13 Social Monitoring Tools Gratis Untuk Tim Marketing

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 17 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Monitoring Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Monitoring Tools. Shutterstock.

"Banyak social monitoring tools yang menawarkan platformnya secara premium. Namun, terdapat juga yang gratis. Tim marketing wajib tahu!"

Dalam dunia pemasaran digital yang terus berkembang, pemantauan aktivitas media sosial adalah hal yang krusial bagi kesuksesan strategi pemasaran sebuah bisnis. Namun mengamati percakapan online, menanggapi komentar pelanggan, dan memahami tren yang sedang berkembang secara reguler sangatlah sulit dan mahal. Untungnya, untuk membantu tim marketing dalam tugas ini, ada berbagai alat (tools) yang tersedia. kami telah menyusun daftar 13 social monitoring tools gratis yang dapat membantu tim pemasaran Anda meraih kesuksesan dalam pemantauan sosial tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Apa Itu Social Monitoring Tools?

Social monitoring tools adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memantau dan melacak aktivitas di berbagai platform media sosial. Selain itu, alat ini berfungsi untuk membantu perusahaan dalam melacak percakapan yang berhubungan dengan bisnis atau produknya dan menganalisis reputasi online perusahaan tersebut. Tujuan social monitoring tools adalah untuk memungkinkan pengguna, terutama tim marketing dan manajemen merek, untuk mengamati dan memahami percakapan, perilaku, dan tren yang terjadi di dunia media sosial sehubungan dengan merek, produk, atau topik tertentu.

Baca Juga: Meningkatkan Visibilitas Merek Menggunakan Social Monitoring Tools

Contoh Social Monitoring Tools Gratis 

Berikut adalah contoh-contoh tools yang dapat dimanfaatkan tim marketing dengan sebaik-baiknya.

  • TweetDeck

TweetDeck adalah social monitoring tools yang memungkinkan Anda membuat antarmuka Twitter yang lebih disesuaikan untuk memantau pengguna, hashtag, istilah pencarian, dan daftar yang berbeda. Dari satu panel, Anda bisa melihat konten Twitter dari grup yang Anda inginkan - baik pelanggan, pesaing, atau karyawan.

  • Social Mention

Social Mention mengumpulkan semua konten blog, mikroblog, gambar, dan video yang terkait dengan istilah pencarian yang Anda berikan dari berbagai mesin pencari dan jejaring sosial. social monitoring tools ini memudahkan untuk mencerna dan melihat apa yang dikatakan tentang merek Anda dalam satu tampilan yang komprehensif.

  • Mentionlytics

Mentionlytics adalah alat pemantauan web dan media sosial yang bertenaga AI dan mudah digunakan yang dirancang untuk menangkap dan melacak kata kunci merek dan kata kunci umum. Dengan Mentionlytics, social monitoring tools, Anda bisa menganalisis sentimen dari mention sosial Anda, mengidentifikasi influencer utama di industri Anda, dan menjadi yang pertama tahu ketika seseorang membicarakan Anda atau kompetitor Anda. Selain itu, Anda dapat membuat klaster dari sebutan yang serupa untuk pemantauan yang lebih mudah.

  • TweetReach

TweetReach adalah social monitoring tools yang memberi Anda laporan "snapshot" gratis tentang potensi jangkauan tweet apa pun yang menyertakan tagar, kata kunci, atau nama pengguna tertentu. Dengan analisis yang disediakan oleh Union Metrics, alat ini menawarkan pendaftaran gratis sehingga Anda dapat melihat siapa yang berbicara tentang topik apa, berapa banyak tayangan yang Anda dapatkan pada postingan tentang topik tersebut, dan banyak lagi. Laporan snapshot TweetReach gratis untuk 100 tweet pertama, dan perusahaan ini menawarkan paket berbayar mulai dari $49/bulan setelahnya.

  • Followerwonk

Followerwonk, social monitoring tools, memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah mencari biodata dan profil Twitter pengguna untuk menyebut Anda atau merek Anda. Masuk dengan kredensial Twitter Anda untuk memeriksanya, atau berlangganan versi berbayar untuk mendapatkan lebih banyak wawasan sosial.

  • SumAll

SumAll terhubung ke berbagai akun sosial yang berbeda - termasuk Twitter, Facebook, Instagram, dan LinkedIn - untuk memberi Anda wawasan tentang pengikut, interaksi, dan keterlibatan Anda. Versi berbayar social monitoring tools nya menyediakan rekomendasi konten dan penjadwalan posting otomatis.

  • MentionMapp

Mentionmapp terhubung ke API Twitter Anda dan melihat apa yang terjadi di jaringan Twitter Anda. Anda bisa melihat siapa yang paling banyak menyebut Anda, serta siapa yang paling banyak me-retweet Anda (menggunakan Retweetmapp). Social monitoring tools ini juga interaktif. Dengan begitu, Anda bisa mengklik dan melihat bagaimana interaksi Anda terhubung - jika Anda ingin mengawasi dampak atau mencapai tweet positif (atau negatif) tentang merek Anda.

  • Lithium

Lithium - yang baru-baru ini mengakuisisi alat pemantauan media sosial, Klout - menawarkan social monitoring tools "respons sosial" yang memungkinkan Anda untuk mengelola, memahami, dan merespons penjangkauan langsung yang Anda dapatkan dari pengguna lain di media sosial. Alat ini terintegrasi dengan Twitter, Facebook, Instagram, dan banyak lagi untuk membantu Anda memvisualisasikan di mana orang-orang paling banyak berbicara dengan (dan tentang) Anda, sehingga Anda bisa memfokuskan keterlibatan pelanggan Anda di tempat yang tepat.

  • Hootsuite

Hootsuite bekerja seperti TweetDeck - tetapi untuk semua jejaring sosial Anda. Dari Dasbor social monitoring tools Anda, Anda bisa melakukan pemantauan sosial, penjadwalan, kampanye, dan analisis -- semuanya di satu tempat. Hootsuite terintegrasi dengan Twitter, LinkedIn, Facebook, Instagram, YouTube, dan Google+, dan meskipun gratis untuk akun perorangan, bisnis dan perusahaan harus membeli versi berbayar.

  • Board Reader

Boardreader adalah social monitoring tools yang melakukan apa yang disarankan oleh namanya - merayapi papan pesan dan panel diskusi untuk melihat apa yang orang katakan tentang Anda dan merek Anda di bagian komentar yang ditakuti, yang jika tidak, sepertinya tidak mungkin untuk diurai. Para komentator sering kali memiliki kata-kata yang lebih kuat daripada poster media sosial, jadi pastikan Anda memiliki kulit yang tebal sebelum terjun ke dalamnya.

  • BuzzSumo

BuzzSumo mengumpulkan data tentang jumlah tautan ke domain Anda dan konten yang diterima - di media sosial, dan melalui tautan balik. Wawasan social monitoring tools ini dapat membantu Anda menentukan format konten mana yang berkinerja paling baik di setiap jaringan, memberi Anda ide untuk halaman web dan konten untuk direplikasi lagi. Ini gratis hingga sejumlah tautan tertentu, tetapi setelah itu, Anda harus membayar sejumlah uang untuk versi Pro.

  • Google Alerts

Anda juga dapat menyiapkan Google Alerts, social monitoring tools,  untuk melihat di mana orang menyebut Anda atau merek Anda di hasil penelusuran. Masukkan istilah tertentu yang mungkin disertakan dalam judul berita, dan Anda akan menerima email rutin yang mengabarkan tentang penyebutan dari seluruh internet.

  • Native Analytic Tools

Beberapa jejaring sosial menyediakan analitik gratis untuk pengguna - atau, terkadang, tampilan analitik sudah termasuk dalam langganan bisnis untuk merek. Twitter Analytics sebagai social monitoring tools dapat digunakan untuk individu, dengan lebih banyak data dan wawasan yang disediakan untuk akun bisnis.

Baca Juga: Mengukur Dampak Media Sosial: Eksplorasi Social Monitoring Tools

Tertarik Untuk Mencoba Social Monitoring Tools Yang Komprehensif dan Efektif? Gunakan Ripple10!

Ripple10 adalah social monitoring tools berdasarkan kata kunci yang akan membantu Anda menangkap dan menganalisis percakapan di saluran digital, secara real time! Ripple10 mampu menganalisis bahasa lokal bahkan bahasa gaul & memproses konteks dengan benar untuk membuat Anda mampu memahami respon yang tepat untuk diberikan. Hal inilah yang membuat ripple10 berdiri sebagai alat pendengar yang paling kuat di pasar lokal. Mari manfaatkan informasi tentang Ripple10 dan raih kesuksesan bisnis Anda dengan Ivosights sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami