Yuk, Kenali Macam-Macam Chatbot!

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 30 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.

"Chatbot memiliki beberapa macam tipe. Yuk, kenali jenis dan fungsinya dalam artikel ini"

Chatbot merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang dibuat manusia untuk melancarkan komunikasi dua arah secara cepat dan tepat. Teknologi chatbot yang satu ini banyak diandalkan oleh pemilik bisnis untuk usaha mereka agar tetap lancar dan sukses. Tanpa adanya chatbot, perusahaan akan kesulitan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan para pelanggan. Chatbot memiliki beberapa jenis dan tipe sehingga bisa disesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalani. Yuk, kenali macam-macam chatbot dalam artikel di bawah ini!

Apa Itu Chatbot?

Chatbot sering digambarkan sebagai salah satu ekspresi interaksi paling canggih dan menjanjikan antara manusia dan mesin. Asisten digital ini merampingkan interaksi antara orang dan layanan, meningkatkan pengalaman pelanggan. Pada saat yang sama, mereka menawarkan peluang baru kepada perusahaan untuk merampingkan proses keterlibatan pelanggan demi efisiensi yang dapat mengurangi biaya dukungan tradisional. Chatbot dapat meningkatkan dan melibatkan interaksi pelanggan dengan sedikit campur tangan manusia. Ini menghilangkan hambatan untuk dukungan pelanggan yang dapat terjadi ketika permintaan melebihi sumber daya.

Jenis-Jenis Chatbot

  • Bot Suara

Bot suara adalah saluran komunikasi suara-ke-teks dan teks-ke-ucapan yang didukung oleh AI dan pemahaman bahasa alami (NLU). Teknologi AI membantu mengidentifikasi sinyal ucapan utama dan menentukan respons percakapan yang optimal. Mesin text-to-speech (TTS) kemudian menyelesaikan interaksi dengan mengubah pesan menjadi audio atau suara.

Baca Juga: Mengenal Chatbot dari Fungsi dan Cara Kerjanya

lebih lanjut, bot yang satu ini diprogram untuk menyelesaikan seluruh pemahaman ucapan dan proses respons dengan cara yang mirip manusia. Asisten suara atau pengisi suara chatbot menyediakan model komunikasi canggih yang dapat dengan cepat diterapkan ke berbagai alat layanan pelanggan.

  • Chatbot Perpesanan Sosial

Dengan munculnya antarmuka media sosial baru, perusahaan saat ini dapat menerapkan algoritma AI di semua platform perpesanan pilihan pelanggan mereka. Ini termasuk Facebook Messenger, Twitter, Instagram, serta aplikasi perpesanan seperti WhatsApp Business. Ini memungkinkan pengalaman daring yang lebih menyenangkan bagi pelanggan dan peningkatan keterlibatan bagi perusahaan dan hal-hal lainnya tanpa menambah beban kerja pusat kontak.

  • Chatbot Berbasis Menu

Jenis chatbot yang paling dasar yang digunakan adalah yang didasarkan pada navigasi berbasis menu. Seringkali, chatbot ini mengikuti apa-apa saja yang menjadi keputusan tetap yang ditampilkan kepada konsumen dalam bentuk tombol yang dapat diklik. Chatbot ini (seperti menu dial pad otomatis pada telepon yang biasa kita gunakan) meminta pengguna untuk membuat beberapa pilihan dan mengklik opsi yang sesuai untuk mendapatkan solusi akhir.

Meskipun chatbot ini memadai untuk menjawab pertanyaan umum, yang menjelaskan sebagian besar permintaan dukungan, mereka mungkin gagal dalam skenario yang lebih rumit. Jika ada terlalu banyak elemen atau terlalu banyak keahlian yang dimainkan, chatbot berbasis menu mungkin tidak dapat membantu pengguna mendapatkan respons yang tepat. Penting juga untuk dicatat bahwa chatbot berbasis menu adalah yang paling lambat untuk memberikan nilai asli kepada konsumen, tetapi sederhana dan terjangkau untuk memulai.

Baca Juga: Tambah Fitur Chatbot pada Aplikasi Tracking Ibadah, Apa Manfaatnya?

  • Chatbot Berbasis Kata Kunci

Chatbot berbasis kata kunci dapat mendengarkan apa yang dimasukkan dan dijawab pengunjung dengan benar, tidak seperti chatbot berbasis menu. Chatbot ini menggunakan kata kunci dan NLP yang dapat disesuaikan untuk mendeteksi pemicu tindakan dalam percakapan untuk memahami cara merespons konsumen dengan tepat.

Andalkan SocioBot untuk Bisnis yang Lebih Maju dan Lancar

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Salah satu produk yang kami tawarkan adalah solusi ChatBot berbasis AI terdepan & terjangkau untuk memuaskan pelanggan Anda. Asisten obrolan otomatis yang berbasis 24x7 langsung ke pelanggan Anda dengan SocioBot tanpa batasan! Menyediakan platform tunggal untuk berinteraksi dengan multi saluran online, SocioBot menggunakan teknologi NPL untuk self-learning process. Dengan SocioBot, Anda akan mendapatkan layanan survey, reservasi, appointment dokter, dan masih banyak lagi! Yuk, segera hubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan SocioBot untuk bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami