Pentingnya Customer Engagement Tools untuk Institusi Pendidikan

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 19 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement tools. Shutterstock.

"Institusi pendidikan seperti universitas, sekolah tinggi, hingga usaha bimbingan belajar perlu memiliki customer engagement tools yang mumpuni. Simak ulasannya di sini!"

Institusi pendidikan merupakan salah satu institusi yang berperan penting dalam mempersiapkan generasi baru yang terampil dari segi akademik, maupun non-akademik. Institusi ini melibatkan anak-anak selaku peserta didik, orang dewasa selaku pengajar dan staf, serta orang tua selaku pembimbing peserta didik di rumah. Keterlibatan beberapa pihak ini membuat institusi pendidikan perlu memiliki sarana penunjang komunikasi yang mencakup keseluruhan pihak tersebut. Sarana penunjang komunikasi ini dapat berupa sosial media, call center, maupun E-Mail. Akan tetapi, terdapat salah satu inovasi customer engagement tools yang dapat merangkum keseluruhan kebutuhan tersebut.

Apa itu Customer Engagement Tools?

Customer engagement tools merupakan sarana pengelolaan komunikasi dan interaksi antara sebuah bisnis, perusahaan, institusi, maupun sebuah brand dengan pihak eksternal, contohnya seperti pelanggan. Platform ini berfungsi untuk memberikan dan meningkatkan pengalaman positif pelanggan. Salah satu customer engagement tools lokal yang sudah digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia adalah Sociomile dari Ivosights.

Sociomile merupakan sistem contact center yang terdiri dari beberapa jenis perangkat turunan, seperti Sociomile Omni-Channel, Sociobot, dan Sociovoice. Institusi pendidikan merupakan salah satu jenis institusi yang perlu menerapkan customer engagement tools yang tepat guna menunjang komunikasi antara institusi dan pihak lainnya.

Baca Juga: Pengaruh Customer Engagement Tools pada Peningkatan Brand Loyalty 

Manfaat Sociomile Omni-Channel untuk Institusi Pendidikan

Sociomile Omni-Channel dapat menjadi solusi bagi institusi pendidikan untuk dapat menyempurnakan sistem komunikasinya. Sociomile Omni-Channel merupakan layanan integrasi 12 kanal digital dan voice dalam satu dashboard untuk mengefektifkan sistem kerja agen contact center

Tak hanya akan memudahkan karyawan atau agen contact center, Sociomile Omni-Channel ini juga memberikan pengaruh positif bagi siswa maupun orang tua siswa. Berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat diambil dari penggunaan customer engagement tools tersebut:

  • Contact Center yang Responsif

Dengan mengintegrasikan belasan kanal digital dan voice pada 1 dasbor, sistem pengoperasian contact center menjadi lebih simpel dan teratur. Agen contact center yang bertugas pun akan dengan mudah merespon ticket atau permintaan yang muncul. Hal ini sangatlah berguna untuk institusi pendidikan yang biasanya perlu menghadapi berbagai pertanyaan maupun keluhan dari pihak siswa. Seperti pertanyaan mengenai informasi akademik dan non-akademik, administrasi, hingga fasilitas institusi.

  • Penyebaran Informasi Langsung dan Menyeluruh

Informasi yang diperlukan mahasiswa seringkali tidak tersebar secara menyeluruh apabila hanya mengandalkan fitur biasa pada media sosial. Dengan fitur Sociomile, informasi mengenai akademik, non-akademik, administrasi, atau fasilitas institusi dapat disebarkan melalui fitur automatic blast engine.

  • Alur Kerja Karyawan yang Dapat Diatur

Manfaat lainnya adalah alur kerja karyawan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan karyawan. Sehingga, karyawan tidak perlu merasa kewalahan dan dapat memberikan kinerja terbaiknya.

  • Reputasi Institusi Meningkat

Dengan meningkatkan customer experience, para siswa maupun orang tua siswa akan merasa puas dan dapat merekomendasikan institusi tersebut pada orang-orang sekitarnya. Dampak positifnya, reputasi institusi dapat meningkat secara drastis. 

Keunggulan Sociomile Omni-Channel

Beberapa keunggulan yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut:

  • Sistem Ticketing yang Simpel dan Mudah Diakses

Customer engagement tools yang mudah diakses bagi pengguna awam merupakan idaman para agen customer service. Sociomile Omni-Channel menyediakan sistem ticketing yang simpel. Sistem ticketing mengacu pada cara pengguna mengatur permintaan yang masuk pada dasbor. Permintaan ini dapat berupa pertanyaan, komentar, saran, atau apapun yang masuk pada dasbor yang berasal dari kanal digital. Sistem ticketing pada platform ini berupa memprioritaskan ticket, mengkategorikan ticket, dan menugaskan ticket tersebut kepada agen yang bekerja di dasbor untuk diselesaikan.

  • Laporan Data yang Lengkap dan Mudah Diunduh

Laporan data pada software ini dapat diunduh dengan mudah. Pihak institusi dapat memilih laporan dalam format harian, mingguan, ataupun bulanan. Mengecek laporan data ini dapat berguna untuk pihak institusi supaya dapat mengkaji permasalahan yang sering terjadi yang berkaitan dengan institusi tersebut.

  • Sistem Integrasi dengan Tools Lainnya

Ivosights juga menawarkan sistem integrasi dengan software lainnya, contohnya seperti digital listening tools yang berguna untuk pengelolaan reputasi institusi di mata masyarakat. 

  • Dashboard yang Fleksibel untuk Diakses

Agen yang bekerja di institusi pendidikan dapat memiliki sistem kerja yang fleksibel. Dikarenakan dasbor Sociomile dapat diakses dimana saja, kapan saja, tanpa perlu instalasi software.

  • Pemantauan Kinerja yang Realtime

Pihak institusi pendidikan dapat memantau kinerja agen Sociomile secara langsung sembari mengakses dasbor. Pemantauan ini dapat berupa memantau status setiap ticket yang masuk.

  • Multiple Touchpoint

Tak hanya mengintegrasikan Sociomile dengan tools lainnya, Sociomile dapat pula diintegrasikan dengan lebih dari satu akun WhatsApp atau akun media sosial dengan mudah. Tentunya hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan institusi pendidikan.

Tertarik Gunakan Customer Engagement Tools? Ivosights solusinya!

Ivosights menghadirkan Sociomile Omni-Channel, solusi bagi institusi agar mendapatkan customer engagement tools yang mudah diakses dan memiliki berbagai jenis fitur. Sociomile merupakan sistem contact center yang berisi 13 kanal digital dan voice yang terintegrasi dalam satu dashboard. Tak hanya itu, Sociomile juga menyediakan laporan lengkap serta fitur yang komplit seperti chatbot, help desk management, real-time wallboard, hingga ticketing system. Bersama Sociomile dari Ivosights, Anda dapat meningkatkan interaksi dan komunikasi bersama pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights dan rasakan manfaat layanannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami