Kapan Customer Engagement Mulai Disadari dan Digunakan oleh Perusahan?

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 27 Februari 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.

"Ketahui kapan pertama kali customer engagement mulai disadari dan digunakan oleh perusahaan di sini!"

Customer Engagement (keterlibatan pelanggan) adalah sebuah proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan interaksi berulang-ulang dengan konsumen dengan tujuan memberikan pengalaman dan menguatkan sisi emosional sehingga mampu memotivasi konsumen untuk melakukan pembelian secara berulang akibat keterikatan merek pada suatu perusahaan. 

Bagi sebagian besar perusahaan, customer engagement dimulai dengan interaksi pelanggan pertama dan berlanjut bahkan setelah pelanggan membeli produk atau layanan. Cara umum bisnis dan merek terlibat dengan pelanggan mereka termasuk forum komunitas, media sosial, situs web mereka, email, dan area lain di mana komunikasi dengan pelanggan tersedia. 

Kesadaran akan penggunaan customer engagement telah terjadi sejak ditemukannya istilah pelanggan setia dalam jual beli barang dan jasa, pebisnis selalu mencoba menarik pelanggannya agar merasa nyaman dan bernilai sehingga pelanggan akan merasa terpuaskan. Hanya saja cara untuk mengetahui efek pelanggan berkembang sangat pesat, sampai ke analisis sentiment dan trends. 

Jenis-Jenis Customer Effect (Efek Pelanggan)

Berikut adalah empat efek yang dapat ditimbulkan oleh pelanggan terhadap bisnis:

  • Produk dan Layanan

Anda mungkin menemukan bahwa customers sangat membantu dalam meningkatkan kualitas penawaran produk. Beberapa kali terjadi ketika produk yang Anda tawarkan selalu konsisten mendapatkan pelanggan tetap, namun produk itu bukanlah bestseller. Hal itu merupakan efek pelanggan secara tidak langsung, Anda dapat menganalisisnya lebih di Google Analytics untuk mengetahui grafik pembelian produk oleh pelanggan setia. Pelanggan setia, meskipun jumlahnya sedikit, mempunyai komitmen dan kepercayaan yang tinggi terhadap produk Anda. Sangat mungkin, jika menghentikan produksi salah satu produk Anda, pelanggan setia akan membeli produk yang serupa di kompetitor Anda. 

Baca Juga: Keunggulan Memahami Customer Engagement saat Berbisnis di Media Sosial

  • Reputasi

Layanan pelanggan sangat penting dalam membangun kepercayaan dengan audiens dan semakin mereka mempercayai Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan membeli dari brand Anda. Salah satu cara untuk tetap konsisten berapa dalam performa tinggi adalah selalu memberikan responses terhadap feedback baik positif maupun negatif. Hal itu akan membangun kepercayaan penuh customer dan future customer yang akan menjadi saksi kamu berusaha untuk berprogres.

  • Pemasaran

Memahami lokasi penjualan bisnis Anda baik di e-commerce maupun pasar merupakan kunci dari setiap strategi pemasaran yang sukses. Memastikan bisnis strategis yang selalu berada di tempat pelanggan Anda berada. Jangan membuang waktu untuk memasang iklan platform jika platform tersebut bukan tempat penonton Anda hidup dan berkomunikasi. Sebagai contoh, jika Anda ingin menargetkan Gen Z, maka fokus pada TikTok dan Instagram untuk menarik audiens, dari pada menggunakan iklan koran dan media cetak lain. Anda dapat menggunakan online tools seperti Ripple10  yang berguna untuk mendeteksi dimana audiens Anda aktif bergerak

  • Arah Bisnis 

Banyak bisnis dimulai dengan menemukan celah di pasar atau melihat peluang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara yang lebih baik daripada pesaing. Banyak bisnis yang memulai tanpa memperhatikan target audiensnya, padahal customer behavior selalu berubah-ubah dan adaptif. Sebagai contoh Amazon yang memulai sebagai website kamus online, dan sekarang sudah beradaptasi untuk menyediakan banyak produk penjualan, lebih dari hanya buku. Jika bisnis Anda bukan merupakan bisnis online, mungkin anda bisa meneliti terlebih dahulu apakah digitalisasi cukup berperan penting dalam visi perusahaan. The rule of thumb berkata ‘selalu berada di tempat pelanggan berada’.

Hal ini sejalan dengan konsep Economy of Engagement yang berfokus pada bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan interaksi pelanggan untuk menciptakan nilai dan meningkatkan hasil bisnis. 

Teori Economy of Engagement

Teori Economy of Engagement adalah konsep yang berfokus pada bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan interaksi pelanggan untuk menciptakan nilai dan meningkatkan hasil bisnis. Dalam Economy of Engagement, interaksi pelanggan tidak hanya dilihat sebagai cara untuk mendorong penjualan, tetapi juga sebagai peluang untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, membangun loyalitas, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang positif. Ini sangat berhubungan dengan konsep Customer Engagement, karena keduanya melibatkan penciptaan hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pelanggan. 

Baca Juga: Pahami Customer Relation yang Harus Anda Ketahui!

Namun, tidak ada informasi spesifik tentang siapa pertama kali yang menciptakan konsep customer engagement. Sehingga konsep ini berkembang seiring zaman sesuai dengan perilaku konsumen dan nilai perusahaan. Konsep ini juga yang memicu perusahaan sekarang sering menggunakan jasa analisis data brand mereka dengan teknologi yang komprehensif dan digital untuk target visioner dan penanganan isu lebih tepat. Ivosights menyediakan berbagai platform untuk menjawab itu! 

Dapatkan Aplikasi Digital Monitoring Terbaik di Ivosights! 

Saat ini Anda bisa mendapatkan jasa dan layanan data analisis yang komprehensif untuk data report bisnis maupun di media sosial. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat berdasarkan pengolahan data percakapan digital. Ivosights comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan Anda mengelola big data sekaligus menganalisisnya. Sebagai platform intelegensi digital, Ripple10 bisa membantu industri Anda memenangkan kompetisi secara digital sebab Ripple10 bisa mengetahui sentimen netizen terhadap brand, mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral! Didukung dengan fitur monitoring yang berguna, serta data strategis yang bisa memberikanmu rekomendasi langkah terbaik untuk mengembangkan bisnismu, Ivosights siap membantu! Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami