak 13 platform digital, termasuk sistem panggilan suara telephony. Sistem ini dapat mendukung operasional layanan pelanggan baik dari segi inbound ataupun outbound, salah satunya berbentuk telesales. 

Berkat bantuan Sociomile, agen dapat melakukan pemasaran produk maupun layanan pelanggan melalui panggilan telepon maupun teks dengan memanfaatkan platform-platform yang terintegrasi dalam satu dashboard utama tersebut. Sociomile juga dilengkapi dengan IP PBX Telephony system, sehingga para agen dapat bekerja dimana saja. Anda dapat melakukan demo sistem ini gratis dengan menghubungi tim Ivosights kapanpun yang Anda inginkan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami