Strategi Implementasi Customer Engagement Tools pada Bisnis Kesehatan

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 29 Februari 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.

"Bisnis pelayanan kesehatan memerlukan strategi implementasi customer engagement tools yang tepat guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Simak ulasannya di sini! "

Bisnis pelayanan kesehatan di Indonesia semakin digandrungi, terutama semenjak tren menjaga kesehatan ala Gen-Z sering dibicarakan di media sosial. Bisnis di industri ini terbilang cukup variatif. Terdapat bisnis Telemedicine, produk perawatan, konsultan diet dan katering, bisnis apotek ritel, lab medis, situs informasi kesehatan, hingga penyewaan caregiver. Untuk membangun bisnis pelayanan kesehatan yang berkelanjutan dan stabil, perusahaan perlu menggunakan customer engagement tools.

Mengenal Customer Engagement Tools

Customer engagement tools adalah suatu perangkat yang dibuat untuk mengelola komunikasi dan interaksi antara sebuah bisnis dan pelanggannya. Perangkat ini bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan pengalaman positif ketika pelanggan menggunakan jasa atau produk dari perusahaan tersebut. Salah satu customer engagement tools lokal yang sudah digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia adalah Sociomile dari Ivosights.

Sociomile merupakan sistem contact center terlengkap yang terdiri dari beberapa platform, seperti Sociomile Omnichannel, Sociobot, dan Sociovoice. Tak hanya dapat memberikan manfaat langsung pada pelanggan, customer engagement tools yang satu ini dapat mengubah sistem operasional bisnis menjadi lebih efektif. 

Baca Juga: Pengaruh Customer Engagement Tools pada Peningkatan Brand Loyalty 

Implementasi Customer Engagement Tools pada Bisnis Pelayanan Kesehatan

Keberagaman customer engagement tools dapat dipadupadankan implementasinya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Terdapat beberapa strategi implementasi yang dapat dilakukan oleh bisnis pelayanan kesehatan, yaitu sebagai berikut:

  • Memanfaatkan Automation Blast Engine Sebagai Sarana Informasi

Automation blast engine merupakan fitur pengiriman pesan secara otomatis kepada banyak tujuan sekaligus melalui kanal digital seperti media sosial. Bisnis yang bergerak di industri pelayanan kesehatan dapat menggunakan fitur ini sebagai sarana penyebaran informasi. Seperti informasi mengenai produk, layanan, harga yang ditawarkan, pemberitahuan, atau informasi mengenai diskon dan promo. Dengan menggunakan fitur ini, perusahaan dapat menghemat waktu, tenaga, dan dapat memastikan informasi tersebar kepada seluruh pelanggan.

  • Menggunakan Chatbot untuk Operasional yang Efektif

Chatbot merupakan teknologi yang sudah tidak asing di telinga khalayak umum. Teknologi berbasis artificial intelligence (AI) ini didesain supaya pelanggan dapat mendapatkan informasi tanpa perlu interaksi langsung dengan manusia. Ivosights kini menyediakan Sociobot, teknologi chatbot interaktif yang dapat menjadi pilihan customer engagement tools terbaik untuk alur operasional yang efektif. Pelaku bisnis pelayanan kesehatan dapat menggunakan fitur ini untuk mengatur alur pemesanan produk medis, alur reservasi layanan, hingga menyediakan jawaban-jawaban dari FaQ (frequently asked question). Dengan menggunakan fitur ini, perusahaan dapat menekan biaya operasional. Dikarenakan perusahaan tidak perlu mempekerjakan customer service dalam jumlah yang tidak masuk akal banyaknya.

  • Memakai Fitur Penerbitan Konten Otomatis

Di era dominasi digital, distribusi konten pemasaran menjadi salah satu strategi promosi yang tepat untuk sebuah perusahaan. Pelaku bisnis layanan kesehatan dapat menggunakan strategi ini dengan membuat tulisan atau media audiovisual bersifat edukatif mengenai isu kesehatan, sambil menyisipkan ajakan untuk membeli produk dan layanan dari perusahaan tersebut. Sociomile dari Ivosight menyediakan fitur automatic scheduled atau fitur penerbitan konten secara otomatis dan terjadwal pada Facebook dan Twitter. Dengan hal ini, para digital marketers dapat membuat perencanaan konten dengan baik dan terstruktur.

  • Integrasi dengan Ripple10

Sociomile dari Ivosights dapat diintegrasikan dengan platform pengawasan percakapan digital, yaitu Ripple10. Platform ini bermanfaat bagi bisnis pelayanan kesehatan untuk memahami konsumen, kompetisi, dan tren pasar. Pemahaman ini dapat didapatkan dari data percakapan digital yang bersumber dari sosial media, portal berita, blog, serta forum online. Bisnis pelayanan kesehatan dapat menggunakan platform ini untuk secara up-to-date mengetahui reputasi perusahaan dan mendapatkan feedback langsung dari pelanggan. Dengan mengintegrasikan kedua platform ini, suatu bisnis dapat mengejar kepuasan pelanggan dengan tepat sasaran.

  • Menggunakan Fitur Premium Number 

Premium number merupakan fitur yang disediakan Ivosights untuk perusahaan yang ingin membuat nomor dengan digit unik yang dikustomisasi. Pelaku bisnis layanan kesehatan dapat menggunakan fitur ini agar pelanggan dapat dengan mudah mengingat nomor contact center bisnis tersebut. Kasus di industri kesehatan mayoritas mengharuskan seseorang untuk mendapatkan informasi dan pelayanan secara cepat dan akurat, terlebih apabila kasus yang dialami merupakan kasus dengan urgensi tinggi. 

  • Mengatur Alur Kerja Khusus untuk Karyawan

Customer service perusahaan seringkali kewalahan dengan beban kerja yang dimiliki. Faktor ini dapat berimbas negatif terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Akan tetapi, Ivosight menyediakan alur kerja khusus yang dapat diatur sesuai kapasitas dan strategi para pelaku bisnisnya. Perusahaan dapat mengelola dashboard, alur ticketing, hingga dapat mengakses laporan akhir mengenai kinerja karyawan. 

Baca Juga: Membangun Bisnis yang Berkelanjutan: Peran Customer Engagement Tools

Tertarik Gunakan Customer Engagement Tools? Ivosights solusinya!

Ivosights menghadirkan Sociomile, solusi bagi perusahaan agar dapat dengan mudah mengelola sistem contact center yang berisi 13 kanal digital dan voice yang terintegrasi dalam satu dashboard. Tak hanya itu, Sociomile juga menyediakan laporan lengkap serta fitur yang komplit seperti chatbot, help desk management, real-time wallboard, hingga ticketing system. Bersama Sociomile dari Ivosights, Anda dapat meningkatkan interaksi dan komunikasi bersama pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights dan rasakan manfaat layanannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami