7 Cara Menjaga Agen Contact Center Termotivasi dan Prima dalam Bekerja

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Jumat, 21 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstrock

"Temukan tujuh cara efektif untuk menjaga agen contact center tetap termotivasi dan prima dalam kinerja mereka sehari-hari."

Agen contact center memegang peran krusial dalam memastikan pengalaman positif pelanggan. Namun, pekerjaan ini sering kali menghadapi tantangan yang dapat mempengaruhi motivasi dan kinerja agen. Untuk memastikan agen tetap prima dan berkinerja tinggi, perlu adanya strategi yang tepat dalam manajemen motivasi dan dukungan. Artikel ini akan mengulas tujuh cara efektif untuk menjaga agen contact center termotivasi, meningkatkan produktivitas, serta memastikan kualitas layanan yang konsisten. Dari pengembangan keterampilan hingga pengakuan atas prestasi, setiap langkah ini dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung keberhasilan agen dan kesuksesan keseluruhan perusahaan.

Apa itu Contact Center? 

Contact center merupakan unit dalam operasional bisnis yang bertugas melayani pihak eksternal, seperti konsumen. Layanan yang dimaksud mencakup menjawab pertanyaan, menerima dan menangani keluhan konsumen, memandu konsumen dalam melakukan transaksi, serta membantu menyelesaikan masalah konsumen lainnya. Untuk menciptakan sistem contact center optimal, beberapa perusahaan memerlukan bantuan pihak ketiga, yaitu jasa Business Process Outsourcing (BPO).  Jasa ini biasanya menyediakan software pendukung contact center, teknologi pendukung, infrastruktur, hingga penyediaan agen contact center.

Baca Juga: Definisi dan Manfaat Omni-channel Contact Center 

Cara Menjaga Agen Contact Center Termotivasi

  • Menyediakan Pelatihan Komprehensif

Perusahaan dapat menyediakan pelatihan komprehensif bagi agen contact center untuk membekali agen dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk dapat unggul di pekerjaannya. Pengadaan pelatihan yang berkelanjutan dapat membuat agen contact center percaya diri dan kompeten.

  • Menetapkan Jenjang Karier yang Jelas

Perusahaan dapat menjelaskan garis besar jalur yang jelas bagi agen contact center untuk memastikan agen dapat merasa termotivasi. Perusahaan dapat membuka kesempatan untuk agen contact center dalam mengambil peran kepemimpinan atau transisi ke departemen lain dalam perusahaan. 

  • Tawarkan Kompensasi dan Manfaat yang Kompetitif

Selanjutnya, perusahaan dapat memastikan bahwa agen mendapatkan kompensasi yang adil untuk pekerjaan mereka. Alangkah lebih baiknya jika perusahaan dapat menawarkan paket manfaat yang kompetitif, seperti insentif bonus, komisi, atau lainnya.

  • Ciptakan Lingkungan Kerja Sehat

Lingkungan kerja yang apresiatif dan inklusif merupakan impian bagi semua orang, terutama agen contact center. Dengan menciptakan lingkungan yang saling menghargai, menghormati, dengan komunikasi terbuka, agen contact center dapat bekerja dengan aman dan nyaman.

  • Utamakan Work-Life Balance

Keseimbangan pekerjaan dan kehidupan atau work-life balance sangatlah penting dipertimbangkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengakui pentingnya aspek ini untuk menjaga batas yang sehat antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Perusahaan dapat menawarkan opsi penjadwalan fleksibel, cuti berbayar, dan tunjangan lain yang dapat mendukung kesejahteraan karyawan.

  • Terapkan Sistem Kerja Apresiatif

Mengakui dan merayakan pencapaian dan kontribusi agen contact center merupakan hal yang dapat meningkatkan motivasi dan kenyamanan agen contact center pada tempatnya bekerja. Oleh sebab itu, perusahaan dapat terus menjaga sistem itu dengan memberikan apresiasi selama rapat tim, memberikan penghargaan karyawan bulanan, atau bentuk pengakuan lainnya.

  • Berinvestasi dalam Teknologi dan Alat

Terakhir, untuk memastikan agen contact center selalu termotivasi, perusahaan dapat berinvestasi dalam teknologi dan alat pendukung sistem contact center. Alat dan teknologi pendukung ini bermanfaat untuk merampingkan alur kerja agen contact center dan meningkatkan produktivitas. 

Baca Juga: 9 Manfaat Penerapan Sesi Training Agen Melalui BPO Contact Center

BPO Contact Center dari Ivosights: Solusi Menciptakan dan Melatih Agen Contact Center Termotivasi!

Ivosights merupakan BPO contact center yang menyediakan teknologi dan fitur terpadu, infrastruktur, serta agen berkualitas dan profesional. Dinobatkan sebagai penyedia teknologi contact center paling lengkap, Ivosights siap membantu Anda menjaga bisnis tetap terhubung dengan pelanggan. Dengan demikian, operasional inbound maupun outbound dapat berjalan lancar. Ivosights juga menyediakan agen serta sistem pelatihan dengan kurikulum yang jelas dan sesuai dengan kriteria agen contact center bisnis. Tertarik? Segera bergabung sebagai mitra Ivosights untuk mendapatkan dukungan layanan terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami