Cara Sukses Agar Pelanggan Merespon Telesurvey!

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 16 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Respon pelanggan dalam telesurvey merupakan hal yang paling diinginkan oleh perusahaan. Yuk, simak cara sukses agar telesurvey direspon pelanggan"

Pelanggan memiliki tingkatan tertinggi dalam perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak pada penjualan produk dan layanan jasa. Mengapa begitu? Hal ini karena pelangganlah yang memiliki banyak kuasa untuk mengendalikan pembelian produk dan peningkatan minat yang ada di masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan telesurvey agar perusahaan bisa mendapatkan banyak keuntungan dalam penjualan yang mereka lakukan.

Telesurvey dan Manfaatnya

Telesurvey merupakan suatu kegiatan yang berguna untuk memantau tingkat kepuasan pelanggan terhadap suatu produk dan layanan jasa perusahaan melalui panggilan telepon. Kegiatan yang satu ini merupakan kegiatan yang dikendalikan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu dan pada waktu-waktu tertentu untuk melihat respon dan kepuasan pelanggan terhadap suatu produk atau layanan jasa.

Telesurvey sendiri merupakan kegiatan yang hanya berlangsung sebentar karena ada batasan waktu yang harus diikuti oleh agen perusahaan. Tanpa telesurvey, perusahaan akan kesulitan membangun interaksi dengan para pelanggan dan akan kesulitan melihat apa preferensi mereka terhadap suatu hal yang kurang berkenan dalam produk yang telah dipasarkan.

Baca Juga: Telesurvey: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Agen telesurvey memegang peranan yang sangat penting karena mereka akan membuat interaksi yang cukup sering dengan pelanggan serta untuk menanyakan pertanyaan seputar perusahaan. Agen telesurvey juga akan membuat riset terhadap pelanggan untuk dijadikan calon responden sehingga mereka akan mendapatkan banyak kemungkinan panggilan telepon yang dikirimkan direspon oleh para pelanggan. 

Kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat bagi perusahaan dan pelanggan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

  • Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Interaksi bersama dengan pelanggan adalah sebuah hal yang paling dinantikan oleh perusahaan. Hal ini disebabkan karena adanya interaksi akan menciptakan kepercayaan dari pelanggan yang tentunya akan membuat pelanggan membeli produk dan layanan jasa yang dimiliki oleh perusahaan. Untuk itu, salah satu manfaat yang dimiliki oleh telesurvey adalah untuk membangun interaksi dengan para pelanggan.

  • Sebagai Sumber Keluhan dan Saran

Pelanggan tentu saja memiliki beberapa keluhan dan saran yang ingin mereka sampaikan kepada perusahaan. Hal ini menjadi salah satu peluang agar perusahaan bisa mendapatkan masukan yang membangun dari para pelanggan yang setia sehingga bisa menciptakan beberapa interaksi positif antara kedua belah pihak. Untuk itu, salah satu manfaat lainnya dari kegiatan telesurvey ini adalah sebagai sumber keluhan dan saran bagi pelanggan.

  • Menjadi Salah Satu Platform Promosi

Selain untuk melakukan survei, salah satu manfaat yang dimiliki oleh kegiatan telesurvey adalah untuk menjadi salah satu platform promosi terjitu untuk melakukan promosi secara terselubung. Setelah melakukan survei, agen telesurvey dapat memberikan promosi terhadap produk atau layanan jasa yang terbaru kepada pelanggan sehingga mereka dapat secara nyata mengetahui  produk terbaru perusahaan.

Cara Agar Kegiatan Telesurvey Direspon Pelanggan

Ada kalanya kegiatan telesurvey sulit untuk mendapatkan respon pelanggan. Yuk, simak beberapa cara agar kegiatan telesurvey direspon pelanggan:

  • Menelepon Di Waktu yang Tepat

Salah satu alasan mengapa banyak kegiatan telesurvey yang tidak direspon adalah karena agen perusahaan menelepon di waktu yang tidak tepat. Hal ini bisa karena mereka menelepon pada waktu sibuk bekerja atau bahkan saat pelanggan sedang istirahat. Jika pegawai perusahaan melakukan hal ini, bagaimana mereka akan mendapatkan jawaban yang memuaskan dari para pelanggan? Hal ini harusnya menjadi pengawasan ketat agar kegiatan telesurvey dapat berjalan dengan semestinya. Selain itu, menelepon di waktu yang tepat menandakan sebuah keprofesionalan dari sebuah perusahaan.

Baca Juga: 5 Tips Memastikan Responden Jujur dalam Telesurvey

  • Meriset Terlebih Dahulu Calon Responden

Jika Anda ingin perusahaan mendapatkan banyak responden yang memiliki jawaban yang memuaskan, risetlah terlebih dahulu calon responden sebelum melakukan telesurvey. Menelepon orang asal-asalan tidak akan membuahkan hasil yang baik meskipun perusahaan Anda sudah memiliki kepopuleran yang baik di mata masyarakat.

  • Melakukan Penyebaran Info Terlebih Dahulu

Salah satu cara jitu terbaik agar kegiatan ini bisa direspon pelanggan adalah memberikan penyebaran informasi mengenai kegiatan ini di internet. Anda bisa memanfaatkan web atau media sosial perusahaan untuk mengirimkan info bahwa akan ada kegiatan telesurvey yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Gunakanlah WhatsApp Business!

Ingin melakukan telesurvey dengan gaya berbeda yang lebih baik? Ivosights menyarankan Anda untuk melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business! Kami memiliki layanan WhatsApp Business API yang sangat cocok untuk kegiatan ini. Memiliki fitur yang beragam, kegiatan telesurvey tentunya menjadi lebih menarik dan mampu menarik banyak responden dan membuahkan jawaban yang memuaskan. Tunggu apalagi? Yuk, hubungi call center kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami