Kegunaan Digital Listening Untuk Pantau Kualitas Destinasi Wisata

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 07 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock

"Pantau kualitas destinasi wisata Anda dengan memanfaatkan tools digital listening"

Dalam industri pariwisata, kualitas destinasi wisata menjadi salah satu faktor penting untuk menarik minat para wisatawan. Semakin berkualitas sebuah destinasi wisata, semakin tinggi peminatnya. Lantas, bagaimana cara yang dapat diterapkan untuk memastikan destinasi wisata yang Anda miliki sudah baik kualitasnya? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bantuan digital listening.

Mengenal Konsep Digital Listening

Digital listening adalah sebuah proses yang dilakukan dengan cara memantau dan menganalisis percakapan, ulasan, dan opini yang muncul di media sosial, platform online, dan media digital lainnya. Dengan menggunakan tools digital listening, kita dapat Anda dapat mengumpulkan beragam informasi penting mengenai destinasi wisata, mencari tahu apa yang dikatakan oleh pengguna, serta memahami preferensi dan harapan mereka.

Baca juga: Pentingnya Digital Listening Tools dalam Dunia Bisnis

Pentingnya Memantau Kualitas Destinasi Wisata

Mengapa penting bagi Anda untuk memantau kualitas sebuah destinasi wisata? Berikut adalah sejumlah alasan utamanya:

  • Meningkatkan Kepuasan Wisatawan

Dengan memantau kualitas destinasi wisata, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan memperbaiki kekurangan yang ada. Dengan mengetahui ini, Anda dapat melakukan perbaikan guna meningkatkan kepuasan wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata milik Anda. Wisatawan yang merasa puas akan cenderung merekomendasikan destinasi wisata Anda kepada orang lain.

  • Memperbaiki Layanan dan Fasilitas

Dengan memahami apa yang diharapkan oleh wisatawan dan mengetahui keluhan yang muncul, kita dapat memberi penanganan dengan segera demi meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas yang tersedia. Dengan demikian, destinasi wisata Anda akan semakin menarik dan dapat menonjol dibandingkan dengan lokasi wisata kompetitor lainnya.

  • Mengidentifikasi Tren dan Preferensi Wisatawan

Melalui pemantauan kualitas destinasi wisata, Anda juga dapat mengidentifikasi apa yang sedang tren dan preferensi wisatawan. Anda jadi dapat mengembangkan produk atau layanan yang relevan menyesuaikan kebutuhan pasar.

Manfaat Digital Listening dalam Memantau Kualitas Destinasi Wisata

Berikut ini adalah beberapa manfaat digital listening dalam memantau kualitas destinasi wisata Anda:

  • Memperoleh Informasi Real-time

Dengan menggunakan tools digital listening, Anda dapat memperoleh informasi secara real-time mengenai apa yang dikatakan oleh wisatawan tentang destinasi wisata Anda. Hal ini memungkinkan pihak manajemen Anda untuk segera menangani keluhan yang muncul dengan cepat dan tepat.

  • Memahami Sentimen Wisatawan

Digital listening juga membantu Anda memahami sentimen wisatawan terhadap destinasi wisata, baik dalam bentuk review positif, negatif, atau netral. Paham akan sentimen wisatawan akan membantu Anda mengevaluasi kualitas destinasi wisata secara lebih komprehensif.

  • Melacak Kinerja Pesaing

Tools digital listening juga memungkinkan Anda untuk melacak kinerja dan review wisatawan terhadap bisnis kompetitor dalam industri pariwisata. Anda juga dapat membandingkan kekuatan dan kelemahan serta mengetahui apa yang membuat destinasi pesaing menarik bagi wisatawan.

Beberapa Langkah-Langkah untuk Mendapatkan Tools Digital Listening

Untuk mendapatkan tools digital listening yang bisa memantau kualitas destinasi wisata, Anda dapat menerapkan beberapa langkah-langkah berikut:

  • Penelitian dan Evaluasi Tools yang Tersedia

Lakukan penelitian mendalam tentang berbagai tools digital listening yang tersedia di pasaran. Evaluasilah fitur-fitur yang disediakan, kemudahan penggunaan, serta testimoni dari pengguna lainnya. Pilihlah tools yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

  • Berlangganan Layanan Tools Digital Listening

Setelah menemukan tools yang tepat, lakukan pembayaran dengan berlangganan pada layanan tersebut. Pastikan Anda memahami secara menyeluruh cara penggunaan tools untuk memaksimalkan manfaat yang diberikan.

  • Pelajari Cara Menganalisis Data

Selain mengumpulkan data dengan menggunakan tools digital listening, pelajarilah cara untuk menganalisis data yang dihasilkan menggunakan metode dan teknik analisis data yang relevan. Dengan ini, Anda dapat menginterpretasikan informasi dengan benar sehingga mengambil keputusan yang tepat.

Baca juga: Cara Memilih Digital Listening Tools yang Tepat untuk Bisnis Anda

Monitor Opini-Opini Wisatawan Mengenai Bisnis Pariwisata Anda dengan Ripple10

Digital listening dapat memantau berbagai jenis percakapan maupun pernyataan para wisatawan dari berbagai platform sosial media, misalnya saja pendapat mereka tentang kualitas fasilitas dan daya tarik bisnis Anda. Apabila banyak pelanggan yang masih merasa kurang puas, Anda dapat dengan sigap merombak ulang strategi promosi maupun konsep tempat wisata Anda.

Berkat Ripple10, digital listening tools milik Ivosights, Anda dapat memantau berbagai respon dan ulasan wisatawan yang dipublikasikan secara digital. Anda juga dapat mengetahui apakah bisnis pariwisata Anda sudah termasuk berkualitas baik atau belum apabila dilihat dari sudut pandang para wisatawan. Tak hanya itu, pandangan mereka tentang bisnis kompetitor Anda dapat dimonitor juga untuk mempermudah bisnis Anda dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Ripple10 juga dapat diintegrasikan dengan sistem CRM Sociomile untuk memudahkan interaksi dengan wisatawan yang membicarakan bisnis Anda. Segera dapatkan Ripple10 sebagai alat bantu untuk memantau dan monitoring bisnis pariwisata Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami