9 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Evaluasi Chatbot WhatsApp Business API

Sociomile

,

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 05 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Supaya chatbot WhatsApp Business API berjalan maksimal, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan evaluasi di akhir"

Sebagian besar pelanggan bisnis tentunya berharap untuk mendapatkan layanan pelanggan yang cepat, responsif, dan mudah diakses. Berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik juga berdampak pada meningkatnya kepuasan pelanggan bisnis Anda. Sebagai salah satu solusi terhadap permasalahan ini, banyak bisnis yang menyediakan layanan pelanggan lebih baik berupa layanan chatbotChatbot ini bisa diimplementasikan juga ke sejumlah pada platform komunikasi, salah satunya adalah WhatsApp Business API. Di samping mempertimbangkan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, Anda juga harus melakukan evaluasi secara rutin terhadap penerapan chatbot WhatsApp Business API. Apa saja yang harus dibicarakan saat evaluasi tersebut? Simak artikel di bawah ini untuk lebih lanjutnya.

Pengertian dari WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan sebuah platform yang memungkinkan pihak bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggannya melalui aplikasi WhatsApp. Dengan memanfaatkan teknologi API, sebagian besar interaksi dengan pelanggan dapat dilakukan otomatis melalui layanan ini. 

Kenali Definisi dari Layanan Chatbot

Sementara itu, chatbot adalah sebuah program komputer yang mampu merespons pesan-pesan pelanggan dengan cepat dan akurat. Adanya layanan ini dapat membantu meningkatkan efisiensi layanan pelanggan dalam bisnis serta memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan.

Mengapa Anda Perlu Mengaplikasikan Chatbot pada WhatsApp Business API?

Inilah berbagai alasan mengapa Anda perlu mengaplikasikan chatbot pada WhatsApp Business API:

  • Kemudahan dan Keterjangkauan

Mengaplikasikan layanan ini pada WhatsApp Business API memberikan kemudahan bagi Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan bisnis. Melalui platform ini, pelanggan dapat mengajukan pertanyaan atau mendapatkan informasi kapan saja mereka inginkan.

  • Respon Cepat 24 Jam

Chatbot mampu memberikan respon secara instan dan tersedia selama 24 jam. Hal ini dapat membantu pelanggan yang memiliki kendala yang mendesak di luar jam operasional bisnis.

  • Skalabilitas dan Efisiensi

Chatbot WhatsApp Business API dapat mengatasi banyak permintaan dari pelanggan secara bersamaan tanpa mengalami kelelahan atau kesalahan.

  • Personalisasi dan Interaksi yang Lebih Baik

Dengan teknologi artificial intelligence, layanan ini dapat memahami preferensi pelanggan dan memberikan respon secara lebih personal berdasarkan riwayat interaksi pelanggan sebelumnya.

  • Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Lalu, layanan chatbot WhatsApp Business API dapat membantu mengarahkan pelanggan menuju produk atau layanan sesuai dengan kebutuhannya. Chatbot juga mampu menampilkan informasi produk, membantu proses pembelian, dan memberikan rekomendasi pada pelanggan. Hal ini dapat membantu meningkatkan konversi dan penjualan bisnis.

  • Analisis Data dan Insight Pelanggan

Penggunaan chatbot pada WhatsApp Business API dapat memberikan informasi penting berupa preferensi, kebiasaan, dan masalah yang sering dihadapi pelanggan. Menggunakan data-data ini membuat bisnis dapat mengambil keputusan yang lebih baik untuk mengembangkan produk, layanan, dan strategi pemasaran.

  • Peningkatan Citra Bisnis

Adanya chatbot pada WhatsApp Business API menunjukkan bahwa bisnis Anda menggunakan teknologi terkini untuk memberikan layanan pelanggan terbaik. Seiring itu, citra bisnis Anda sebagai perusahaan inovatif dan peduli terhadap pelanggan juga kian meningkat.

Baca juga: Strategi Efektif Menggunakan Fitur Chatbot di WhatsApp Business API

Pentingnya Evaluasi Penerapan Chatbot dalam WhatsApp Business API

Meskipun chatbot menawarkan banyak manfaat, tidak semua penerapan chatbot dalam WhatsApp Business API akan sepenuhnya berjalan sukses. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan evaluasi penerapan chatbot untuk memastikan bahwa chatbot berfungsi sesuai harapan. Evaluasi ini juga akan membantu bisnis untuk mengidentifikasi kekurangan dan melakukan perbaikan lanjutan terkait.

Siapa Saja Pihak yang Terlibat dalam Evaluasi Penerapan Chatbot WhatsApp Business API?

Inilah beberapa pihak yang terlibat dalam proses evaluasi penerapan chatbot WhatsApp Business API:

  • Tim Teknis dan Pengembang

Pertama adalah tim teknis dan pengembang chatbot yang bertanggung jawab mengembangkan dan mengkonfigurasi chatbot. Mereka harus memastikan bahwa chatbot berfungsi dengan baik, memiliki respon yang cepat, dan dapat mengatasi berbagai jenis pertanyaan dan permintaan pelanggan. Tim ini juga bertugas mengintegrasikan layanan ini dengan platform WhatsApp Business API.

  • Tim Layanan Pelanggan

Tim layanan pelanggan berperan dalam menguji dan mengevaluasi performa chatbot. Chatbot akan dihadapkan oleh berbagai skenario interaksi dengan pelanggan untuk memastikan layanan ini memberikan respon yang akurat dan relevan. Selain itu, tim layanan pelanggan juga memberikan umpan balik terkait kemampuan layanan ini dalam menangani masalah pelanggan.

  • Manajemen Produk

Kemudian ada pihak manajemen produk yang  terlibat dalam mengawasi seluruh proses evaluasi penerapan chatbot. Pihak ini bertugas memastikan bahwa layanan ini sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh bisnis. Selain itu, mereka juga bertugas mengidentifikasi fitur atau perbaikan yang dibutuhkan oleh chatbot.

Hal yang Harus Dibahas Saat Evaluasi Penerapan Chatbot WhatsApp Business API

Berikut ini adalah sembilan hal yang perlu dibahas saat melakukan evaluasi penerapan chatbot WhatsApp Business API:

  • Kinerja Chatbot

Pertama-tama, bahaslah tentang kinerja chatbot itu sendiri, meliputi respon waktu chatbot, kemampuannya dalam memahami dan merespons pertanyaan pelanggan, serta tingkat akurasi respon yang diberikan.

  • Relevansi dan Kepuasan Pelanggan

Diskusikan tentang sejauh mana chatbot dapat memberikan jawaban yang relevan untuk pelanggan. Dalam evaluasi, penting bagi bisnis untuk mengumpulkan umpan balik dari pelanggan yang telah berinteraksi langsung dengan layanan ini.

  • Integrasi dengan Sistem Bisnis

Kemudian, bahaslah tentang bagaimana chatbot terintegrasi dengan sistem bisnis yang ada, salah satunya adalah WhatsApp Business API. Pada tahapan ini, lakukan evaluasi terkait kemampuan chatbot dalam mengakses data pelanggan, mengambil informasi dari sistem bisnis, dan memberikan solusi yang relevan.

  • Fitur dan Fungsi

Bahaslah juga tentang fitur dan fungsi yang dimiliki oleh chatbot WhatsApp Business API. Pastikan bahwa layanan ini dapat membantu memberikan informasi produk, melakukan pemesanan produk, atau memberikan panduan langkah demi langkah.

  • Ketersediaan dan Skalabilitas

Diskusikan tentang ketersediaan chatbot dan kemampuannya dalam menangani beban kerja yang tinggi. Lakukan pertimbangan apakah chatbot WhatsApp Business API dapat beroperasi selama 24 jam dan dapat mengatasi lonjakan permintaan pelanggan.

  • Keamanan dan Privasi

Kemudian, bahaslah terkait masalah keamanan data pelanggan dan privasi dalam penggunaan chatbot WhatsApp Business API. Tentukan apa saja langkah-langkah yang diambil untuk melindungi data pelanggan serta menerapkan kebijakan privasi dalam penggunaan layanan satu ini.

  • Kemampuan Adaptasi dan Pembelajaran

Selanjutnya adalah tentang kemampuan chatbot untuk belajar dari interaksi sebelumnya dengan pelanggan dan melakukan perbaikan layanan berdasarkan umpan balik yang diterima.

  • Kualitas Pengalaman Pengguna

Diskusikan juga tentang pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan chatbot WhatsApp Business API. Libatkan penilaian yang memuat sejauh mana layanan ini memberikan pengalaman pelanggan secara mulus, mudah dipahami, dan membantu para pelanggan.

  • Biaya dan Manfaat

Terakhir, bahaslah biaya penerapan chatbot dan manfaat yang dihasilkan olehnya. Pertimbangkan perhitungan tentang seberapa efisien dan efektif layanan ini dalam mengurangi biaya layanan pelanggan atau meningkatkan pendapatan bisnis itu sendiri.

Manfaat Melakukan Evaluasi Penerapan Chatbot WhatsApp Business API

Dengan melakukan evaluasi penerapan chatbot WhatsApp Business API, Anda akan mendapatkan sejumlah manfaat ini:

  • Optimalisasi Kinerja Chatbot

Dari dilakukannya evaluasi, dapat dilakukan identifikasi area-area di mana chatbot dapat ditingkatkan kinerjanya, misalnya berupa peningkatan respon waktu, akurasi jawaban, dan kemampuan chatbot untuk memahami permintaan pelanggan.

  • Peningkatan Efisiensi Layanan Pelanggan

Evaluasi selesai menerapkan layanan chatbot WhatsApp Business API membantu Anda untuk mengukur sejauh mana layanan ini mampu mengatasi permintaan pelanggan secara efisien. Dengan memberikan tugas-tugas yang dapat diotomatisasi oleh chatbot, Anda dapat mengarahkan agen layanan pelanggan untuk berfokus menangani permintaan yang lebih kompleks.

  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Melakukan evaluasi terhadap respons chatbot dan umpan balik pelanggan membuat Anda dapat memahami sejauh mana performa chatbot dalam memberikan jawaban yang relevan dan memuaskan. Dengan menyediakan solusi yang tepat waktu dan akurat, Anda dapat menaikkan tingkat kepuasan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih baik dengan mereka.

  • Penyempurnaan Strategi Bisnis

Evaluasi penerapan chatbot juga membantu Anda untuk mendapatkan sejumlah informasi penting tentang preferensi dan kebutuhan pelanggan. Informasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki strategi bisnis Anda, termasuk peningkatan produk atau layanan berdasarkan umpan balik yang diterima dari interaksi dengan chatbot.

  • Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Operasional

Dengan mengukur ketersediaan layanan ini WhatsApp Business API, kemampuannya untuk menangani volume tinggi, dan memberikan respons yang cepat, Anda dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional bisnis Anda.

Baca juga: 7 Ciri Chatbot yang Bagus, dijamin Bantu Meningkatkan Penjualan

Jadikan Layanan Pelanggan Anda Semakin Unggul dengan Bantuan Chatbot Andalan milik Ivosights

Itulah beberapa hal yang perlu dibahas ketika evaluasi penerapan chatbot WhatsApp Business API. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda dapat memastikan bahwa chatbot akan bekerja secara optimal sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang Anda berikan. 

Sebagai salah satu pilihan, Anda bisa menggunakan teknologi Sociobot sebagai sebuah layanan chatbot andalan milik Ivosights. Menggunakan layanan ini dapat memudahkan operasional bisnis dan menghemat biaya customer service. Chatbot ini juga diberikan sejumlah fitur mendukung seperti Natural Language Processing, Pattern Matching, dan Decision Tree-Based. Tak hanya itu, alur chatbot ini dapat dikustomisasi sendiri menggunakan chatbot flow builder sehingga tidak memerlukan bantuan khusus dari programer. Selain itu, Sociobot juga dapat diimplementasikan pada beragam channel digital seperti WhatsApp, Webchat, dan Telegram. 

Selain chatbot, Ivosights juga berperan sebagai pihak Business Solution Provider terpercaya yang sudah bekerja sama dengan pihak META pada tahun 2021 lalu. Sehingga kami juga dapat menyediakan platform WhatsApp Business API yang memiliki segudang manfaat untuk mendukung pengimplementasian chatbot bisnis Anda. Tunggu apalagi? Segera hubungi tim kami untuk mengetahui mana saja layanan di atas yang cocok untuk mendukung bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami