4 Ide Copywriting untuk Annual Report yang Memikat Hati Pelanggan

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Jumat, 09 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Copywriting, teknik membuat dan menulis materi pemasaran. Dengan copywriting yang tepat, kamu dapat membujuk audiens untuk melakukan tindakan yang diinginkan"

Seperti yang kita ketahui, annual report memang sering kali dijadikan salah satu sarana promosi dan media pemasaran yang kreatif. Annual report yang berisikan banyak data dan laporan akan menjadi satu kelemahan yang harus diperhatikan. Pada dasarnya annual report haruslah berisikan banyak tulisan dan data, akan tetapi tidak semua orang punya cukup waktu untuk membacanya. Bukan cuma waktu, bahkan dari awal membaca judul sesekali pelanggan sudah merasa bosan dan tidak tertarik.

Tentunya jika pada akhirnya annual report perusahaan tidak menarik perhatian pelanggan, maka annual report perusahaan akan menjadi sia-sia dan tidak bisa menjadi tombak pemasaran yang efektif. Lalu, apakah ada solusi untuk menangani masalah bacaaan ini? Tentunya ada!

Sebenarnya, ada banyak cara untuk membuat pembaca jatuh cinta pada pandangan pertama. Copywriting adalah salah satu contoh metode yang paling efektif. Ajaibnya sebuah tulisan yang menarik mampu membawa minat pembaca hingga akhir. Terlebih, kini annual report juga sudah dicetak secara digital yang memungkinkan pembaca harus lebih mudah memahami isi annual report melalui kepraktisan sentuhan jarinya.

Copywriting adalah teknik membuat dan menulis materi pemasaran. Dengan copywriting yang tepat, kamu dapat membujuk audiens untuk melakukan tindakan yang diinginkan. Misalnya membeli produk atau layanan, berlangganan newsletter, dan untuk annual report mungkin saja tindakan yang kamu inginkan dari pelanggan adalah terjadinya inbound marketing yang membuktikan keberhasilan pemasaran. Pada artikel ini kamu akan mempelajari beberapa ide copywriting yang bisa menarik perhatian pelanggan lewat annual report perusahaan!

4 Ide Copywriting pada Annual Report

Copywriting memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Pada artikel kali ini, kita akan membahas salah satu bagian vital dari copywriting yang bisa diterapkan pada annual report perusahaan apapun, yakni headline. Berikut ini adalah beberapa headline yang bisa digunakan untuk memikat hati pelanggan melalui annual report!

  • Benefit Headline Copy

Cara pertama yang ampuh untuk memikat pembaca adalah benefit headline. Sesuai namanya, headline ini berfokus pada benefit atau manfaat yang akan didapatkan pembaca. Makanya, sangat penting untuk kamu melihat dan memahami terlebih dahulu sudut pandang pembaca. Kamu harus menonjolkan kelebihan dan manfaat yang bisa didapatkan dari konten laporan yang kamu tulis di annual report. Misalnya, kamu bisa langsung menyebutkan secara langsung manfaat menggunakan jasa perusahaanmu.

Benefit yang ditonjolkan bisa sangat banyak, mulai dari manfaat biaya dari jasa dan layanan dari perusahaan atau manfaat psikologis yang bisa diperoleh pelanggan jika menggunakan jasa atau layanan perusahaanmu. Pada penulisan benefit headline di annual report, kamu bisa sebutkan testimoni yang bermanfaat seperti misalnya ‘telah dipercaya oleh lebih dari 100 ribu orang’, dan masih banyak benefit yang bisa ditonjolkan. Pastikan kamu memahami posisi pelanggan dan bayangkan apa yang sebenarnya diinginkan mereka dengan cara yang paling kreatif!

  • Question Headline Copy

Ide selanjutnya adalah question headline yang biasa digunakan untuk menciptakan kedekatan dengan pembaca. Berbeda dengan tipe pernyataan, menggunakan copywriting pertanyaan memungkinkan pembaca merasa lebih diperhatikan kebutuhannya. Tentu saja, annual report yang perusahaanmu susun harus mampu menjawab pertanyaan pada headline. Untuk menggunakan jenis copywriting ini, usahakan untuk melihat dari sudut pandang dan kebutuhan pembaca sebab hal ini memungkinkan pembaca merasa diperhatikan.

Contoh penggunaan question headline adalah dengan bertanya kepada pembaca mengenai kebutuhannya. Jika perusahaanmu menjual jasa travel, kamu bisa memulainya dengan headline pertanyaan, “Mau ke mana?” setelah itu kamu bisa menjual kelebihan-kelebihan yang bisa ditawarkan melalui annual report perusahaanmu.

  • Command Headline Copy

Copywriting yang selanjutnya dapat kamu gunakan pada annual report kamu adalah command headline. Biasanya copywriting jenis ini digunakan untuk mengarahkan pembaca dengan kata-kata perintah untuk melakukan sesuatu. Untuk menarik perhatian audiens, kalimat perintah dapat dikemas dengan kata-kata yang mendesak, misalnya seperti headline di bawah ini.

Namun yang perlu diperhatikan, konten yang menggunakan command headline harus menegaskan “mengapa” audiens harus melakukan hal yang diperintahkan pada headline. Lebih baik lagi jika kamu memaparkan apa akibat jika audiens tidak mengindahkan headline. Dengan begitu, konten kamu akan lebih bernilai dan solutif untuk para audiens annual report perusahaan kamu.

  • Claim Headline Copy

Setiap bisnis tentunya ingin menjadi yang terdepan di bidangnya. Memiliki ciri khas yang berarti memiliki posisi khusus di mata para audiens. Kamu dapat menggunakan copywriting yang menunjukkan suatu klaim atas bisnis atau perusahaan kamu. Kamu bisa menonjolkan kelebihan perusahaanmu dengan melakukan klaim yang wajar tetapi juga terpercaya.

Penggunaan headline ini bisa menggunakan kata-kata ‘terjamin’, ‘terpercaya’, dan masih banyak lagi. Sebagai contoh, jika perusahaanmu mengedepankan bisnis tertentu, kamu bisa memunculkan headline klaim yang dimiliki perusahaan seperti contohnya, “Jaminan uang kembali jika tidak puas!”

Katakan dengan spesifik dan jelas, namun ada yang perlu diperhatikan dalam penggunaan contoh copywriting jenis ini. Usahakan tidak menggunakan klaim yang terlampau imajinatif hingga terkesan mustahil karena hal ini akan menjadi sesuatu yang terasa seolah dilebih-lebihkan. Kebanyakan pelanggan sudah tidak lagi percaya pada overclaiming suatu perusahaan.

Nah, itu dia keempat ide copywriting yang bisa digunakan pada annual report perusahaanmu. Hal ini tidak hanya menambah kreativitas marketing perusahaan tetapi juga bisa secara signifikan menarik perhatian pembaca agar annual report perusahaan bisa secara efektif dibaca oleh pelanggan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami