4 Cara Mudah Mengukur Customer Experience

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 03 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer experience. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer experience. Shutterstock.

"Customer experience dapat membantu mempertahankan pelanggan dan membuat brand semakin dikenal pelanggan."

Customer experience sangat penting untuk pertumbuhan bisnis. Apabila perusahaan Anda memberikan customer experience yang baik kepada pelanggan maka pelanggan Anda akan loyal terhadap produk Anda. Adanya customer experience juga akan membantu Anda untuk mempertahankan pelanggan dan membuat brand Anda semakin dikenal oleh konsumen. Inilah mengapa memberikan customer experience sangat penting karena melalui customer experience pelanggan akan terus berbisnis dengan Anda.

Pelanggan adalah sumber daya terbaik untuk menumbuhkan kesadaran akan brand Anda. Lalu, pernahkah Anda berpikir bagaimana caranya mengukur customer experience agar Anda dapat mengevaluasi produk Anda dan tetap menjaga reputasinya? Berikut ini empat cara mengukur customer experience, seperti dilansir blog.hubspot.com:

#1 Analisis hasil survei kepuasan pelanggan

Anda dapat melakukan analisis kepuasan kepada pelanggan, lalu pelanggan Anda akan memberikan insights tentang customer experience terhadap produk Anda. Anda dapat mengukurnya dengan membuat NPS (Net Promoter Score). NPS dapat mengukur seberapa besar kemungkinan pelanggan Anda mempromosikan produk Anda kepada kenalannya berdasarkan customer experience yang mereka dapat dari perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu memberikan data-data yang valid saat menggunakan NPS karena banyak penggunaan NPS yang gagal karena data yang dimasukkan tidak valid sehingga merusak nilai kepuasan pelanggan. Skor dari NPS akan membantu Anda untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan produk Anda.

#2 Analisis pergerakkan pelanggan

Dalam berbisnis Anda harus selalu memantau pergerakkan pelanggan Anda. Anda perlu melakukan riset pasar dan mengidentifikasi produk seperti apa yang disukai pelanggan Anda agar pertumbuhan bisnis Anda tetap stabil.

#3 Adakan diskusi dengan pelanggan

Anda perlu meningkatkan engagement kepada pelanggan dengan membuka forum diskusi atau mengadakan webinar. Melalui kegiatan seperti itu, pelanggan merasa ikut dilibatkan ke dalam produk Anda. Anda juga dapat memanfaatkan hal ini untuk meminta saran kepada pelanggan terkait produk Anda agar semakin disukai oleh masyarakat.

#4 Analisis customer support

Mengukur customer experience juga dapat dilakukan dengan menganalisis customer support. Analisis customer support bisa dijadikan pilihan karena customer support merupakan salah satu wadah atau media antara pelaku bisnis dengan pelanggannya. Anda dapat melakukan evaluasi produk dan memutuskan apakah saran dari pelanggan lewat customer support dapat menunjang customer experience atau tidak.

Apabila Anda memutuskan untuk mengukur customer experience dengan melakukan analisis customer support maka Anda membutuhkan Sociomile sebagai platform customer service yang mendukung adanya customer support. Dengan beragam fitur, Sociomile mencoba menciptakan kenyamanan untuk para customer-nya dengan beragam fitur. Di antaranya, Multi-channel Management, Live Chat/Ticketing System, dan Analytics & Reporting. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan untuk memaksimalkan Anda dalam memberikan customer experience kepada pelanggan. Informasi lebih lanjut, klik link berikut ini.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami