7 Cara Meningkatkan Kualitas Customer Relations dan Customer Service

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 21 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relations. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relations. Shutterstock.

"Diperlukan agent customer service yang kompeten dalam menjaga hubungan dengan pelanggan agar pelanggan tersebut nyaman dengan pelayanan yang diberikan."

Dalam bisnis pemasaran yang biasanya memiliki tujuan untuk menjual produk atau jasa ke pelanggan, memerlukan sebuah cara agar penjualan tersebut mengalami kenaikan. Untuk meningkatkan penjualan, setidaknya bisa mempertahankan dulu hubungan dengan pelanggan atau klien yang lama maupun yang baru. Diperlukan agent customer service yang kompeten dalam menjaga hubungan dengan pelanggan agar pelanggan tersebut nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Baiknya pelayanan dapat meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Bagaimana caranya meningkatkan kualitas agent pada customer relations dan customer service?

#1 Bangun Tim

Cara yang pertama yaitu buatlah sebuah tim yang hebat. Anggota tim Anda merupakan agent yang tiap harinya berinteraksi dengan pelanggan. Jika dibangunkannya tim yang hebat, para agent pasti akan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Anda juga dapat memastikan agent bekerja dengan menerapkan standar perusahaan yang ada untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Pentingnya memiliki pelatihan dan orientasi yang ekstensif untuk memastikan anggota tim memahami tujuan dan harapan yang diberikan oleh perusahaan.

#2 Respon yang Cepat

Pelanggan akan sangat senang jika mereka mendapat respon yang cepat dan tepat dari agent terkait permasalahan yang mereka alami. Jika Anda memiliki bandwidth yang baik, terapkanlah fitur seperti e-mail, live chat, dan panggilan telepon. Semakin banyak akses bagi pelanggan untuk menghubungi customer service, semakin puas pula mereka dengan layanan bisnis Anda. Saat pelanggan meminta bantuan kepada tim support Anda, cobalah bantu untuk menyelesaikan masalah pelanggan tersebut.

#3 Dapatkan Feedback Pelanggan

Melakukan survei merupakan cara yang bagus untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan Anda. Jika pelanggan terus memberikan Anda feedback tertentu dari berbagai aspek, maka sudah sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa perubahan. Walaupun mengirimkan survei menandakan bahwa Anda menghargai pendapat pelanggan, sebenarnya hal itu juga merupakan bahwa brand Anda berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

#4 Latihan Social Listening

Social Listening yaitu Anda memantau berbagai saluran sosial untuk mempelajari bagaimana orang memandang brand Anda. Dengan memperhatikan apa kata orang tentang brand Anda di media sosial dan media lainnya, Anda dapat menggunakan Social Listening untuk memantau kebutuhan target Anda. Dengan memantau percakapan mereka di media sosial, Anda dapat lebih memahami kebutuhan mereka.

#5 Berikan Informasi Penting

Memberikan informasi yang mudah ditemukan tentang produk atau jasa dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan Anda. Memberikan informasi seperti panduan cara pemakaian, tutorial video, forum bantuan, artikel atau blog, dan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan merupakan cara untuk mendukung pelanggan Anda. Bisa juga jika Anda ingin menerapkan fitur obrolan langsung yang dimana pelanggan bisa mendapatkan respon secara langsung terkait pertanyaan mereka.

#6 Tunjukkan Rasa Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih kepada pelanggan Anda merupakan cara terbaik untuk mempertahankan pelanggan Anda dan membangun loyalitas. Pertimbangkan juga untuk memberikan semacam lencana atau insentif kepada pelanggan agar mereka bisa terus berbelanja. Memberikan beberapa pengumuman di situs web dan media sosial merupakan cara yang bagus untuk menunjukan rasa terima kasih Anda.

#7 Berempati Terhadap Kebutuhan Pelanggan

Saat melatih agent customer service, ingatkan pada mereka bahwa pelanggan yang bekerja dengan mereka adalah manusia juga. Jika ada pelanggan yang sedang kesal atau emosinya tidak stabil, mungkin saja mereka sedang memiliki masalah. Dengan bersikap baik dan sabar terhadap pelanggan, Anda sebagai pelaku usaha bisnis bisa memberikan layanan dan dukungan yang baik kepada para pelanggan.

Itu dia merupakan cara untuk meningkatkan kualitas agent Customer Relations dan Customer Service. Kuncinya adalah melayani pelanggan dengan baik maka mereka akan nyaman dan memberikan reputasi yang bagus kepada perusahaan atau bisnis Anda. Peranan tim yang hebat juga tentunya berpengaruh pada kualitas agent dalam melayani pelanggan setiap harinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami