Pengaruh Customer Engagement Tools pada Kelancaran Bisnis Online

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 18 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement tools. Shutterstock.

"Bisnis online memerlukan strategi implementasi customer engagement tools yang tepat guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Simak ulasannya di sini! "

Keberadaan bisnis online di Indonesia sudah mulai marak sejak beberapa tahun yang lalu. Sistem operasional yang simpel dan dapat menjangkau berbagai macam lapisan masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia membuat bisnis jenis ini digandrungi banyak orang. Apalagi ketika keberagaman E-commerce mulai muncul yang membuat bisnis ini menjadi pilihan utama. Akan tetapi, terdapat beberapa aspek yang sering dilupakan oleh pebisnis online ketika menjalankan sebuah bisnis, yaitu menjaga customer experience. Hal ini mengacu pada pengalaman yang pelanggan rasakan ketika berbelanja. Kini, pebisnis online dapat menggunakan customer engagement tools untuk memastikan peningkatan customer experience terjaga dan terlaksana secara optimal.

Mengenal Customer Engagement Tools

Customer engagement tools adalah perangkat yang diciptakan untuk mengelola komunikasi dan interaksi antara bisnis dan pelanggannya. Tujuan dari penggunaan customer engagement tools adalah untuk memberikan dan meningkatkan pengalaman positif ketika pelanggan menggunakan produk atau layanan dari bisnis tersebut. Salah satu customer engagement tools yang banyak digunakan di Indonesia adalah Sociomile, yang dikembangkan oleh Ivosights.

Sociomile adalah platform contact center yang komprehensif dengan berbagai platform turunan, seperti mencakup Sociomile Omnichannel, Sociobot, dan Sociovoice. Selain memberikan manfaat langsung kepada pelanggan, customer engagement tools ini juga dapat meningkatkan efektivitas operasional bisnis.

Baca Juga: Mengenal Sociobot: Implementasi Teknologi Berbasis AI pada Software CRM  

Implementasi Customer Engagement Tools pada Bisnis Online

Customer engagement tools memiliki berbagai macam fitur yang dapat diimplementasikan pada beberapa lapisan operasional bisnis online. Simak ulasannya di sini:

  • Membuat Sistem Costumer Center yang Baik

Bisnis online tentu membutuhkan sistem customer center yang baik. Terutama bagi bisnis dengan skala besar yang biasanya menggunakan berbagai jenis kanal digital untuk saluran komunikasi dengan pelanggan. Melalui customer engagement tools, bisnis online dapat mewujudkan sistem tersebut. Terutama dengan platform Sociomile yang menyajikan 1 dasbor berisi 13 kanal digital yang diintegrasikan. Dengan platform tersebut, bisnis online dapat merespon pertanyaan, keluhan, dan permintaan transaksi dengan waktu yang cepat dan efektif.

  • Memanfaatkan Automation Blast Engine Sebagai Sarana Informasi

Automation blast engine adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan secara otomatis ke banyak penerima sekaligus melalui berbagai platform digital. Pebisnis online dapat menggunakan fitur ini sebagai sarana penyebaran informasi mengenai produk terbaru, tawaran diskon, pergantian harga, atau penyebaran survei untuk mengetahui feedback pelanggan selama ini.

  • Menggunakan Chatbot untuk Operasional yang Efektif

Chatbot merupakan teknologi berbasis artificial intelligence (AI) yang didesain supaya pelanggan dapat mendapatkan informasi tanpa perlu interaksi dengan manusia secara langsung. Selain menyediakan integrasi 13 kanal digital pada dasbornya, pebisnis online juga menyediakan ChatBot sebagai penunjang. Dengan sistem ini, pelanggan dapat lebih mudah mencari informasi dalam kurun waktu yang jauh lebih cepat dibanding melakukan percakapan secara manual.

  • Memakai Fitur Penerbitan Konten Otomatis

Di zaman digital yang mendominasi, distribusi konten digital marketing menjadi salah satu strategi promosi yang cocok bagi seorang pebisnis. Customer engagement tools menyediakan fitur penerbitan konten secara otomatis. Sehingga, pebisnis dapat membuat jadwal konten dengan teratur dan terstruktur tanpa perlu mengunggah secara manual.

Manfaat Customer Engagement Tools untuk Bisnis Online

Berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat diambil dari penggunaan customer engagement tools:

  • Alur Kerja Karyawan yang Dapat Diatur

Manfaat lainnya yang didapatkan dari customer engagement tools adalah alur kerja karyawan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan karyawan. Sehingga, karyawan tidak perlu merasa kewalahan dan dapat memberikan kinerja terbaiknya.

  • Menjaga Kelancaran Operasional Bisnis

Dengan mengintegrasikan belasan kanal digital dan voice pada 1 dasbor di customer engagement tools, sistem pengoperasian contact center menjadi lebih simpel dan teratur. Agen contact center yang bertugas pun akan dengan mudah merespon ticket atau permintaan yang muncul. Hal ini sangatlah berguna untuk bisnis online yang perlu menghadapi berbagai pertanyaan maupun keluhan dari pelanggan.

  • Alur Kerja Karyawan yang Dapat Diatur

Manfaat lainnya adalah alur kerja karyawan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan karyawan. Sehingga, karyawan tidak perlu merasa kewalahan dan dapat memberikan kinerja terbaiknya.

  • Penyebaran Informasi Langsung dan Menyeluruh

Informasi yang diperlukan pelanggan seringkali tidak tersebar secara menyeluruh apabila hanya mengandalkan fitur biasa pada media sosial. Dengan fitur Sociomile, informasi mengenai produk terbaru, status pengiriman, atau tawaran diskon dapat disebarkan melalui fitur automatic blast engine.

  • Meningkatkan Customer Satisfaction

Beberapa manfaat yang sudah diuraikan sebelumnya berpengaruh pada meningkatnya customer satisfaction. Kepuasan pelanggan yang tinggi terhadap sebuah brand akan membuat brand tersebut lebih mudah dikenal orang banyak. Dikarenakan biasanya, pelanggan akan mencoba mengadvokasikan produk tersebut pada orang-orang sekitarnya.

  • Reputasi Brand Meningkat

Dengan meningkatkan customer experience, pelanggan akan merasa puas dan dapat merekomendasikan atau membicarakan bisnis online tersebut pada orang-orang sekitarnya. Dampak positifnya, reputasi brand dapat meningkat secara drastis. 

Tertarik Gunakan Customer Engagement Tools? Ivosights solusinya!

Ivosights menghadirkan Sociomile, solusi bagi perusahaan agar dapat dengan mudah mengelola sistem contact center yang berisi 13 kanal digital dan voice yang terintegrasi dalam satu dashboard. Tak hanya itu, Sociomile juga menyediakan laporan lengkap serta fitur yang komplit seperti chatbot, help desk management, real-time wallboard, hingga ticketing system. Bersama Sociomile dari Ivosights, Anda dapat meningkatkan interaksi dan komunikasi bersama pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights dan rasakan manfaat layanannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami