Live Streaming Tingkatkan Level Customer Engagement Strategies Anda

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 22 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.

"Jutaan orang menonton live stream tiap menitnya membuat perusahaan mendapatkan pendapatan menggunakan live stream sebagai pasar utama"

Live streaming dengan cepat menjadi salah satu cara terbaik untuk menarik prospek ke saluran penjualan Anda. Pada tahun 2027, pasar live streaming diproyeksikan akan tumbuh hingga $250 miliar. Pengadopsi awal video live streaming yang paling sukses adalah di bidang hiburan. Jutaan orang menonton para gamer memainkan video game favorit mereka di Twitch, YouTube, dan Facebook. Namun, customer engagement strategies streaming tidak terbatas pada para gamer. Live streaming langsung semakin banyak digunakan untuk menjual produk (misalnya, belanja langsung), mempromosikan produk, dan meningkatkan kampanye pemasaran influencer.

Baca Juga: Simak Evolusi Customer Engagement dari Zaman ke Zaman

Apa Itu Live Stream? 

Live stream atau Siaran langsung adalah siaran video online di mana seseorang atau sekelompok orang muncul di video untuk berinteraksi dengan penontonnya. Biasanya, pengalaman live streaming seringkali mencakup berbagi layar dan individu yang muncul di depan kamera. Biasanya, ada dua cara yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan pendapatan dari live streaming. Beberapa perusahaan mendapatkan pendapatan dengan menjual ruang iklan atau sponsor, terutama di bidang hiburan. Sebagian besar perusahaan live streaming menggunakannya sebagai bagian dari strategi konten dan customer engagement strategies mereka untuk menarik prospek dan mengisi saluran penjualan mereka.

Apa Itu Customer Engagement Strategies?

Customer engagement strategies adalah rencana untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan melakukan lebih banyak interaksi positif dengan mereka. Tujuannya adalah untuk mengembangkan rencana yang akan menghasilkan kesetiaan pelanggan Anda dan bisnis yang berkelanjutan. Prosesnya melibatkan berbagai saluran komunikasi untuk membangun hubungan, meningkatkan kepuasan, dan secara proaktif membina basis pelanggan Anda. Strategi yang hebat membawa keterlibatan pelanggan dari reaktif menjadi proaktif. Rencana Anda akan mencakup tindakan yang akan Anda lakukan, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengimplementasikannya. Untuk sebagian besar bisnis, hal ini mencakup setiap titik kontak pelanggan mulai dari saat mereka pertama kali datang ke situs pemasaran atau saluran media sosial Anda hingga mereka meninggalkan situs tersebut.

Baca Juga: Tumbuhkan Customer-Centric Dalam Contact Center Anda

Kenapa Live Stream Sangat Potensial?

  • 28% marketers saat ini berinvestasi lebih banyak dalam live streaming. 

Berinvestasi dalam live streaming sekarang berarti Anda memiliki kesempatan untuk menang di pasar sebagai pengadopsi awal.

  • 45% konsumen akan membayar untuk live stream yang eksklusif dari favorit mereka (berlangganan)

Temuan ini mengungkapkan bahwa customer engagement strategies lewat video streaming langsung dapat menjadi pusat keuntungan! Perhatikan merek media dan hiburan yang mencari cara untuk mengembangkan basis pelanggan mereka!

  • Konsumen 39% lebih mungkin untuk membagikan konten video.

Ada alasan mengapa begitu banyak YouTuber dan pembuat konten online lainnya mendorong pemirsa mereka untuk menyukai dan mengomentari video mereka. Teknik ini terbukti dapat meningkatkan jumlah penonton mereka.

  • Live stream menarik perhatian 10 hingga 20 kali lebih lama daripada konten yang direkam sebelumnya.

Bukan berarti Anda harus berimprovisasi di setiap momen dalam sesi tersebut. Dengan segala cara dari customer engagement strategies, tuliskan ide konten Anda sehingga Anda memiliki rencana kasar untuk diikuti.

  • 63% orang berusia 18 hingga 34 tahun secara teratur menonton konten streaming langsung

Konten streaming langsung harus menjadi bagian dari customer engagement strategies pemasaran Anda jika target audiens Anda adalah konsumen yang lebih muda.

  • Pembeli yang menonton video memiliki kemungkinan 81% lebih besar untuk melakukan pembelian.

Pola ini sangat umum terjadi di industri seperti pakaian, mode, dan kecantikan, di mana customer engagement strategies lewat demonstrasi video memberikan nilai tambah. Mungkin sulit untuk membayangkan apakah sebuah pakaian atau riasan cocok untuk Anda. Melihat influencer populer mencoba produk ini dapat membuat perbedaan besar dalam konversi.

Cara Menambah Jumlah Viewers Anda

  • Tetapkan Tujuan Pemasaran Anda Untuk Siaran Langsung 

Merencanakan dan melaksanakan pengalaman video siaran langsung yang sukses akan membutuhkan waktu dan sumber daya. Sebelum Anda berkomitmen pada sumber daya dan customer engagement strategies tersebut, pilihlah metrik dan tujuan utama untuk mengevaluasi keberhasilan acara Anda. Misalnya, Anda dapat melacak jumlah pesanan untuk produk yang dipromosikan atau jumlah prospek yang dihasilkan.

  • Mulailah dengan Apa yang Sesuai dengan Audiens Anda

Menemukan ide konten yang luar biasa itu sulit! Untuk menghemat waktu, tinjau perangkat lunak customer engagement strategies Anda untuk melihat konten mana yang beresonansi dengan audiens Anda di masa lalu. Platform customer engagement strategies data pelanggan memudahkan untuk mengaitkan pembelian dan perolehan prospek ke postingan konten tertentu. Jika Anda tidak memiliki CDP, gunakan metrik lain seperti tampilan halaman, pembagian, dan waktu keterlibatan untuk mengukur apa yang berhasil.

  • Cari Peluang Demonstrasi Produk

Saat Anda merencanakan customer engagement strategies streaming langsung, rencanakan beberapa cara untuk menunjukkan produk Anda. Untuk perangkat lunak, demo dengan statistik dapat bekerja dengan baik. Bahkan perguruan tinggi dan universitas dapat menggunakan customer engagement strategies lewat demonstrasi - gunakan ponsel cerdas dan tunjukkan kepada orang-orang di sekitar kampus Anda. Demo produk ini dapat menjadi inti dari siaran langsung dalam acara belanja langsung. Atau Anda dapat menambahkan demo produk di akhir acara yang berbeda.

  • Undanglah Influencer dan KOL

Ada alasan mengapa KOL(Key opinion leader) dan aktor terkenal sering diminta untuk memberikan ceramah utama di seminar - hal ini membantu untuk menarik banyak orang dalam customer engagement strategies. Terapkan prinsip customer engagement strategies yang sama pada streaming Anda dengan mengundang seorang influencer untuk bergabung dengan Anda. Saat Anda mencapai kesepakatan dengan influencer, undang mereka untuk membantu Anda mempromosikan acara tersebut.

  • Pilih Platform Live Stream Anda

Ada dua cara untuk menjalankan customer engagement strategies dalam sesi streaming video: menggunakan platform sosial yang sudah ada atau menyiapkan platform bermerek yang Anda kendalikan. Platform sosial seperti YouTube, Facebook, TikTok, dan Twitch memudahkan untuk memulai live streaming. Jika merek Anda sudah memiliki kepopuleran yang signifikan di salah satu platform tersebut, masuk akal untuk melakukan customer engagement strategies streaming di sana. Namun, ada sisi negatifnya jika mengandalkan pihak ketiga. Audiens Anda mungkin akan mudah terganggu oleh notifikasi, pesan, dan interaksi lainnya. Untuk meminimalkan interupsi dan gangguan, siapkan platform Anda sendiri menggunakan alat seperti Restream yang memungkinkan Anda menyiarkan di lebih dari 30 platform media sosial secara bersamaan. 

  • Mengukur dan Mengoptimalkan Live Stream Anda

Cara terakhir untuk meningkatkan jumlah customer engagement strategies dan konversi Anda dari waktu ke waktu adalah dengan mengukur setiap acara streaming. Mulailah dengan metrik yang mudah diukur seperti jumlah pemirsa, tingkat aktivitas dalam live chat, dan lalu lintas di situs web Anda. Dengan setiap customer engagement strategies lewat siaran langsung yang Anda jalankan, luangkan waktu 15-30 menit untuk menganalisis apa yang berhasil dan apa yang tidak akan secara bertahap meningkatkan jumlah customer engagement strategies Anda dari waktu ke waktu.

Dapatkan Digital Monitoring Di Live Chat dan Live Streaming Terbaik! 

Saat ini Anda bisa mendapatkan jasa dan layanan data analisis yang komprehensif untuk data report bisnis maupun di media sosial dari customer engagement strategies. Sebagai platform intelegensi digital, Ripple10 bisa membantu industri Anda memenangkan kompetisi secara digital melalui berbagai macam platform sosial media sebab Ripple10 bisa mengetahui sentimen netizen terhadap brand, mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral! Didukung dengan fitur monitoring yang berguna, serta data strategis yang bisa memberikanmu rekomendasi langkah terbaik untuk mengembangkan bisnismu, Ivosights siap membantu! Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami