Tips Menghindari Writers Block dengan Digital Listening Tools

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 23 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock

"Pahami tips Digital Listening Tools dapat memberikan banyak inspirasi dalam menghasilkan ide konten yang menarik untuk bisnis Anda."

Dalam dunia digital marketing, menghasilkan ide konten yang segar dan menarik dapat menjadi tugas yang menantang. Writer's block atau kebuntuan dalam menulis adalah salah satu masalah umum yang sering dialami oleh para penulis. Kondisi ini dapat membuat penulis merasa terhenti, tidak dapat menghasilkan ide baru, dan akhirnya menghambat proses kreatif. Untuk mengatasi writer's block dan menemukan ide-ide konten yang segar, banyak penulis dan pemasar konten beralih ke digital listening tools.

Apa Itu Writer's Block?

Writer's block adalah kondisi di mana seorang penulis mengalami kesulitan atau kebuntuan untuk menghasilkan ide baru atau menulis dengan lancar. Ketika mengalami writer’s block, penulis akan merasa terhambat dan sulit untuk memulai tulisan, atau bahkan melanjutkan tulisan yang sudah ada. Gejala writer's block bisa disebabkan oleh banyak faktor, dari kasus yang ringan hingga yang parah. Beberapa gejala umum writer's block meliputi.

  • Kekosongan Ide

Penulis merasa kehabisan ide dan kesulitan menemukan topik yang menarik untuk ditulis. Sehingga penulis tidak dapat memulai atau melanjutkan tulisannya.

  • Rasa Tidak Percaya Diri

Penulis merasa tidak yakin dengan kemampuannya sendiri dan meragukan nilai dari tulisan yang akan dihasilkan. Hal ini mengakibatkan penulis tidak dapat melanjutkan tulisannya atau memulai tulisannya, karena penulis berpikir kemampuannya tidak cukup.

Baca juga: 4 Ide Copywriting untuk Annual Report yang Memikat Hati Pelanggan

  • Prokrastinasi

Penulis sering menunda-nunda dan sulit memulai tulisan karena merasa tidak termotivasi. Writers block semacam agak sulit dihilangkan, karena biarpun sudah memiliki topik namun jika masih merasa belum termotivasi, penulisan tidak akan berjalan.

  • Blok Kreatif

Penulis mengalami kesulitan dalam menemukan kata-kata yang tepat dan menyusun kalimat dengan lancar. Hingga menyebabkan penulis sibuk mencari kata-kata yang tepat dan tidak memulai tulisannya.

  • Frustasi dan Stres

Kondisi writer's block yang berlanjut dapat menyebabkan penulis merasa frustasi dan stres, yang dapat semakin memperburuk keadaan dan justru tidak akan memulai tulisannya atau bahkan melanjutkan tulisannya lagi. Maka dari itu, penulis membutuhkan alat digital listening untuk mencari ide.

Mencari Ide Konten dengan Digital Listening Tools

Penyebab terjadinya writer's block dapat bervariasi, termasuk tekanan kreatif, ketidakpastian, kelelahan, kurangnya inspirasi, atau bahkan rasa takut akan penolakan. Namun, dengan menggunakan digital listening tools, penulis dapat menemukan cara untuk melawan writer's block dan menemukan ide-ide konten yang segar.

Digital listening tools adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk memantau, menganalisis, dan memahami percakapan publik yang terjadi di platform media sosial, blog, forum, dan situs web lainnya. Dengan menggunakan fitur-fitur yang dimiliki oleh digital listening tools, penulis dapat menemukan ide-ide konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pasar. Berikut adalah beberapa cara untuk mencari ide konten menggunakan digital listening tools.

  • Menganalisis Percakapan Publik

Digital listening tools memungkinkan penulis untuk melacak percakapan publik yang sedang tren di media sosial, blog, dan forum. Dengan menganalisis topik yang sedang dibicarakan secara luas, penulis dapat menemukan ide konten yang relevan dan menarik bagi audiens. Misalnya, jika sedang ada percakapan hangat tentang tren makanan sehat di media sosial, penulis dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat konten yang membahas makanan sehat atau resep-resep yang populer.

  • Memantau Topik yang Sedang Viral

Digital listening tools memungkinkan penulis untuk memantau topik yang sedang viral dan pengguna juga bisa mendapatkan informasi tentang apa yang sedang tren di pasar. Dengan melihat apa yang sedang populer dan mendapatkan perhatian masyarakat, penulis dapat menghasilkan konten yang relevan dan diminati oleh audiens. Misalnya, jika ada video viral tentang trik kecantikan, penulis dapat membuat konten yang berkaitan dengan trik kecantikan tersebut atau memberikan pandangan yang unik.

  • Melacak Kata Kunci dan Hashtag Terkait

Digital listening tools memungkinkan penulis untuk melacak kata kunci dan hashtag terkait dengan industri atau topik yang ingin dibahas. Dengan melihat apa yang sedang dibicarakan dan digunakan sebagai kata kunci atau hashtag, penulis dapat menghasilkan konten yang relevan dan mudah ditemukan oleh audiens yang tepat. Misalnya, jika penulis ingin menulis tentang "teknologi terkini," penulis dapat melacak kata kunci dan hashtag terkait seperti "inovasi teknologi" atau "tren teknologi."

Baca juga: Lacak Keyword untuk Copywriting Bisnis Anda dengan Digital Monitoring!

  • Menggunakan Fitur Sentimen Analisis

Beberapa digital listening tools juga dilengkapi dengan fitur sentimen analisis yang memungkinkan penulis untuk mengetahui pendapat dan perasaan audiens terhadap suatu topik atau merek. Dengan memahami sentimen yang sedang berkembang, penulis dapat menghasilkan konten yang lebih relevan dan menarik bagi audiens. Misalnya, jika ada sentimen positif yang berkembang terhadap suatu merek, penulis dapat menciptakan konten yang mengulas pengalaman positif para pengguna terhadap merek tersebut.

Itulah keuntungan yang didapatkan jika Anda menggunakan alat digital listening, selain untuk mencari ide dan terlepas dari writers block, digital listening juga dapat melihat pendapat masyarakat tentang produk kita. Dengan digital listening, kita bisa menaikkan citra, memperbaiki citra, analisis kompetitor, hingga mendapatkan data perencanaan bisnis.

Dapatkan Alat Digital Listening di Ivosights!

Digital listening tools dapat menjadi alat yang sangat berharga bagi penulis dan pemasar konten dalam mencari ide konten yang segar dan sesuai dengan pasar. Namun, penting juga untuk tetap mempertimbangkan aspek kreativitas dan keunikan dalam mengembangkan ide konten. Digital listening tools dapat menjadi panduan yang berguna, tetapi penulis tetap perlu menggabungkan keterampilan dan kecerdasan manusia untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan unik.

Salah satu produk digital listening tools bernama Ripple10. Ripple10 memiliki kemampuan sentimen masyarakat di internet terhadap suatu merek, mengukur citra brand, identifikasi akun sosmed berpengaruh, dan bahkan bisa mengetahui aktivitas digital kompetitor. Dengan Ripple10, Anda tak perlu takut kehabisan ide konten dan tak perlu takut lagi dengan pergerakan kompetitor bisnis dalam dunia digital, karena semuanya dapat didengar dan dipantau oleh Ripple10. Hubungi Ivosights sekarang dan dapatkan Ripple10!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami