Apakah Command Center Bisnis sama dengan Command Center Militer?

Command Center Provider


Penulis : Administrator - Rabu, 05 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.

"Command center bisnis dan command center militer memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan yang membuatnya menonjol adalah perbedaan tujuan penggunaannya."

Command center merupakan suatu pusat pengendalian yang bertujuan untuk mengkoordinasikan dan mengawasi operasional dalam suatu organisasi. Command center dapat ditemukan di berbagai sektor, termasuk sektor bisnis dan militer. Meskipun memiliki kesamaan dalam konsep dasarnya, command center bisnis dan command center militer memiliki perbedaan dalam konteks fungsi dan penggunaannya. Perbedaan konteks penggunaan ini juga dapat mengubah perangkat-perangkat teknologi di dalamnya.

Pengertian Command Center

Command center adalah suatu pusat pengendalian yang berfungsi sebagai titik koordinasi, pemantauan, dan pengambilan keputusan dalam operasional suatu organisasi. Di dalam command center, terdapat berbagai teknologi dan sistem yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyampaikan informasi secara real-time. Command center berperan dalam mengkoordinasikan aktivitas, mengendalikan risiko, dan memberikan respons yang efektif dalam situasi darurat atau keadaan yang kompleks.

Baca juga: Yuk, Intip Cara Kerja Command Center

Fungsi Command Center secara General

Fungsi utama dari command center, baik dalam konteks bisnis maupun militer, adalah memastikan koordinasi yang efektif, pemantauan yang akurat, dan pengambilan keputusan yang tepat waktu. Beberapa fungsi command center secara umum meliputi.

  • Pengumpulan dan pemantauan informasi

Command center mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang situasi yang sedang terjadi. Informasi tersebut kemudian dipantau secara real-time agar dapat memberikan pembaruan yang akurat kepada pihak terkait.

  • Koordinasi operasional

Command center menjadi pusat koordinasi untuk menghubungkan berbagai unit atau departemen dalam organisasi. Hal ini memungkinkan kolaborasi dan komunikasi yang efektif antar tim untuk mencapai tujuan bersama.

  • Pengendalian dan pemantauan logistik

Command center bertanggung jawab dalam mengendalikan dan memantau aspek logistik, termasuk pemantauan stok, distribusi, pengadaan, dan pengaturan sumber daya yang diperlukan dalam operasional organisasi.

  • Pengambilan keputusan

Command center menjadi tempat pengambilan keputusan yang strategis berdasarkan informasi dan analisis yang diperoleh. Keputusan yang diambil harus didasarkan pada pemahaman yang komprehensif tentang situasi dan tujuan organisasi.

  • Pelaporan dan komunikasi

Command center menyediakan saluran komunikasi yang efektif antara berbagai pihak terkait. Pelaporan dilakukan secara sistematis untuk memberikan pembaruan kepada pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal.

Perbedaan Command Center Bisnis dengan Command Center Militer

Meskipun command center bisnis dan command center militer memiliki konsep dasar yang sama, terdapat perbedaan penting antara keduanya. Beberapa perbedaan tersebut antara lain.

  • Konteks penggunaan

Command center bisnis digunakan dalam konteks operasional perusahaan, di mana fokus utamanya adalah pengelolaan operasional, pemantauan bisnis, dan pengambilan keputusan yang terkait dengan keberlanjutan dan keuntungan organisasi. Sementara itu, command center militer digunakan dalam konteks pertahanan dan keamanan negara, di mana fokusnya adalah pengendalian dan pemantauan operasi militer serta pengambilan keputusan strategis dalam taktik dan strategi pertempuran.

  • Lingkup tugas

Command center bisnis lebih fokus pada pemantauan kinerja bisnis, pengelolaan risiko, dan pengambilan keputusan operasional yang terkait dengan efisiensi, produktivitas, dan keberlanjutan organisasi. Di sisi lain, command center militer memiliki tanggung jawab yang lebih luas, termasuk pemantauan situasi di lapangan, pengendalian operasi militer, pengawasan taktik dan strategi, serta pengambilan keputusan yang mempengaruhi keberhasilan misi militer.

Baca juga: 4 Teknologi Ini Dapat Diterapkan dalam Layanan Command Center!

  • Sifat dan skala keadaan darurat¬†

Command center bisnis biasanya menghadapi keadaan darurat yang bersifat terbatas dan dapat dikelola dalam skala organisasi sendiri. Contohnya, kegagalan sistem teknologi atau bencana hal-hal lokal. Di sisi lain, command center militer seringkali menghadapi keadaan darurat yang bersifat luas dan kompleks, seperti konflik bersenjata atau bencana yang melibatkan skala nasional atau bahkan internasional.

  • Teknologi dan sistem yang digunakan

Teknologi dan sistem yang digunakan dalam command center bisnis cenderung berfokus pada pengelolaan data bisnis, analisis prediktif, dan pemantauan kinerja organisasi. Sementara itu, command center militer menggunakan teknologi dan sistem yang dirancang khusus untuk mendukung operasi militer, termasuk pemantauan intelijen, pengaturan komunikasi taktis, dan pemantauan situasi lapangan secara real-time.

Dapatkan Sistem Command Center terbaik di Indonesia

Command center bisnis dan command center militer memiliki konsep dasar yang serupa dalam hal fungsi pengendalian dan koordinasi operasional. Namun, perbedaan utama terletak pada konteks penggunaan, lingkup tugas, sifat dan skala keadaan darurat yang dihadapi, serta teknologi dan sistem yang digunakan. Command center bisnis lebih fokus pada operasional perusahaan, sementara command center militer berfokus pada keamanan dan pertahanan negara. Meskipun ada perbedaan ini, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu memastikan koordinasi yang efektif, pemantauan yang akurat, dan pengambilan keputusan yang tepat waktu.

Penyedia teknologi juga mempengaruhi keberhasilan keberadaan command center. Jika semua teknologi sudah siap sedia namun teknologi yang ada tidak andal, maka akan menjadi percuma saja. Dukungan teknis penyedia command center juga diperlukan. Maka, Anda juga harus memperhatikan penyedia command center juga. Salah satu penyedia command center terbaik dan terpercaya adalah Ivosights. Ivosights sudah memiliki lebih dari 500 mitra bisnis dan sudah memiliki berbagai sertifikasi untuk produk-produk nya. Jasa command center yang disediakan Ivosights memiliki berbagai macam kelebihan dalam layanan, desain interior, desain hardware, penyediaan data dari berbagai sumber, dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi Ivosights segera! 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami