Efektif dan Efisien: BPO Contact Center untuk Bisnis Anda

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Kamis, 12 September 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center.
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center.

"Pahami apa itu contact center, jenis bisnis yang memerlukan contact center, hingga kriteria yang harus dimiliki sebagai penyedia layanan contact center."

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, efisiensi operasional dan efektivitas layanan pelanggan adalah kunci kesuksesan. Salah satu solusi yang terbukti ampuh dalam mencapai kedua tujuan tersebut adalah Business Process Outsourcing (BPO) untuk contact center. Dengan memanfaatkan layanan contact center, perusahaan dapat meningkatkan kualitas interaksi dengan pelanggan. Penasaran lengkapnya? Yuk, simak artikel ini!

Pengertian Contact Center

Contact center adalah pusat komunikasi yang mengelola interaksi antara perusahaan dan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti telepon, email, chat, dan media sosial. Berbeda dengan call center yang fokus hanya pada panggilan telepon, contact center menawarkan layanan yang lebih komprehensif dan multichannel. Tujuannya untuk menyediakan dukungan pelanggan yang efektif, menjawab pertanyaan, menyelesaikan masalah, dan memberikan informasi yang diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Apa Saja Kriteria Layanan Contact Center pada Bisnis?

Setelah mengetahui kegunaan dari layanan contact center itu sendiri, ternyata perusahaan atau bisnis wajib mengetahui kriteria yang cocok untuk menjalankan layanan contact center. Pastinya kriteria utama yang harus dimiliki suatu perusahaan adalah kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, apa saja yang harus diperhatikan? Simak di bawah ini!

  • Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Perlu diketahui untuk layanan contact center harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Kemampuan ini mencakup keterampilan berinteraksi dan mendengar dengan cermat. Sehingga, solusi yang perusahaan berikan melalui layanan ini tersampaikan dengan jelas kepada pelanggan.

  • Pengetahuan Produk Bisnis

Kemampuan memiliki pemahaman dari suatu produk perusahaan bisnis Anda adalah kunci penting untuk menjalankan layanan contact center. Kemampuan ini bisa berupa pemahaman tentang fitur hingga manfaat produk. Dengan ini, perusahaan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan pada produk bisnis yang dipasarkan.

  • Siap Sedia di Bawah Tekanan

Sebagai perusahaan yang ingin menyediakan layanan contact center wajib mempersiapkan pekerja yang siap mengatasi masalah di bawah tekanan yang cukup intense. Mengapa demikian? Sering ditemui banyak keluhan dengan nada bicara yang santai hingga nada bicara yang tinggi untuk mengekspresikan kendala yang dialami oleh pelanggan. Maka dari itu, para penyedia layanan contact center harus siap sedia menangani hal ini.

Baca Juga: Memahami Sistem Queuing di Contact Center

Jenis Bisnis yang Dianjurkan Memiliki Layanan Contact Center

Dengan beragamnya kegunaan dan kriteria yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan bisnis, berikut jenis-jenis bisnis yang disarankan memiliki layanan contact center untuk meningkatkan value perusahaan Anda. Lengkapnya ada di bawah ini:

  • Industri Keuangan

Perusahaan atau industri keuangan ini jadi salah satu perusahaan yang perlu memiliki layanan contact center. Perusahaan ini dapat berupa bank, yang mana dengan layanan contact center ini pelanggan yang memiliki pertanyaan tentang pembukaan rekening dan kendala lainnya dapat terpenuhi. Dengan layanan ini, pelanggan bisa langsung menghubungi melalui panggilan telepon, SMS, maupun email untuk mengatasi permasalahan yang ada.

  • E-commerce (Penjualan Online)

Perusahaan selanjutnya yang perlu memiliki layanan contact center adalah perusahaan bisnis yang memperjualkan produk mereka secara online. Sering Anda temui bahwa industri atau perusahaan yang berbasis online pastinya hanya memiliki satu cara dalam berkomunikasi dengan pelanggannya yaitu, layanan contact center. Karena, layanan contact center merupakan salah satu layanan berbasis online.

  • Industri Kesehatan

Industri kesehatan juga membutuhkan layanan contact center. Mengingat industri ini sering menerima panggilan dari pelanggan, yaitu pasien, pada waktu-waktu yang tidak terduga, maka sangat wajar jika layanan contact center sangat diperlukan untuk memberikan layanan pelanggan selama 24 jam.

  • Perusahaan Jasa Telekomunikasi

Perusahaan jasa telekomunikasi sangat membutuhkan layanan contact center untuk memastikan pelayanan pelanggan yang optimal dan responsif. Dalam industri yang bergerak cepat seperti telekomunikasi, pelanggan sering menghadapi berbagai masalah, mulai dari gangguan jaringan hingga pertanyaan mengenai tagihan. Layanan ini berperan penting sebagai garda terdepan dalam menjawab dan menyelesaikan berbagai keluhan serta permintaan pelanggan secara efisien. 

Contact Center yang Efektif dan Efisien: BPO Contact Center dari Ivosights!

Dengan menerapkan layanan contact center yang efektif dan efisien, perusahaan dapat meningkatkan kualitas interaksi dengan pelanggan, memastikan kepuasan, dan loyalitas yang lebih tinggi. Lebih menarik lagi ada, BPO Contact Center dari Ivosights yang dapat membawa bisnis anda menuju kesuksesan. Layanan BPO Contact Center dari Ivosights, merupakan layanan terlengkap dengan penyedia operasional sampai teknologi paling optimal. Tunggu apa lagi, yuk hubungi Ivosights dan dapatkan BPO Contact Center nya sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami