Alasan Kenapa Customer Data Management Penting untuk Bisnis Perusahaan

Sociomation


Penulis : Administrator - Rabu, 17 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer data management.  Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer data management. Shutterstock

"Customer data management adalah pendekatan strategis yang perusahaan lakukan untuk mengumpulkan, mengelola, mengorganisir, dan menganalisis data pelanggan."

Dalam era digital yang semakin maju, customer data management telah menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan. Pelanggan merupakan aset berharga yang dapat memberikan wawasan yang berharga dalam pengambilan keputusan bisnis dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memahami alasan mengapa manajemen data pelanggan menjadi kunci kesuksesan dalam operasional mereka. Alasan mengapa customer data management penting adalah kemampuannya untuk memberikan wawasan mendalam tentang preferensi dan perilaku pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif, mengoptimalkan penawaran produk dan layanan, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan. Dengan kata lain, manajemen data pelanggan membantu perusahaan memahami dengan lebih baik siapa pelanggan mereka dan bagaimana cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Apa Itu Customer Data Management?

Customer data management adalah pendekatan strategis yang perusahaan lakukan untuk mengumpulkan, mengelola, mengorganisir, dan menganalisis data pelanggan untuk efisiensi manajemen data pelanggan. Customer data management akan mengelola semua informasi yang berkaitan dengan pelanggan. Misalnya seperti data demografis, riwayat pembelian, interaksi, preferensi, dan lain-lain.

Tujuan dari implementasi customer data management ini adalah agar perusahaan mampu memahami pelanggan lebih dalam dan mengoptimalkan pengalaman mereka dalam menggunakan produk dengan perusahaan. Ketika perusahaan memiliki akses yang tertata dan terintegrasi terhadap data pelanggan, perusahaan dapat melakukan analisis yang lebih baik, memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta menyediakan layanan yang lebih personal dan relevan.

Dengan implementasi yang baik dan pemilihan sistem yang sesuai, customer data management dapat menjadi salah satu aset berharga bagi perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, memperkuat hubungan, dan mencapai keunggulan kompetitif di pasar.

Baca Juga: Pengertian dan Peran Database Management

Dalam mengelola customer data management, cara pengelolaannya agar efektivitasnya semakin terjamin yaitu dengan melakukan identifikasi dan pengumpulan data pelanggan. Setelah itu perusahaan harus menyimpan dan mengorganisasi data secara terstruktur dengan aman dan format yang mudah diakses. Apabila telah di organisir, langkah selanjutnya yaitu memverifikasi data untuk memastikan data tetap akurat dan terbaharui.

Menganalisis pelanggan juga perlu dilakukan agar perusahaan mampu memahami perilaku pelanggan dan kebutuhan mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam menciptakan keputusan yang sempurna dalam melakukan strategi pemasaran, segmentasi pelanggan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Privasi dan keamanan data juga perlu dilakukan dengan menggunakan sistem keamanan yang terpercaya. Setelah itu evaluasi menjadi tahap pengelolaan terakhir untuk meningkatkan keakuratan, kualitas, dan efisiensi pengelolaan data pelanggan.

Elemen Utama Customer Data Management

Strategi pemasaran yang kini telah berorientasi terhadap konsumen membuat kehadiran CDM menjadi sangat vital bagi perusahaan. Oleh sebab itu, dalam memproyeksikan customer data management, ada beberapa hal yang menjadi elemen penting agar efisiensinya dapat terjamin. Berikut beberapa elemennya: 

  • Mengumpulkan data

Di tahap ini, perusahaan akan mendapatkan berbagai variabel data dari berbagai sumber yang berhasil perusahaan kumpulkan. Baik itu melalui website, media sosial, dan telepon seluler. Pengumpulan data ini perlu di filtrasi sesuai keperluan perusahaan. Tujuannya agar data yang tidak diperlukan tidak terikut masuk ke dalam customer data management ini.. Data ini nantinya akan terintegrasi dengan sistem perusahaan lainnya sehingga membuat divisi lain mampu mengaksesnya untuk keperluan kerja mereka.

  • Manajemen data

Dengan adanya informasi yang tersedia melalui customer data management, data pelanggan akan memiliki gambaran utuh dari setiap masing-masing pelanggan. Hal ini akan membantu perusahaan dalam menentukan strategi bisnis selanjutnya. Apabila ada data yang dirasa kurang, perusahaan dapat melakukan pemadanan data untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai pelanggan.

  • Analisa informasi

Perusahaan nantinya akan mampu menganalisa informasi dari berbagai jenis data pelanggan yang masuk ke dalam sistem ini. Efektivitas dalam membuat campaign dan keperluan promosi akan semakin baik karena perusahaan telah mampu memahami demografi dari pelanggan sesuai tujuan perusahaan. Dalam membuat strategi ini perusahaan berlandaskan pada prediksi perilaku dan reaksi konsumen terhadap perusahaan.

  • Mengaktivasi database pelanggan

Elemen utama yang terakhir dari customer data management adalah mengaktivasi data pelanggan. CDM yang baik harus mampu mengaktivasi database dengan mengintegrasikan ke berbagai sistem untuk keperluan analitik dan evaluasi. Tujuannya yaitu untuk memindahkan data ke dalam strategi marketing campaign agar pemasaran berbasis konsumen ini dapat lebih efektif.

Baca Juga: Memantau Data Pelanggan Anda Dengan Fitur Data Enrichment

Alasan Pentingnya Customer Data Management

Sebagai aset paling berharga dalam membuat strategi untuk meningkatkan produktivitas pelanggan, customer data management menjadi kunci dalam membuat kebijakan yang tepat untuk pengoptimalan produk dan layanan yang perusahaan tawarkan. Hal ini membuat posisi customer data management menjadi salah satu poin vital yang harus perusahaan lakukan. Beberapa alasan yang menjadi mengapa customer data management ini penting untuk perusahaan antara lain: 

  • Dapat membantu perusahaan membuat desain produk yang baik sesuai kemauan pelanggan
  • Meningkatkan jumlah audiens dan reach dalam setiap informasi yang perusahaan sebar dengan memahami kebutuhan dan ekspektasi pelanggan
  • Mampu meningkatkan angka konversi secara maksimal
  • Menentukan jenis promosi yang tepat berdasarkan data yang tersedia dan melakukan segmentasi pelanggan
  • Membantu perusahaan dalam menciptakan komunikasi yang baik dengan pelanggan
  • Memberikan informasi akurat untuk memprediksi kemauan dan perilaku pelanggan agar perusahaan mampu membuat strategi yang tepat.
  • Memahami gaya hidup dan preferensi pelanggan agar dapat menyediakan produk yang menjawab kebutuhan pelanggan.

Efektifkan Customer Data Management dengan Sociomation dari Ivosights

Itulah alasan kenapa customer data management harus perusahaan optimalkan manajemennya agar operasional dapat berjalan dengan semestinya. Apabila Anda sedang mencari solusi yang tepat untuk mengelola customer data management, Sociomation dari Ivosights dapat menjadi pilihan yang tepat untuk perusahaan Anda. Sociomation adalah platform digital yang dapat membantu perusahaan Anda dalam mengoptimalkan data pelanggan. Platform ini memiliki customer data management dengan adanya fitur data enrichment yang berfungsi sebagai platform yang dapat terhubung dengan big data sehingga mampu memperkaya data pelanggan dan mengelolanya dengan baik. Hubungi Ivosights untuk mengenal Sociomation lebih dalam lagi!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami