Dampak Penggunaan ChatBot dalam Customer Engagement Tools

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 25 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement tools. Shutterstock.

"ChatBot ternyata dapat diimplementasikan penggunaannya pada customer engagement tools. Simak ulasannya di sini! "

Di era yang dinamis ini, perusahaan perlu melakukan berbagai macam cara untuk mempertahankan performa penjualan dan stabilitas perusahaannya. Salah satu hal yang biasanya dilakukan adalah dengan membangun hubungan baik dengan pelanggan melalui customer engagement tools.

Bagaimana Cara Kerja Customer Engagement Tools dan Chatbot?

Customer engagement tools merupakan suatu platform yang digunakan para pebisnis untuk mengelola sistem interaksi dan hubungan antara brand dengan pelanggan, atau orang-orang yang berpotensi untuk menjadi pelanggan brand mereka. Hubungan yang dapat terjaga akan berpengaruh pada loyalitas pelanggan terhadap brand tersebut. Apabila perusahaan dapat memberikan asistensi pada pelanggan, customer experience otomatis akan meningkat dengan sendirinya.

Salah satu contoh customer engagement tools yang telah banyak digunakan di Indonesia adalah Sociomile dari Ivosights. Sociomile menawarkan beberapa perangkat turunan yang fungsinya saling melengkapi satu sama lain. Terdapat Sociomile Omni-channel yaitu satu dasbor yang berisi 13 kanal digital terintegrasi, Sociomile Voice yaitu sistem call center terpadu, dan Sociobot yang memadukan teknologi artificial intelligence (AI).

Sociobot merupakan platform customer center berbasis AI yang tersedia di berbagai platform digital seperti WhatsApp, Telegram, situs web, dan platform lainnya sesuai dengan kebutuhan klien. Platform ini menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) untuk mendeteksi bahasa dengan alami, serta menggunakan bantuan sistem kecerdasan buatan Machine Learning (ML) untuk berkomunikasi. Selain itu, Sociobot juga memanfaatkan teknik pencocokan pola untuk mengelompokkan teks sesuai dengan pola yang telah ditentukan sebelumnya dan memastikan respons sesuai terhadap permintaan pelanggan. Walaupun ada keterbatasan dalam pencocokan makna dan konteks, Ivosights telah mengembangkan metode yang menggabungkan pattern matching dengan NLP untuk meningkatkan akurasi respons ChatBot.

Selain itu, Sociobot menggunakan metode Decision Tree-Based, di mana pengguna dipandu melalui serangkaian widget dengan teks jawaban otomatis, yang mirip dengan operasi cabang-cabang pepohonan. Contohnya, ketika pengguna mencari informasi produk, Sociobot akan bertanya tentang jenis produk yang dicari, lalu membimbing pengguna melalui serangkaian pertanyaan hingga mencapai informasi spesifik yang diinginkan.

Baca Juga: Pengaruh Customer Engagement Tools pada Peningkatan Brand Loyalty 

Dampak Implementasi Chatbot pada Kesuksesan Bisnis Melalui Customer Engagement Tools

Penggunaan teknologi berbasis AI pada Customer Engagement Tools dapat memberikan berbagai macam dampak positif, terutama untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Beberapa dampaknya yaitu sebagai berikut:

  • Pelayanan Informasi Selama 24 Jam

Customer engagement tools berbasis AI memberikan ketersediaan tak terbatas, memungkinkan pelanggan mendapatkan informasi kapan pun mereka membutuhkannya, bahkan di luar jam kerja. Perusahaan hanya perlu menyusun beragam dan lengkapnya jawaban dan pola komunikasi agar pelanggan tidak merasa terbatas pada informasi yang terbatas. Ketersediaan selama 24 jam ini secara langsung meningkatkan kepuasan pelanggan dalam hal akses terhadap informasi.

  • Contact Center yang Lebih Terpadu

Dengan sistem contact center yang terintegrasi dengan Sociobot, perusahaan dapat memastikan pelanggan mendapatkan respons cepat dan tepat. Fitur integrasi dengan sistem contact center, Sociomile, memungkinkan penanganan pesan yang lebih kompleks oleh agen manusia ketika diperlukan. Ini membuktikan bahwa Sociobot memiliki jangkauan yang luas dalam meningkatkan interaksi positif dengan pelanggan.

  • Tersedia di Platform yang Beragam

Sociobot tersedia untuk digunakan di berbagai platform digital seperti WhatsApp, Instagram, dan Web Chat. Tak hanya itu, tim teknis juga akan berusaha membantu mengintegrasikan Sociobot ke dalam platform digital lainnya sesuai permintaan perusahaan. Keberagaman platform ini berguna untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan responsif di manapun

  • Menunjang Efisiensi Waktu

Pemanfaatan teknologi berbasis AI dalam CRM memberikan manfaat bagi pelanggan dan perusahaan. Dengan Sociobot, pelanggan mendapatkan jawaban cepat tanpa harus menunggu, sementara perusahaan dapat menghemat biaya dengan tidak perlu menambah jumlah karyawan customer service untuk melayani pelanggan secara manual.

  • Meningkatkan Interaksi Pelanggan 

Dengan waktu yang dihemat, pelanggan dapat menggunakan waktu tersebut untuk aktivitas lain yang lebih bermanfaat, meningkatkan interaksi dan pengalaman positif. Penggunaan Sociobot sendiri terbukti sudah dapat meningkatkan interaksi pelanggan hingga 21%.

  • Menghemat Biaya Operasional Bisnis

Teknologi yang efisien secara finansial seperti customer engagement tools berbasis AI ini dapat membantu perusahaan menghemat biaya pelayanan. Dengan Sociobot, perusahaan tidak perlu menambah staf customer service secara berlebihan, sehingga biaya tersebut dapat dialokasikan untuk pengembangan bisnis atau peningkatan produk dan layanan.

  • Meningkatkan Profit Bisnis

Penggunaan customer engagement tools dapat memiliki dampak signifikan pada penjualan produk atau layanan perusahaan. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan responsif melalui Sociobot, perusahaan dapat mempertahankan pelanggan dan meningkatkan pendapatan. Profit yang mengalami peningkatan stabil akan membuat suatu bisnis dapat bertahan dan berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: Customer Engagement Tools pada Penerapan Strategi Customer Focus 

Berminat Gunakan Customer Engagement Tools Berbasis AI? Segera Hubungi Ivosights!

Ivosights menghadirkan Sociobot, customer engagement tools turunan dari Sociomile yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses contact center secara efisien, juga solusi bagi perusahan untuk membangun interaksi dengan pelanggan. Sociobot memiliki berbagai macam keunggulan dan sistem yang advanced. Selain itu, Sociobot juga merupakan customer engagement tools yang terintegrasi dengan Sociomile, platform berisi dasbor yang memuat 13 kanal digital dan voice yang dapat digunakan dengan mudah oleh perusahaan. Tertarik dengan platform tersebut? Hubungi Ivosights untuk langkah menuju bisnis dengan customer engagement tools yang efektif dan efisien!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami