Pekerjaan yang dibutuhkan dalam jasa call center sangatlah bervariasi. Kamu bisa mencoba banyak pekerjaan sekaligus di dalam jasa call center. Salah satunya adalah customer service. Customer service bekerja sebagai orang paling depan yang melayani pelanggan. Ia memiliki peranan yang penting untuk menjaga reputasi perusahaan dari skill dan ilmu yang dimilikinya.

Akan tetapi, berapa sih gaji yang didapat dari seorang customer service? Pastinya kamu pansaran, bukan? Artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai customer service mulai dari definisi hingga berapa gaji yang didapatkan customer service! Cek di sini selengkapnya!

Apa itu Customer Service?

Customer service adalah layanan yang diberikan kepada pelanggan untuk membantu dan mengatasi masalah yang mungkin mereka hadapi selama menggunakan produk atau jasa perusahaan. Tujuannya adalah untuk memastikan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas terhadap merek. Layanan ini bisa diberikan melalui berbagai kanal, seperti telepon, email, chat, atau sosial media. Customer service biasanya ditangani oleh tim yang terlatih untuk mengatasi masalah dan memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi pelanggan.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan dalam Customer Service

Bagiamana Alur Bekerja Customer Service?

Berikut adalah alur kerja umum dari customer service:

Alur kerja customer service bertujuan untuk memastikan bahwa pelanggan puas dengan layanan yang diterima dan masalah mereka terselesaikan dengan tepat dan efisien.

Baca Juga: Memilih Customer Service Platform yang Ideal untuk Brand Anda

Kualifikasi Customer Service

Beberapa perusahaan mungkin membutuhkan kualifikasi tertentu seperti:

Perusahaan mungkin membutuhkan kualifikasi tambahan tergantung pada jenis layanan yang diberikan dan tingkat kompleksitas masalah pelanggan. Namun, penting untuk menekankan bahwa kemampuan komunikasi dan interaksi pelanggan yang baik seringkali lebih diutamakan daripada latar belakang akademis atau pengalaman kerja tertentu.

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Customer Engagement

Berapa Gaji Customer Service?

Gaji customer service bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi, industri, tingkat pengalaman, dan kualifikasi. Rata-rata gaji customer service di Amerika Serikat berkisar antara $30,000-$40,000 per tahun, tetapi ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan. Customer service di perusahaan besar atau industri tertentu, seperti teknologi atau keuangan, dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan customer service di bidang lain. Kualifikasi tambahan, seperti bahasa asing atau pemahaman produk yang luas, juga dapat mempengaruhi gaji

Rentang gaji customer service di Indonesia bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi, industri, tingkat pengalaman, dan kualifikasi. Menurut data yang tersedia, rata-rata gaji customer service di Indonesia berkisar antara Rp 2.5 juta hingga Rp 4 juta per tahun. Namun, ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada faktor-faktor seperti industri, lokasi, dan tingkat pengalaman. Customer service di perusahaan besar atau industri tertentu, seperti teknologi atau keuangan, dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan customer service di bidang lain. Kualifikasi tambahan, seperti bahasa asing atau pemahaman produk yang luas, juga dapat mempengaruhi gaji.

Dapatkan BPO Contact Center Terbaik di Ivosights

Itu dia hal-hal yang bisa kamu ketahui dari etika customer service. Untuk mendapatkan BPO Contact center terbaik yang mengedepankan fitur-fitur bermanfaat dan juga customer service yang profesional, kamu bisa mengandalkan Ivosights!

Ivosights BPO Contact Center terhubung langsung dengan platform customer relationship management Sociomile yang dilengkapi 13 kanal lebih dalam satu dasbor. Sociomile juga menawarkan staf berkompetensi yang dilatih dengan appraisal motivation yang tentunya penting dimiliki oleh seorang agen telesales.

Dengan dibantu fitur-fitur yang berguna, kamu akan mendapatkan layanan contact center paling efektif! Hubungi Ivosights sekarang juga dan rasakan perubahan pada perusahaanmu!