Di era digital seperti sekarang, media sosial menjadi salah satu alat yang paling efektif dalam membangun koneksi dengan pelanggan. Melalui media sosial, sebuah brand dapat berinteraksi dengan pelanggan secara langsung dan memperkuat hubungan dengan mereka. Namun, dengan banyaknya pilihan platform media sosial yang tersedia, menentukan platform mana yang tepat untuk digunakan dalam customer engagement bisa menjadi hal yang sulit. Dalam artikel ini, Ivosights akan memberikan tips-tips yang dapat membantu Anda menentukan platform media sosial yang tepat untuk customer engagement.

Pentingnya Media Sosial Dalam Customer Engagement

Media sosial telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, media sosial juga telah menjadi alat yang penting dalam strategi pemasaran dan customer engagement bagi banyak bisnis. Dengan jutaan pengguna media sosial aktif setiap hari, platform-media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan TikTok, dapat menjadi tempat yang ideal untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih kuat.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Merek Anda Ngehits di Media Sosial

Tips Menentukan Sosial Media yang Tepat Untuk Customer Engagement

#1 Tentukan Jenis Bisnis Anda Sebelum Mulai Menggunakan Media Sosial

Saat memilih platform media sosial untuk customer engagement, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah jenis bisnis Anda. Setiap jenis bisnis memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pilihlah platform yang cocok dengan jenis bisnis Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menentukan platform media sosial yang tepat berdasarkan jenis bisnis:

#2 Menentukan Media Sosial Berdasarkan Demografi Pelanggan

Selain jenis bisnis, demografi pelanggan juga perlu dipertimbangkan saat memilih platform media sosial untuk customer engagement. Setiap platform media sosial memiliki pengguna dengan karakteristik dan preferensi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, memahami demografi pelanggan Anda akan membantu Anda menentukan platform media sosial yang paling efektif dalam mencapai dan berinteraksi dengan pelanggan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menentukan platform media sosial yang tepat berdasarkan demografi pelanggan:

Baca Juga: Bukan Hanya Ada di Media Sosial, Kenali Jenis-jenis Buzzer Disini Yuk!

#3 Menentukan Media Sosial Berdasarkan Fitur Platform

Selain jenis bisnis dan demografi pelanggan, fitur platform media sosial juga perlu dipertimbangkan saat memilih platform untuk customer engagement. Setiap platform media sosial memiliki fitur yang berbeda dan mampu membantu Anda mencapai tujuan customer engagement yang berbeda pula. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menentukan platform media sosial yang tepat berdasarkan fiturnya:

Baca Juga: Engagement: Pengertian dan Strategi Menstimulasi di Media Sosial

Dapatkan Software Digital Monitoring Terbaik Hanya di Ivosights!

Anda bisa mendapatkan software analisis data yang komprehensif dan lengkap untuk data report bisnis dan sosial media di Ivosights! Ivosights menyediakan berbagai layanan terkait comprehensive analytics. Ivosights dapat membuat Anda lebih mudah memahami data dan juga dapat memberikan rekomendasi strategi yang tepat untuk kelangsungan bisnis Anda dengan bantuan tim Ivosights yang sudah berpengalaman melakukan analisa mendalam dari berbagai macam data.

Comprehensive analytics dari Ivosights hadir sebagai solusi yang dapat memudahkan Anda mengelola Big Data dan mendapatkan insights terbaik. Sebagai penyedia layanan Customer engagement terlengkap di bidang ini, Ivosights juga menyediakan layanan Ripple 10 yang dapat membantu Anda memenangkan kompetisi di pasar bisnis. 

Ripple 10 dapat menjadi mata-mata perusahaan Anda untuk mengetahui seperti apa sentimen warganet terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada mereka. Bahkan, lebih dari itu, Anda juga bisa mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral.