Maksimalkan Bisnis saat Ramadan Menggunakan WhatsApp Business, Yuk!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 10 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.

"Bisnis saat Ramadan memang terkadang membuat para penjual kewalahan karena orderan yang masuk terlalu banyak. Yuk, gunakan WhatsApp Business"

Saat Ramadan adalah waktu-waktu yang sangat menguntungkan para pemilik bisnis karena Ramadan memiliki banyak keuntungan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan waktu-waktu lain. Hal ini bisa terlihat dari meningkatnya jumlah penjualan, khususnya untuk produk-produk tertentu yang sangat dicari oleh masyarakat. Namun, hal ini tentunya terkadang membuat para pemilik bisnis sedikit kewalahan dalam menangani jumlah orderan yang masuk sehingga dibutuhkan bantuan agar pengemasan dan interaksi dengan pelanggan jauh lebih terkoordinir. Penggunaan WhatsApp Business bisa menjadi salah satu dari banyaknya alternatif untuk membantu para pemilik bisnis dalam menghandle orderan yang banyak. Yuk, maksimalkan bisnis saat Ramadan dengan WhatsApp Business! Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Pengertian WhatsApp Business 

WhatsApp Business merupakan salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh pihak WhatsApp untuk mempermudah kegiatan berjualan pemilik bisnis atau usaha kecil. Aplikasi yang satu ini juga sangat berfungsi untuk memperlancar interaksi dan komunikasi antara pelanggan dan penjual sehingga lebih mudah untuk melanjutkan pemesanan ataupun melakukan promosi via chat. WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang sangat berguna untuk kepentingan berjualan. Beberapa diantaranya adalah fitur membalas chat otomatis, fitur pengirim chat massal, hingga fitur untuk mengirimkan katalog secara otomatis saat ada pembeli yang bertanya. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Dengan WhatsApp Business API

Penggunaan WhatsApp Business bisa menjadi jauh lebih efektif jika digunakan untuk dimanfaatkan kegunaannya saat Ramadan. Melonjaknya permintaan pelanggan membuat WhatsApp Business menjadi peralihan yang efektif dalam menangani jumlah pelanggan yang bertanya dan memesan jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Singkatnya, aplikasi WhatsApp Business bisa dijadikan sebagai usaha yang maksimal dalam berinteraksi dengan para pelanggan saat Ramadan.

Fitur-Fitur yang Mempermudah Bisnis saat Ramadan

  • Fitur Pengirim Pesan Otomatis

Salah satu fitur yang bisa pemilik bisnis manfaatkan adalah fitur pengirim pesan otomatis. Fitur ini sangat membantu jika Anda harus menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang sama dari para pelanggan untuk sebuah produk atau jumlah sisa barang. Tentu akan sangat membuang-buang waktu jika Anda harus membalas pesan tersebut satu-persatu. Untuk itu, fitur yang satu ini hadir untuk membantu Anda dalam berinteraksi dengan pelanggan.

  • Fitur Pengirim Katalog Otomatis

Setiap pemilik bisnis tentu saja tidak asing dengan pertanyaan pelanggan yang menginginkan katalog bisnis untuk mereka lihat dan pertimbangkan. Fitur pengirim katalog secara otomatis kepada pelanggan bisa Anda manfaatkan sehingga tidak perlu lagi mengirimkan katalog secara manual kepada pelanggan.

  • Fitur Greetings Otomatis

Salam pembuka pada sebuah bisnis adalah salah satu bentuk keprofesionalan yang disenangi oleh pelanggan. Selain itu, salam atau greetings yang didapatkan pelanggan setelah memesan juga menandakan suatu bisnis masih aktif sehingga membuat pelanggan merasa tidak diabaikan. Manfaatkanlah fitur greetings otomatis dalam WhatsApp Business agar bisnis Anda saat Ramadan semakin lancar.

  • Auto Reply Scheduler

Tentunya pemilik bisnis memiliki waktu-waktu istirahatnya masing-masing. Jika Anda merasa para pelanggan memesan atau bertanya di luar waktu kerja, Anda bisa memanfaatkan fitur auto reply scheduler sehingga pesan yang masuk akan terjawab pada waktu yang telah ditentukan. Manfaatkanlah fitur yang satu ini juga sebagai bentuk keprofesionalan agar bisnis Anda semakin laku di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Bot Chat WhatsApp

  • WhatsApp Blasting

Punya promo atau produk baru saat Ramadan? Tentu akan sulit dan membuang banyak waktu jika Anda harus menghubungi kontak satu per satu. WhatsApp Business memiliki apa yang Anda cari dan memudahkan Anda dalam hal ini. WhatsApp Blasting membuat Anda tidak perlu lagi menghubungi kontak satu per satu tetapi Anda bisa mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus tanpa perlu membuang banyak tenaga dan waktu. Hebat sekali, bukan?

Yuk, Beralih ke WhatsApp Business API untuk Memaksimalkan Bisnis Saat Ramadan!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami