9 Manfaat Penerapan Sesi Training Agen Melalui BPO Contact Center

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Selasa, 11 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstrock

"Pelatihan atau training agen contact center memiliki pengaruh positif pada operasional contact center perusahaan. Simak ulasannya di sini."

Dalam era digital yang terus berkembang, keberhasilan perusahaan dalam menjaga kualitas layanan pelanggan sangat dipengaruhi oleh kinerja agen contact center. Salah satu strategi yang semakin populer untuk meningkatkan kompetensi agen adalah melalui Business Process Outsourcing (BPO) contact center. BPO contact center tidak hanya memberikan solusi efektif untuk menangani volume panggilan yang tinggi, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat tambahan melalui sesi training khusus untuk para agen. Penerapan sesi training yang terstruktur dan berkelanjutan melalui BPO contact center dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perusahaan. Dengan pelatihan yang tepat, agen tidak hanya menjadi lebih terampil dalam menangani berbagai situasi, tetapi juga lebih siap dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. 

Apa itu Contact Center? 

Contact center merupakan aspek penting dalam operasional bisnis. Dengan adanya contact center, perusahaan dan pelanggan dapat berkomunikasi dengan lancar. Pelanggan dapat menanyakan informasi terkait produk dan layanan, menyampaikan keluhan dan saran, hingga meminta dukungan. Tak hanya itu, perusahaan dapat melakukan promosi, menawarkan penawaran, dan menyebarkan informasi melalui contact center.

Untuk memiliki sistem contact center komprehensif dan ideal, perusahaan perlu menggunakan software pendukung dan agen yang kompeten. Beberapa perusahaan kerapkali mengadakan training atau pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para agen contact center-nya. Pelatihan ini dapat berupa memberikan modul pembelajaran, kelas virtual, praktek dan simulasi, hingga evaluasi serempak. Pelatihan ini dapat mendongkrak kemampuan dan pemahaman agen contact center menjadi lebih tinggi lagi.  

Baca Juga: Optimalisasi Contact Center Bisnis dengan Bantuan Help Desk Management 

Manfaat Penerapan Sesi Training Agen Contact Center

  • Peningkatan Kualitas Layanan

Agen yang terbukti terlatih dengan baik dapat memberikan layanan yang berkualitas, sehingga dapat membantu meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

  • Konsistensi di Seluruh Interaksi Contact Center

Dengan mengadakan pelatihan contact center, perusahaan dapat memastikan bahwa semua agen mengikuti prosedur dan standar yang konsisten di seluruh contact center. Sehingga, pelanggan bisa mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang konsisten.

  • Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Training atau pelatihan agen contact center dapat melatih agen untuk menangani pertanyaan pelanggan dengan efisien, mengurangi waktu penanganan, dan meningkatkan produktivitas agen.

  • Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Sesi pelatihan agen contact center dapat membantu agen memiliki keterampilan menyelesaikan masalah secara lebih efektif, solutif, dan dalam jangka waktu yang lebih cepat.

  • Meningkatkan Kemampuan Manajemen Risiko

Pelatihan agen contact center yang diadakan perusahaan dapat berperan menuntun agen mengetahui persyaratan, peraturan, dan kebijakan perusahaan. Sehingga, mengurangi risiko ketidakpatuhan atau ketidaksesuaian agen dengan peraturan terkait.

  • Memupuk Keterampilan Komunikasi yang Baik

Program pelatihan yang diadakan perusahaan dapat membantu agen meningkatkan keterampilan komunikasi. Dikarenakan komunikasi merupakan aspek terpenting dalam operasional contact center. Selain kemampuan berinteraksi, pelatihan juga berfungsi membantu agen berempatik dengan pelanggannya.

  • Melatih Fleksibilitas

Agen contact center yang terlatih terbukti dapat beradaptasi lebih mudah di antara perubahan volume bisnis atau perubahan sistem operasional perusahaan. Sehingga, mendukung agen untuk jauh lebih fleksibel dalam mengerjakan pekerjaannya.

  • Mengurangi Biaya Operasional

Agen yang memiliki kemampuan yang mumpuni dapat menangani lebih banyak panggilan dalam waktu singkat. Sehingga, perusahaan dapat mengurangi kebutuhan staf tambahan. Oleh sebab itu, biaya operasional dapat menurun secara keseluruhan.

  • Meningkatkan Citra Brand

Interaksi agen contact center dan pelanggan yang berkualitas dan konsisten dapat membantu meningkatkan reputasi perusahaan. Reputasi yang baik berpengaruh menghasilkan citra brand secara positif dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Baca Juga: 6 Manfaat Integrasi WhatsApp Business API dan Software Contact Center 

BPO Contact Center dari Ivosights: Penyedia Agen Kompeten dan Sistem Training Komprehensif untuk Optimalisasi Bisnis!

Ivosights merupakan BPO contact center yang menyediakan teknologi dan fitur terpadu, infrastruktur, serta agen berkualitas dan profesional. Didapuk sebagai penyedia teknologi contact center terlengkap, Ivosights dapat membantu Anda untuk menjaga bisnis tetap terhubung dengan pelanggan dengan software yang disediakannya. Tak hanya itu, Ivosights juga menyediakan sistem rekrutmen dan seleksi karyawan contact center, mengadakan pelatihan, dan menyediakan penilaian keterampilan kerja para agennya. Tertarik? Segera bergabung sebagai mitra Ivosights untuk mendapatkan dukungan layanan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami