Pahami Customer Relation yang Harus Anda Ketahui!

Sociomile | Senin, 01 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relation. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relation. Shutterstock.

Customer relation mengacu pada proses yang digunakan oleh bisnis untuk terlibat dengan pelanggan dan membut hubungan jangka panjang dengan mereka. Mulai dari membantu pelanggan dengan pertanyaan mereka sehari-hari hingga membuat kebijakan jangka panjang yang mengarah pada kesuksesan pelanggan. Customer relation mencakup banyak kegiatan. Jika dilakukan dengan benar, ini dapat menghasilkan hasil positif seperti customer retention yang tinggi, peningkatan Customer Lifetime Value (CLV), dan customer relation lebih kuat.

Apa Itu Customer Relation?

Adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggannya. Seringkali dengan menggunakan customer relation, hal ini untuk meningkatkan strategi marketing jangka panjang, aktivitas ini dapat berkisar untuk memperbarui metode komunikasi hingga sepenuhnya mengembangkan pengalaman pelanggan.

Setiap perusahaan sering memilih pendekatan khusus untuk customer relation yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan mereka, tetapi biasanya tujuannya adalah untuk mempertahankan lingkungan yang konstruktif untuk memecahkan masalah sambil mengumpulkan feedback yang berharga untuk perbaikan di masa depan. Hal tersebut bisa dibilang terbaik untuk menciptakan hubungan yang saling menguntungkan serta memberikan nilai bagi pelanggan dan perusahaan.

Customer relation mungkin bukan topik baru dalam bisnis, tetapi yang berubah adalah cara kita berinteraksi. Dengan lingkungan digital dan berbasis web saat ini, pelanggan menjadi lebih mudah dan terus mencari cara yang lebih nyaman untuk berkomunikasi dengan perusahaan maupun brand.

Selain itu, dengan solusi yang lebih efisien yang diberikan kepada perusahaan untuk pembuatan dan distribusi produk mereka, pembeda utama adalah kemampuan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang menarik. Penting untuk diingat bahwa kebutuhan pelanggan ini mendorong peluang yang signifikan bagi perusahaan karena ada perbedaan yang jelas antara ekspektasi pelanggan dan kemampuan perusahaan untuk menyampaikan.

Kenapa Customer Relation Begitu Penting Untuk Perusahaan?

Manfaat utama dari customer relation adalah pengaruh yang dapat Anda miliki terhadap customer retention jangka panjang. Membangun kepercayaan untuk saat inii berarti memberikan pelanggan Anda apa yang mereka inginkan, baik dari segi kinerja produk serta layanan yang diberikan perusahaan Anda.

Memikirkan seluruh keterlibatan Anda dengan pelanggan dapat membantu mengidentifikasi titik lemah yang dapat menyebabkan kekecewaan pada pelanggan. Menemukan dan meningkatkan kemampuan tersebut dengan pendekatan dapat menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dari waktu ke waktu.

Melalui pengembangan customer relation, perusahaan Anda dapat mengambil pendekatan proaktif untuk membangun customer relations. Berbeda dengan aktivitas customer service, yang cenderung reaktif dan didasarkan pada masalah dan kebutuhan pelanggan yang mendesak.

Penting untuk proaktif dengan customer relation tetapi juga untuk melibatkan pelanggan dalam proses dengan mengumpulkan umpan balik dan menjaga saluran komunikasi tetap terbuka. Melibatkan pelanggan Anda memberi mereka suara ke arah masa depan Anda, memungkinkan Anda untuk mengantisipasi kebutuhan masa depan, dan membangun kepercayaan langsung.

Pelanggan yang loyal dapat memberikan beberapa feedback penting ke perusahaan Anda dan diantara orang-orang yang mereka percayai. Dari mulut ke mulut atau Word of Mouth dapat membantu brand Anda mudah dikenal, tergantung pada pengalaman yang dimiliki setiap pelanggan. Sangat penting untuk menemukan cara untuk membuat setiap interaksi antara pelanggan dan brand menjadi bermakna.

Produk dan brand Anda mungkin membuat mereka membeli, tetapi hubungan yang berkelanjutanlah yang membuat pelanggan bertahan atau mendorong mereka untuk pergi. Mengembangkan kompetensi customer relation Anda dapat menjadi pembeda untuk hal tersebut.

Perbedaan Customer Relation dan Customer Services

Anda mungkin berpikir mereka satu dan sama, tetapi customer services dan customer relation adalah berbeda antara satu sama lain. Customer services adalah apa yang disediakan perusahaan Anda untuk memastikan kesuksesan pelanggan. Ini adalah fungsi masuk yang sekarang diharapkan oleh pelanggan pada titik pertama interaksi dengan bisnis Anda. Perusahaan dapat menyediakan fitur customer services proaktif, tetapi sebagian besar fungsi customer services disampaikan sebagai tanggapan atas tindakan pelanggan.

Customer relation berbeda karena terdiri dari tindakan masuk dan keluar yang diambil oleh perusahaan Anda. Ini mempertimbangkan kemampuan organisasi Anda untuk bereaksi terhadap masalah saat ini serta pendekatan Anda untuk meningkatkan pengalaman masa depan. Customer relation berfokus pada langkah proaktif yang Anda ambil untuk melibatkan pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Customer relation mencakup semua fungsi penting yang dilakukan layanan pelanggan, tetapi juga mencakup upaya yang dilakukan sebelum dan sesudah interaksi pelanggan. Sementara menanggapi kebutuhan pelanggan yang mendesak adalah cara yang bagus untuk memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, mencari solusi untuk hambatan masa depan adalah bagaimana perusahaan Anda dapat membangun customer relationyang positif.

Manfaat Customer Relation

Sekarang Anda tahu bagaimana customer relation berbeda dari layanan pelanggan, mengapa Anda harus memprioritaskannya dan manfaat apa yang bisa Anda peroleh? Berikut adalah 5 poin yang menyoroti pentingnya hubungan konsumen yang efektif:

#1 Loyalitas Pelanggan

Tidak masalah jika Anda memiliki kafe kecil atau menjalankan perusahaan IT bernilai jutaan rupiah, pelanggan setia mendorong bisnis Anda selalu maju. Misalnya, bagaimana Anda mengunjungi kafe yang sama untuk mendapatkan secangkir kopi favorit Anda setiap kali Anda berada di sekitar lokasi itu? Menciptakan hubungan positif dengan pelanggan Anda salah satu jenis loyalitas yang terbaik. Meskipun bisnis Anda mungkin membutuhkan biaya untuk berinvestasi dalam membangun customer relation yang positif, tetapi pada akhirnya, Anda dihargai dengan basis pelanggan yang setia.

#2 Kepuasan Pelanggan

Bisnis yang unggul dalam customer relation menciptakan lingkungan yang tepat bagi pelanggan untuk berbagi feedback jujur ​​mereka. Untuk bisnis seperti itu, feedback yang kuat adalah pusat dari operasi mereka. Tapi apa manfaat membangun feedback yang kuat?

Dengan menangkap feedback pelanggan dari waktu ke waktu, Anda dapat menilai kebutuhan pelanggan Anda tanpa hambatan. Anda dapat dengan mudah mengukur seberapa puas mereka dengan layanan, karyawan, atau keseluruhan pengalaman mereka dengan bisnis Anda. Ketika pelanggan terlibat dengan brand yang menghargai umpan balik mereka dan ingin meningkatkan pengalaman mereka, tingkat kepuasan pelanggan secara otomatis naik.

#3 Customer Retantion

Salah satu manfaat utama dari pengalaman pelanggan yang menyenangkan adalah dapat membujuk orang untuk membeli produk maupun jasa lebih dari sekali. Tapi apa yang sebenarnya menyebabkan pembelian berulang? Yang benar adalah bahwa penjualan berulang tidak disengaja dan terjadi ketika Anda mempermudah pelanggan untuk membeli dari Anda dan membantu mereka di berbagai kontak. Bahkan gerakan kecil seperti email ucapan terima kasih dapat membuat pelanggan merasa dihargai terlepas dari jumlah pembelian mereka.

#4 Riset Kompetitor

Apa pun yang Anda jual, kemungkinan besar Anda memiliki pesaing bisnis di pasar yang memiliki target audiens yang sama dengan Anda. Jadi bagaimana Anda berdiri terpisah dari pesaing tersebut? Pentingnya customer relation lainnya adalah menempatkan brand Anda tepat di atas pesaing Anda. Di saat pelanggan sering mengeluh tentang perasaan bahwa mereka tidak berarti apa-apa bagi bisnis dan diterima begitu saja, customer relation dapat membuat bisnis Anda berjalan dengan lebih baik. Ini dapat memberi brand Anda identitas unik dan membuat pelanggan Anda memilih Anda daripada pesaing.

#5 Meningkatkan Semangat Karyawan

Kualitas layanan dan perhatian yang Anda berikan kepada pelanggan Anda memiliki dampak langsung pada jenis lingkungan kerja yang Anda ciptakan untuk perusahaan Anda. Ketika karyawan melihat bahwa Anda menghormati pelanggan Anda, baik kepada mereka, dan bersedia bekerja keras, mereka merasa lebih terhubung dengan nilai-nilai yang menjadi dasar pendirian perusahaan Anda. Oleh karena itu, membangun customer relation yang positif adalah cara yang bagus untuk meningkatkan moral karyawan dan membuat mereka menyukai apa yang mereka lakukan.

Kesimpulan

Customer relation adalah salah satu cara Anda untuk membangun relasi yang baik untuk pelanggan Anda hal ini pastinya sangat penting untuk Anda dalam melakukan hal tersebut karena secara tidak langsung dapat meningkatkan sales. Sociomile merupakan tools yang dapat mengelola customer relation perusahaan dengan teratur. Tools dari Ivosights yang satu ini mengintegrasikan 13 digital channel dalam satu dashboard saja. Info lebih lanjut bisa klik link disini!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.