5 Alasan Mengapa Email Marketing Itu Penting

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 07 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.

"Email marketing merupakan strategi untuk melakukan promosi dan penjualan serta memberikan berbagai informasi terkait perusahaan"

Mungkin Anda beranggapan bahwa melakukan kegiatan marketing pada email atau email marketing merupakan aktivitas yang sudah ketinggalan zaman, bahkan sudah mati. Namun nyatanya, masih banyak perusahaan yang menggunakan strategi ini untuk melakukan promosi dan penjualan serta memberikan informasi terkait perusahaan. Cara ini seharusnya lebih efektif dibandingkan dengan Anda mengirim brosur ke rumah-rumah pelanggan. Melihat banyaknya manfaat email marketing, sebenarnya seberapa penting email marketing bagi perusahaan? Untuk itu, pada artikel kali in akan dibahas beberapa alasan mengapa email marketing penting bagi perusahaan.

#1 Mudah Menjangkau Pelanggan

Salah satu alasan mengapa email marketing begitu penting karena caranya yang begitu mudah dalam menjangkau pelanggan. Anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya hanya untuk mengakses email ini. Tak hanya itu, email ini memiliki fungsi lebih luas dibandingkan dengan SMS atau brosur, karena ruangnya yang lebih luas untuk menjabarkan sebuah konten tentang produk atau jasa.

#2 Efektif dalam Menyampaikan Informasi

Email merupakan cara yang cukup efektif dalam menyampaikan informasi ke pelanggan. Cara ini terbilang sangat efektif untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Banyak pelanggan yang mencari-cari informasi email marketing campaign terkait dengan produk yang mereka sukai. Biasanya, para pelanggan juga mengharapkan kupon promo yang terdapat pada email marketing. Selain itu, email marketing juga bisa Anda gunakan untuk mengirimkan konten ke pelanggan.

#3 Kupon Belanja melalui Email akan Meningkatkan Penjualan

Banyak orang yang melakukan subscribe ke email tertentu untuk mendapatkan kupon belanja atau kode promo yang nantinya bisa mereka pakai. Hal ini didasari dengan keuntungan yang mereka dapatkan ketika berlangganan dengan perusahaan tertentu. Biasanya, perusahaan akan mengirimkan kupon diskon pada produk tertentu bagi mereka yang melakukan subscribe, hal ini yang menjadi salah satu alasan pelanggan berlangganan kepada Anda. Ini juga akan meningkatkan penjualan.

#4 Mudah Diintegrasikan

Menggunakan email untuk keperluan marketing bersifat fleksibel dan ini merupakan poin penting bagi pelaku bisnis. Namun, ini juga tergantung bagi kemampuan tim Anda dalam mengelola email. Kemudahan ini membuat Anda bebas mengemas produk atau jasa untuk dipasarkan melalui email.

#5 Biaya Murah

Penggunaan email marketing memerlukan biaya yang tidak banyak alias murah. Saat membuka email, Anda tidak harus mengeluarkan uang sepeserpun. Hal ini juga yang menjadi alasan bisnis-bisnis kecil tidak melakukan pemasaran melalui TV, radio, dan sebagainya.

Itu dia alasan mengapa email marketing itu penting bagi bisnis. Penggunaan Email Marketing sangat fleksibel karena mudah dalam menjangkau pelanggan, efektif dalam memberikan informasi, dapat meningkatkan penjualan karena adanya kupon melalui email, mudah diintegrasikan, dan biayanya yang sangat murah. Semoga artikel ini bisa membantu Anda ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami