Pentingnya Customer Success bagi Perusahaan dan Cara Kerjanya

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 09 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock

"Customer success adalah suatu metode bisnis yang berguna untuk memastikan pelanggan telah mencapai kepuasan ketika menggunakan produk dari perusahaan tersebut."

Customer success menjadi semakin penting bagi bisnis perusahaan untuk tetap mempertahankan customer loyalty dan menumbuhkan kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan. Konsep dari customer success sendiri fokusnya berkaitan erat dengan kebutuhan dan tujuan pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menambah value dan memastikan kesuksesan bagi bisnis dan pelanggan. Untuk menjadi sukses dalam bisnis, perusahaan harus memahami betul kebutuhan dan harapan pelanggan mereka, dan menyediakan solusi yang memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini tidak hanya membantu perusahaan mempertahankan pelanggan yang ada, tetapi juga membantu mereka menarik pelanggan baru dan meningkatkan reputasi merek. Berikut alasan pentingnya customer success bagi keberlangsungan operasional perusahaan.

Apa Itu Customer Success?

Customer success adalah suatu metode bisnis yang berguna untuk memastikan kalau pelanggan telah mencapai hasil yang perusahaan ekspektasikan ketika mereka menggunakan produk atau layanan dari perusahaan tersebut. Misalnya ketika perusahaan menciptakan produk skincare, maka perusahaan harus memastikan bahwa perusahaan telah memaksimalkan produk tersebut untuk membuat pelanggan bahagia dalam menggunakannya. 

Salah satu program customer success yang baik adalah dengan memberikan nilai dari setiap pengalaman pelanggan dalam memperoleh produk. Mulai dari sebelum pembelian hingga pelanggan memperoleh produk tersebut dan memakainya. Hal ini termasuk ke layanan produk, pelatihan produk, dan dukungan pelanggan dari perusahaan.

Baca  Juga: Tingkatkan Retensi Dengan Pelayanan Pelanggan

Apa Pentingnya Customer Success untuk Perusahaan?

Bagi suatu perusahaan, keberadaan customer success sangatlah penting demi mencapai kesuksesan bisnis dan keberlangsungan perusahaan. Apabila pelanggan telah mencapai kepuasan, pelanggan dapat menjadi promotor dalam mempromosikan produk tersebut ke orang-orang terdekat mereka. Pelanggan juga akan terus membeli produk dalam jangka waktu panjang karena merasa puas dengan kualitas dan kuantitas produk.

Customer success juga dapat mengurangi tingkat churn rate di suatu perusahaan. Pengertian dari churn rate sendiri adalah persentase orang yang tidak ingin melanjutkan untuk menggunakan produk dan jasa yang perusahaan tawarkan. Dengan kata lain, persentase orang ini adalah orang yang tidak puas dengan produk dan jasa yang ditawarkan lalu memutuskan untuk tidak menggunakanya lagi. Customer success dapat mengurangi hal ini dan mampu mempertahankan pelanggan secara signifikan. Peningkatan terhadap pembaruan, kepuasan, dan pendapatan juga dapat diraih melalui customer success ini.

Cara Kerja Customer Success

Berikut adalah tiga elemen penting yang dibutuhkan perusahaan agar customer success dapat berjalan secara efektif: 

  • Customer success solution

Saat menerapkan metode customer success, perusahaan harus cerdas dalam berpikir dan mencari solusi dari setiap masalah yang muncul dari pelanggan. Perusahaan dalam hal ini memerlukan suatu solusi penyedia layanan jasa contact center yang dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Hal ini mencakup penyampaian komplain, masalah pada produk, hingga pertanyaan seputar manfaat dan cara kerja produk

  • Customer success employee

Agar customer success dapat tercapai dengan maksimal, diperlukan suatu tim khusus untuk meneliti masalah dan mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan. Untuk itu, perusahan memerlukan customer succes specialist untuk mengisi tim tersebut demi mencapai kepuasan pelanggan yang diinginkan. Jumlah orang yang diperlukan sendiri tergantung seberapa besar kapasitas perusahaan dalam mencari sumber daya manusia yang tepat untuk mengisi profesi tersebut.

Baca Juga: Keuntungan Customer Support Bagi Perusahaan

  • Customer success strategy

Setelah menerapkan dua metode di atas, terakhir perusahaan harus menerapkan roadmap untuk mengidentifikasi tujuan perusahaan dalam mencapai kepuasan pelanggan. Roadmap ini isinya menjelaskan tujuan dan bisnis perusahaan dalam jangka pendek atau jangka panjang. Perusahaan dapat menerapkan strategi yang tepat agar kepuasan pelanggan dapat tercapai serta menganalisisnya dengan akurat dan tepat.

Gunakan Contact Center untuk Meningkatkan Customer Success Perusahaan Anda

Setelah memahami mengenai pentingnya customer success bagi perusahaan Anda, saatnya menerapkan strategi yang mampu membantu anda mencapai customer success di perusahaan Anda. salah satu cara yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan contact center dari Ivosights sebagai solusi pelayanan pelanggan terbaik.

Dengan contact center, Anda dapat meningkatkan pelayanan pelanggan dengan mengoptimalisasikan pusat panggilan melalui satu platform dengan kemudahan akses yang terjamin. Hal ini akan menciptakan kepuasan pelanggan karena mendapatkan pelayanan panggilan yang baik sehingga menambah nilai perusahaan di mata mereka. Segera hubungi Ivosights untuk mendapatkan contact center terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami