5 Metrik Pengukur Kinerja Buzzer yang Dipantau dengan Digital Monitoring

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 15 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Monitoring. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Monitoring. Shutterstock

"Menggunakan lima metrik pengukur ini akan memudahkan bisnis untuk memantau kinerja para buzzernya dengan digital monitoring"

Dalam era digital yang berkembang pesat, peran buzzer dalam dunia bisnis semakin penting. Hal ini disebabkan karena buzzer mampu memberikan pengaruh yang besar untuk mengarahkan opini para follower-nya melalui konten yang dipublikasikan dalam media sosial. Selain membutuhkan untuk bekerjasama dengan buzzer, bisnis diharuskan untuk memantau kinerja mereka menggunakan alat berupa digital monitoring. Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa metrik penting untuk mengukur kinerja buzzer tersebut. Apa saja metrik yang dimaksud? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Peran Penting Buzzer dalam Bisnis

Buzzer dapat dimanfaatkan sebagai seseorang yang mampu mempromosikan produk atau layanan bisnis, meningkatkan kesadaran audiens terhadap brand bisnis, dan menciptakan koneksi dengan audiens yang lebih luas. Selain itu, buzzer juga dapat membantu menciptakan narasi berisikan informasi positif tentang bisnis Anda.

Pengertian dari Buzzer

Sebagai pengertian, buzzer adalah seorang individu pemilik sebuah akun media sosial yang memiliki follower dalam jumlah besar. Buzzer ini juga memiliki kemampuan untuk memengaruhi pendapat dan perilaku audiensnya melalui konten yang mereka publikasikan di platform media sosial.

Kenali Definisi dari Digital Monitoring

Sementara itu, digital monitoring merupakan sebuah proses pemantauan dan pengukuran berbagai aspek dari aktivitas yang dilakukan secara online, termasuk media sosial. Pemantauan oleh digital monitoring mencakup analisis data terkait kinerja konten, reaksi audiens, serta sentimen publik terhadap bisnis atau merek tertentu. Selain itu, digital monitoring dapat membantu bisnis untuk memahami sejauh mana upaya pemasaran yang dilakukan, termasuk penggunaan buzzer, berdampak pada kesuksesan bisnis.

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Buzzer

Kegunaan Digital Monitoring untuk Memonitoring Kinerja Buzzer

Berikut adalah lima kegunaan digital monitoring untuk memonitoring kinerja buzzer:

  • Menilai Dampak Pesan Buzzer

Dengan bantuan digital monitoring, Anda dapat mengukur sejauh mana konten yang dibagikan oleh buzzer memberikan pengaruh terhadap audiensnya. Pengukuran ini mencakup analisis seberapa banyak orang yang melihat pesan tersebut dan berapa banyak audiens yang terlibat dengan konten tersebut.

  • Mengidentifikasi Buzzer Berpengaruh

Dengan alat berupa digital monitoring, Anda dapat mengidentifikasi siapa aja buzzer yang memiliki pengaruh besar dalam jenis industri tertentu. Hal ini memudahkan Anda untuk memilih siapa sebaiknya buzzer yang akan menjalin kerjasama dengan bisnis untuk membantu kampanye pemasaran atau promosi.

  • Mengidentifikasi Perubahan dalam Tren

Tren dalam industri tertentu dapat berubah dengan cepat. Berkat digital monitoring, Anda sebagai pebisnis mampu mengidentifikasi apabila ada perubahan dalam tren tersebut dan menyesuaikan strategi pemasaran bisnis Anda.

  • Menemukan Peluang Kolaborasi

Kemudian, digital monitoring dapat dimanfaat untuk menemukan peluang kolaborasi dengan buzzer lain atau dengan brand bisnis lain yang jenisnya relevan dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Bangkitkan Bisnismu. Yuk, Simak Ulasan Fitur-fitur Digital Monitoring

  • Memantau Aktivitas Pesaing

Selain memantau buzzer yang bekerjasama dengan bisnis, Anda juga dapat menggunakan digital monitoring untuk memantau aktivitas buzzer pesaingnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan sejumlah informasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh buzzer pesaing Anda.

  • Mengukur Return on Investment

Terakhir, digital monitoring memudahkan Anda untuk mengukur ROI dari kampanye pemasaran bisnis dengan buzzer. Anda dapat melihat seberapa besar dampak kampanye tersebut secara finansial untuk bisnis.

Metrik Pengukur Kinerja Buzzer yang Digunakan dengan Digital Monitoring

Inilah lima metrik pengukur kinerja buzzer yang digunakan dengan digital monitoring:

  • Jumlah Interaksi

Metrik pengukur kinerja buzzer yang digunakan dengan digital monitoring yang harus Anda perhatikan adalah jumlah interaksi audiens dalam konten yang dipublikasikan buzzer. Metrik dalam jumlah interaksi ini mencakup like, komentar, dan share. Semakin tinggi jumlah interaksi, semakin besar dampak pesan tersebut.

  • Engagement Rate

Engagement rate adalah sebuah metrik penting yang digunakan mengukur sejauh mana audiens terlibat dengan konten yang dibagikan oleh buzzer. Metrik ini dihitung sebagai persentase seberapa banyak follower buzzer yang berinteraksi dengan konten yang dipublikasi. Semakin tinggi tingkat engagement, semakin besar keberhasilan buzzer untuk memengaruhi audiensnya.

  • Sentimen Publik

Sentimen publik merupakan sebuah metrik yang mencakup apakah respons audiens terhadap pesan buzzer bersifat positif, negatif, atau netral. Menggunakan metrik ini dapat membantu bisnis mengukur apakah pesan buzzer mendukung citra brand bisnis Anda.

  • Dampak Konversi

Kemudian ada dampak konversi, sebuah metrik lainnya yang digunakan untuk mengukur kinerja buzzer. Metrik ini mencakup berapa banyak jumlah audiens yang terpengaruh oleh buzzer untuk tindakan yang diinginkan bisnis Anda, seperti pembelian produk atau mendaftar layanan berlangganan.

  • Kemajuan dalam Brand Awareness

Terakhir, metrik kemajuan dalam brand awareness yang digunakan untuk mengukur kemajuan peningkatan kesadaran audiens terhadap brand bisnis setelah upaya yang dilakukan oleh buzzer. Apakah akan ada lebih banyak orang yang mengenal brand bisnis Anda?

Baca juga: Hal yang Harus Dihindari Ketika Mempromosikan Bisnis Melalui Buzzer

Cara Implementasi Pengukuran Kinerja Buzzer dengan Digital Monitoring

Setelah Anda memahami apa saja metrik pengukuran kinerja buzzer, terapkan beberapa cara untuk implementasi pengukuran kinerja buzzer dengan digital monitoring:

  • Pilih Platform Digital Monitoring yang Tepat

Pertama, pilihlah platform digital monitoring yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Banyaknya pilihan tools yang tersedia membuat Anda harus memastikan bahwa tools digital monitoring yang dipilih sudah sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

  • Identifikasi Buzzer yang Relevan

Selanjutnya, lakukan identifikasi buzzer yang relevan dengan jenis bisnis Anda. Pastikan buzzer ini memiliki audiens dengan kriteria yang sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

  • Pantau dan Analisis Secara Berkala

Gunakan platform digital monitoring untuk memantau kinerja buzzer secara berkala. Lakukan analisis dari data-data yang dikumpulkan dan carilah apa peluang tren yang mungkin muncul.

  • Ambil Tindakan yang Diperlukan

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, ambil tindakan yang perlu dilakukan oleh bisnis. Tindakan ini bisa saja termasuk penyesuaian strategi buzzer, meningkatkan interaksi dengan buzzer untuk meningkatkan kinerja, atau mengganti buzzer jika diperlukan.

Pantau Kinerja Buzzer dengan Fitur Buzzer Tracking yang Ada dalam Digital Monitoring

Mengukur kinerja buzzer membutuhkan beberapa metrik di atas supaya tetap memberikan hasil yang optimal dalam membantu kampanye bisnis Anda. Selain memilih buzzer yang cocok, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan platform digital monitoring yang mendukung pemantauan kinerja buzzer maupun KOL yang bekerja sama dengan bisnis.

Sebagai salah satu opsi, Anda bisa menjatuhkan pilihan Anda pada Ripple10, sebuah platform digital monitoring dari Ivosights yang mampu memantau perbincangan audiens di berbagai media sosial, mulai dari Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, hingga Youtube. Platform ini juga dibekali dengan sejumlah fitur, salah satunya buzzer tracking dan monitoring yang memudahkan bisnis untuk memonitoring performa setiap buzzer dan KOL dari setiap kampanye bisnis yang dilakukan. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui sentimen audiens terhadap bisnis, aktivitas digital bisnis kompetitor, hingga mengukur citra brand Anda di dunia digital. Jika Anda tertarik dengan sejumlah kelebihan yang dimiliki Ripple10, hubungi tim kami untuk melakukan konsultasi lanjut terkait tools digital monitoring ini. Bahkan, Anda juga dapat meminta kami untuk melakukan demo sistem Ripple10 secara langsung!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami