Pengertian Customer Loyalty dan Manfaatnya untuk Bisnis Makanan

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 05 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer loyalty. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer loyalty. Shutterstock

"Customer loyalty adalah bentuk kesetiaan pelanggan terhadap suatu brand yang diwujudkan dengan cara membeli produk dalam jangka waktu yang lama"

Bisnis makanan adalah suatu bisnis yang bergerak dalam bidang makanan, baik dalam hal pembuatan, penyajian, hingga penjualan produk makanan kepada pelanggan. Seorang pebisnis makanan harus mampu melakukan inovasi dalam setiap pembuatan produksinya, entah itu dari segi makanan atau kemasan. Tujuannya agar terciptanya customer loyalty karena pelanggan telah terbiasa dan menikmati produk makanan dari bisnis makanan tersebut. Berikut penjelasan mengenai customer loyalty yang dapat disimak!

Apa Itu Customer Loyalty?

Customer loyalty adalah bentuk kesetiaan pelanggan terhadap suatu merek atau brand yang diwujudkan dengan cara membeli produk atau menggunakan layanan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Pelanggan yang setia ini biasanya merupakan pelanggan lama yang memiliki tingkat kepuasan tinggi dengan produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan. Mereka merasa puas dengan kualitas, harga, dan pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan perusahaan tersebut. 

Pelanggan ini nantinya juga akan merekomendasikan brand atau merek tersebut kepada orang lain sehingga mampu memperluas jangakuan perusahaan dalam mendapatkan pelanggan baru. Hal ini dapat meningkatkan omset penjualan secara pesat. Customer loyalty saat ini menjadi tujuan penting bagi banyak perusahaan untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan dan meningkatkan profitabilitas.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memantau Customer Loyalty? Simak Caranya Disini!

Manfaat Customer Loyalty untuk Bisnis Makanan

Customer loyalty memiliki manfaat yang sangat penting bagi bisnis makanan. Di antaranya adalah: 

  • Meningkatkan penjualan makanan

Dengan adanya pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi, mereka akan cenderung lebih sering membeli produk makanan secara berulang-ulang. Bahkan mereka juga akan turut membantu mempromosikan produk dengan mengajak teman atau keluarganya untuk mencoba produk tersebut.

  • Meningkatkan profitabilitas

Dengan meningkatnya jumlah pelanggan setia, bisnis makanan dapat mengurangi biaya peamasaran dan promosi yang lebih mahal. Profitabilitas perusahaan dapat meningkat melalui hasil penjualan yang fantastis.

  • Menjaga kepercayaan pelanggan

Pelanggan setia biasanya akan merasa puas dengan produk yang bisnis makanan tawarkan karena cita rasanya sesuai dengan lidah mereka. Brand makanan tersebut akan berusaha mempertahankan pelanggan tersebut dengan menjaga kepercayaan pelanggan dan menerima masukan yang ada.

  • Mengurangi biaya akuisisi pelanggan baru

Mempertahankan pelanggan mempunyai biaya lebih rendah daripada mendapatkan pelanggan baru. Dengan adanya customer loyalty maka pengurangan biaya akuisisi pelanggan baru dapat terjadi.

Cara Meningkatkan Customer Loyalty untuk Bisnis Makanan

Agar customer loyalty dapat semakin meningkat,  ada beberapa cara untuk membangun customer loyalty. Berikut beberapa cara meningkatkannya: 

  • Menyediakan produk berkualitas tinggi dan konsisten

Kualitas produk dan pelayanan menjadi faktor utama yang mampu membangun customer loyalty. Bisnis makanan harus menyediakan produk berkualitas tinggi dengan cita rasa yang memuaskan agar pelanggan dapat terus kembali.

  • Menyediakan layanan yang lebih baik

Pebisnis makanan harus dapat menyediakan layanan yang baik untuk membangun customer loyalty. Misalnya seperti memberikan pelayanan yang ramah, waktu tunggu pemesanan singkat, hingga pengiriman makanan yang cepat.

  • Membuat program loyalitas pelanggan

Adanya program loyalitas pelanggan dapat membantu bisnis makanan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Program ini dapat mencakup diskon, hadiah, atau penawaran khusus lainnya untuk pelanggan setia.

Baca Juga: Ingin Meningkatkan Customer Loyalty? Intip Contoh Programnya Disini!

  • Mengumpulkan umpan balik pelanggan

Bisnis makanan dapat mengumpulkan umpan balik dari pelanggan untuk memahami bagaimana pengalaman makan mereka dalam mengonsumsi makanan dari pebisnis makanan. Hal ini akan membantu brand makanan untuk meningkatkan kualitas produk serta menciptakan inovasi yang mampu membuat pelanggan semakin tertarik.

  • Meningkatkan brand awareness produk makanan

Dengan adanya pelanggan lama yang turut membeli produk makanan berulang kali, mereka dapat mengundang minat orang-orang yang penasaran dengan produk tersebut dan ikut tertarik untuk membelinya. Hal ini akan membuat orang-orang semakin tahu mengenai produk makanan tersebut sehingga meningkatkan brand awareness-nya

  • Membangun hubungan dengan pelanggan

Pebisnis makanan harus dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan untuk membangun customer loyalty. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat media sosial sebagai alat komunikasi antara pebisnis makanan dan pelanggan.

  • Menggunakan layanan Sociomile Ivosights

Sebagai perusahaan teknologi yang bergerak untuk menciptakan customer engagement, ivosights menyediakan layanan Sociomile untuk meningkatkan customer royalty bisnis makanan Anda. Dengan menggunakan sociomile Anda akan dapat menganalisis sentimen bisnis makanan Anda melalui media sosial. Tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah di media sosial bisnis makanan Anda memiliki feedback yang positif atau cenderung negatif.

Dapatkan Layanan Sociomile Terbaik di Ivosights

Setelah membaca strategi meningkatkan customer loyalty untuk bisnis makanan Anda, salah satu strategi terbaik untuk membuat pelanggan betah dengan bisnis makanan Anda adalah mengimplementasikan Sociomile dari Ivosights sebagai salah satu layanan terbaik di Indonesia

Sociomile dari Ivosights dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan melalui interaksi dari layanan obrolan yang tersedia dari produk ini. Anda juga dapat mengetahui preferensi pelanggan mengenai produk yang disukai sehingga dapat tercipta data yang membantu produksi makanan kedepannya. Segera gunakan sociomile untuk meningkatkan customer loyalty bisnis makanan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami