7 Alasan CRM Software Berbasis AI  Cocok Digunakan untuk Bisnis Anda!

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 05 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.

"Software CRM berbasis AI ini ternyata sangat cocok digunakan untuk meningkatkan customer experience, simak ulasannya di sini!"

Meningkatkan interaksi dan relasi positif bersama pelanggan merupakan strategi perusahaan untuk dapat menjaga kestabilan bisnis. Meskipun terdengar sepele, pelanggan akan sangat mengapresiasi perusahaan yang memiliki sistem customer relationship management (CRM) yang baik. Dengan upaya mengelola sistem tersebut, akan tumbuh familiaritas pelanggan terhadap brand tersebut yang kemudian dapat membuat pelanggan membeli produk secara berulang. Perusahaan dapat menggunakan software CRM sebagai penunjang upaya tersebut.

Mengenal CRM (Customer Relationship Management) Software

Customer relationship management (CRM) adalah sebuah strategi yang dilakukan pelaku bisnis untuk mengelola hubungan dan interaksi antara pembeli dan juga orang-orang yang berpotensi akan membeli atau menggunakan layanan dan produk mereka. Strategi ini bertujuan untuk menaikan keuntungan perusahaan melalui peningkatan kepuasan pelanggan. 

Sociomile merupakan salah satu contoh software CRM asal Indonesia yang memiliki 3 jenis software turunan, seperti Socio Omni-Channel, Sociomile Voice, dan Sociobot.  Socio Omni-Channel merupakan platform yang memungkinkan pengguna mengakses 13 kanal digital dan voice seperti Instagram, Facebook, X, dalam satu 1 dashboard. Sementara Sociomile Voice merupakan platform yang menunjang interaksi pelanggan melalui panggilan suara. Platform turunan selanjutnya adalah Sociobot, software CRM berbasis artifical intelligence (AI) yang mempermudah pelanggan untuk berinteraksi secara tepat dan tanggap dengan perusahaan selama 24 jam.

Baca Juga: 7 Manfaat CRM Software untuk Menjaga Stabilitas Bisnis Jasa 

Manfaat Sociobot

Sembari memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, perusahaan dapat menggunakan teknologi berbasis AI untuk memudahkan pekerjaan mereka. Sociobot, salah satu software CRM yang dikembangkan Ivosights memiliki berbagai macam manfaat yang dapat dirasakan penggunanya, yaitu sebagai berikut:

  • Dapat Digunakan dalam Berbagai Jenis Kanal Digital

Sociobot dapat digunakan pada beberapa kanal digital seperti WhatsApp, Instagram, dan Web Chat. Akan tetapi, tim teknis akan mencoba membantu mengimplementasikan Sociobot pada kanal digital lain sesuai dengan permintaan perusahaan. Hal ini dapat mempermudah pelanggan untuk mendapatkan pelayanan contact center responsif yang sama, meskipun mengakses kanal digital yang berbeda.

  • Menghemat Waktu Pelanggan

Penggunaan teknologi berbasis AI pada software CRM memberikan keuntungan pada kedua belah pihak, baik perusahaan maupun pelanggan. Dengan menggunakan Sociobot, pelanggan akan menghemat waktu dan mendapatkan jawaban yang diinginkan dengan cepat. Sementara itu, perusahaan juga tidak perlu karyawan customer service juga tidak perlu kesusahan untuk terus melayani pelanggan dalam waktu dan kecepatan yang tinggi.

  • Meningkatkan Interaksi Pelanggan Hingga 21%

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dengan penghematan waktu yang cukup besar, pelanggan dapat mengalokasikan waktu tersebut untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Sehingga, interaksi dan pengalaman positif pelanggan akan meningkat. Dalam penggunaan Sociobot, interaksi pelanggan dapat meningkat hingga 21%.

  • Menghemat Biaya Pelayanan

Dengan kinerja teknologi yang kecepatan dan keefektifannya tidak dapat dibantah, perusahaan dapat menghemat biaya pelayanan. Perusahaan tidak perlu memperkerjakan customer service dalam jumlah yang tidak masuk akal banyaknya hanya karena ingin terus meningkatkan interaksi pelanggan. Melainkan, perusahaan dapat mengalokasikan biaya tersebut pada pengeluaran operasional bisnis lain atau meningkatkan produk dan layanan yang ada.

  • Meningkatkan Jumlah Penjualan

Meskipun sering dianggap sepele, customer relationship management dapat memengaruhi jumlah penjualan suatu perusahaan. Pelanggan yang merasa didengarkan, ditanggapi, dan diberikan pelayanan yang baik tentu tidak akan mudah berpaling pada produk atau layanan pada perusahaan lain. Oleh karena itu, dengan menggunakan software CRM seperti Sociobot, perusahaan dapat meningkatkan keuntungan.

  • Mendukung Lead Generation

Sociobot dapat membuah perusahaan mendukung lead generation. Hal ini mengacu pada memanfaatkan bantuan Sociobot untuk mengumpulkan data penting pelanggan pada situs web. Data yang dimaksud berupa alamat E-Mail, nomor telepon, hingga pemetaan audiens berdasarkan produk yang disuka atau tidak disukai.

  • Terintegrasi dengan Sistem Contact Center

Pada umumnya, sistem Sociobot memungkinkan pelanggan mendapatkan jawaban atas keresahannya dalam waktu cepat dan tepat. Akan tetapi, Sociobot menyediakan fitur yang terintegrasi dengan sistem contact center, yaitu sistem Sociomile. Sehingga, setiap pesan yang masuk pada Sociobot akan ditangani oleh bot. Sementara pertanyaan yang belum dapat dijawab oleh bot akan diteruskan langsung pada agen yang bekerja di Sociomile. Hal ini membuktikan bahwa Sociobot memiliki jangkauan yang luas dalam meningkatkan interaksi positif dengan pelanggannya.

Ingin Meningkatkan Customer Experience dengan Teknologi Berbasis AI? Segera Hubungi Ivosights!

Ivosights menghadirkan Sociobot, software CRM turunan dari Sociomile yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses contact center secara efisien, juga solusi bagi perusahan untuk membangun interaksi dengan pelanggan. Sociobot memiliki berbagai macam keunggulan dan sistem yang advanced. Selain itu, Sociobot juga terdiri dari proses integrasi dengan Sociomile, platform berisi dashboard yang memuat 13 kanal digital dan voice yang dapat digunakan dengan mudah oleh perusahaan. Tertarik dengan platform-platform berikut? Hubungi Ivosights untuk langkah menuju bisnis dengan operasional yang efektif dan efisien!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami