Digital Listening, Bantu Pantau Review dan Testimoni Tempat Wisata Anda

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 07 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock

"Tingkatkan layanan dan fasilitas tempat wisata Anda dengan memantau review pelanggan sebelumnya menggunakan digital listening tools"

Dalam industri pariwisata, memantau review dan testimoni dari para wisatawan sangat penting dilakukan untuk menjaga reputasi suatu tempat wisata. Pemantauan terhadap dua hal ini dapat dilakukan dengan mudah berkat perkembangan teknologi. Adanya digital listening tools berfungsi sebagai salah alat untuk memonitor dan mengumpulkan informasi tersebut. Berkat informasi-informasi penting yang disajikan oleh tools tersebut, Anda dapat menyusun strategi promosi dan pengembangan tempat wisata secara lebih efektif.

Pengertian dan Konsep Digital Listening

Digital listening adalah sebuah proses pemantauan apa yang dikatakan oleh pengguna di berbagai platform digital seperti media sosial, forum, blog, dan website ulasan wisata. Digital listening akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi mendetail mengenai preferensi, kepuasan, dan pengalaman wisatawan. Anda juga dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan destinasi wisata kita sehingga dapat mengambil tindakan tepat untuk meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas yang ditawarkan.

Memahami Digital Listening dalam Bisnis Pariwisata

Dalam bisnis pariwisata, digital listening memiliki peran yang sangat penting. Berikut adalah beberapa alasan mengapa digital listening penting dalam bisnis pariwisata:

  • Memonitor Review dan Testimoni Tempat Wisata

Melalui digital listening, Anda dapat aktif memonitor review dan testimoni yang diberikan oleh para wisatawan tentang tempat wisata kita. Dengan demikian, kita dapat mengetahui bagaimana persepsi wisatawan terhadap destinasi wisata kita.

  • Mengukur Kepuasan Wisatawan

Digital listening juga bisa mengukur tingkat kepuasan wisatawan dengan memantau apa yang dikatakan tentang tempat wisata Anda. Hal ini membantu Anda mengevaluasi kualitas layanan dan fasilitas tempat wisata serta membuat perbaikan yang diperlukan.

  • Membangun Hubungan dengan Wisatawan

Dengan memperhatikan review dan testimoni wisatawan melalui digital listening, Anda dapat memberikan respons dengan cepat dan sesuai. Dengan ini, Anda dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan wisatawan. Tingkatkan juga citra positif manajemen tempat wisata Anda dengan menanggapi review positif maupun negatif.

Baca juga: Kegunaan Digital Listening Untuk Pantau Kualitas Destinasi Wisata

Memonitor Review dan Testimoni Tempat Wisata melalui Digital Listening

Dalam memonitor review dan testimoni tempat wisata melalui digital listening, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Menggunakan Alat Digital Listening yang Tepat

Pilihlah digital listening tools yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran bisnis pariwisata Anda. Beberapa alat yang umum digunakan antara lain adalah tools analisis media sosial, tools pemantauan ulasan wisatawan, dan tools pemantauan blog serta forum.

  • Menentukan Keyword dan Filter yang Relevan

Tentukan keyword yang relevan dengan bisnis pariwisata Anda. Penggunaan filter juga penting untuk mempersempit data yang Anda peroleh agar lebih relevan dengan bisnis Anda.

  • Melakukan Analisis dan Interpretasi Data

Setelah mengumpulkan data melalui alat digital listening, lakukan analisis dan interpretasi data tersebut. Identifikasi tren umum, pendapat yang dominan, serta kekuatan dan kelemahan dari tempat wisata Anda.

Baca juga: 5 Cara Mudah Tentukan Tempat Wisata Terbaik dengan Digital Listening

Cara Menyusun Strategi yang Tepat Berdasarkan Hasil Laporan Digital Listening

Setelah memperoleh hasil laporan dari digital listening, langkah selanjutnya adalah menyusun strategi yang tepat berdasarkan informasi yang Anda peroleh. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda terapkan:

  • Identifikasi Aspek yang Perlu Diperbaiki atau Ditingkatkan

Lakukan identifikasi terhadap aspek-aspek yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan berdasarkan hasil analisis digital listening tools.

  • Buat Rencana Tindakan yang Spesifik dan Terukur

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana tindakan yang spesifik dan terukur untuk memperbaiki atau meningkatkan aspek yang dikeluhkan oleh para wisatawan.

  • Pantau dan Evaluasi Implementasi Strategi

Setelah strategi berhasil diimplementasikan, lakukan pemantauan dan jangan lupa untuk mengevaluasi hasilnya. Gunakan kembali alat digital listening untuk memonitor apakah ada perubahan persepsi wisatawan setelah pengimplementasian strategi dilakukan.

Kurangi Review dan Sentimen Negatif dengan Memantaunya Menggunakan Digital Listening Tools!

Digital listening dapat memantau berbagai jenis percakapan maupun pernyataan para wisatawan dari berbagai platform sosial media. Tools ini juga dapat menganalisis sentimen pelanggan, baik yang bersifat positif, negatif, ataupun netral. Anda dapat meredam dampak buruk yang disebabkan oleh sentimen negatif menggunakan bantuan Ripple10, salah satu digital listening tools dari Ivosights.

Ripple10, digital listening tools milik Ivosights, dapat memantau berbagai respon dan ulasan wisatawan yang dipublikasikan secara digital. Anda juga diberikan kebebasan untuk mengatur kata kunci tertentu sehingga pencarian yang dilakukan bisa lebih terarah. Dengan memantau apabila adanya review maupun sentimen negatif dari wisatawan, Anda dapat segera menghubungi satu per satu pengirimnya sekaligus memberikan tawaran yang lebih baik. Dengan ini, Anda dapat memperbaiki citra bisnis di mata calon wisatawan.

Ripple10 juga dapat diintegrasikan dengan sistem CRM Sociomile untuk memudahkan interaksi dengan wisatawan yang membicarakan bisnis Anda. Segera dapatkan Ripple10 sebagai alat bantu untuk memantau dan monitoring bisnis pariwisata Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami