Sediakan Layanan 24 Jam Kepada Customer dengan Menggunakan Chatbot ini

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 10 April 2023
Ket foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Menggunakan chatbot dapat menyediakan pelayanan non stop selama 24 jam. hal tersebut dapat memanjakan pelanggan bisnis anda dengan komunikasi baik dan standby!"

Menggunakan chatbot demi memajukan bisnis. Suatu bisnis dapat berkembang dengan pesat apabila memiliki pelanggan yang banyak dan setia. Cara mendapatkan pelanggan yang setia adalah dengan memanjakan setiap pelayanan dan pengalamannya dalam menjalankan segala bentuk transaksi kepada bisnis anda. Salah satu layanan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan atau customer adalah dari komunikasinya. Lalu, mengapa chatbot? Chatbot merupakan suatu sistem atau sebuah kepintaran buatan dari komputer yang diprogram untuk membalas atau merespon sebuah pesan teks atau chat dengan banyak orang dalam waktu yang sekaligus. Pelanggan pastinya merasa bahwa suatu bisnis baik dengan komunikasi yang cepat dan ramah. Dengan adanya chatbot, komunikasi kepada setiap pelanggan tidak akan putus. Hal ini menjadi batu loncatan bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis dengan memperbaiki hubungan komunikasi dengan pelanggan. Setiap komunikasi yang berjalan baik pastinya akan memanjakan customer dalam melakukan transaksi dengan bisnis yang ada jalani.

Chatbot dapat anda gunakan dalam sebuah platform media sosial selaku media atau tempat bagi para pelanggan berkomunikasi. Pelanggan biasa menanyakan informasi detail mengenai produk yang dijual seperti spesifikasi, harga produk, atau promosi yang ada. Seorang customer juga terkadang ingin melakukan transaksi tanpa harus media lain, dengan kata lain terdapat beberapa customer yang hanya ingin transaksi melalui chat atau secara langsung dengan penjual tanpa adanya perantara atau halangan dalam transaksi. Beberapa hal tersebut menggambarkan bagaimana suatu bisnis membutuhkan chatbot sebagai media untuk berkomunikasi demi memanjakan customer atau pelanggan. Beberapa media sosial yang dapat digunakan dengan chatbot antara lain Instagram, Whatsapp, Messenger, Facebook dan sejenisnya. Anda sebagai pebisnis selaku yang menjalani suatu usaha juga diharuskan up to date atau dengan kasarnya tidak gaptek. Hal ini sangat dibutuhkan karena anda harus menyesuaikan kondisi dengan customer yang memiliki beragam latar belakang. Maka, anda perlu mengetahui beberapa hal yang dimiliki chatbot untuk bisnis anda kedepannya.

Baca Juga: Bidang Apa Saja Ya yang Membutuhkan Chatbot? Yuk, Cari Tahu!

Alasan Mengapa Menggunakan Chatbot Diperlukan dalam Bisnis

Memanjakan customer dengan memajukan suatu teknologi komunikasi pastinya hal yang cukup mudah dilakukan oleh setiap pengusaha dalam bisnisnya.

  • Ketersediaan 24/7

Chatbot dapat bersedia selama 24 jam 7 hari non stop. Para customer yang berada dalam zona waktu berbeda dengan pelaku bisnis dan domisili yang jauh pastinya ingin berkomunikasi sesuai dengan waktu dan tempat yang mereka miliki. Akan sangat sulit apabila seorang manusia melakukannya selama 24 jam dan 7 hari. Chatbot sebagai sebuah AI tidak akan berhenti, karena sebuah sistem yang sudah diprogram sedemikian rupa untuk selalu standby.

  • Respon Cepat

Dalam pekerjaan manusia pastinya membutuhkan istirahat. Namun tidak dengan sebuah program komputer. Customer ingin mendapatkan respon cepat dalam melakukan pembelian. Menunggu merupakan sebuah hal yang sangat mengganggu bagi kebanyakan individu. Dengan respon atau balasan cepat, customer akan merasa puas karena secara langsung transaksi akan berjalan lebih cepat juga.

  • Skalabilitas

Chatbot dapat melayani banyak customer dalam jumlah tak terhingga dalam waktu cepat dan bersamaan. Hal ini menjadikan chatbot lebih efisien dibandingkan dengan memakai tenaga manusia.

  • Hemat Biaya

Dengan menggunakan chatbot, perusahaan tidak perlu mengupah seseorang sebagai admin suatu bisnis yang akan menjalankan komunikasi dengan customer. Sehingga perusahaan atau pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan biaya lebih.

  • Analisis Data

Chatbot dapat melakukan analisis data yaitu dengan mengumpulkan preferensi dari pelanggan, data transaksi, bahkan sampai tingkat kepuasan. Hal tersebut sangat membantu pengusaha untuk bahan evaluasi kedepannya bagi bisnis yang sedang dijalani.

Customer pastinya ingin mendapatkan produk yang terbaik sesuai dengan ekspektasi mereka, maka dari itu pebisnis juga harus menyiapkan beberapa hal dalam produknya.

Baca Juga: Fitur Chatbot pada Aplikasi Al-Quran, Ini Gunanya!

Beberapa Hal yang Diharapkan Customer dengan Chatbot

  • Inovasi Produk

Inovasi merupakan bentuk yang sangat umum dilakukan oleh seorang pengusaha. Anda dapat melakukan riset terhadap produk yang dimiliki kompetitor terlebih dahulu untuk memberikan hal-hal baru dalam produk anda.

  • Harga yang Wajar

Memberikan harga yang sesuai dengan kualitas produk menjadikan suatu produk lazim untuk dibeli atau digunakan. Hal ini juga untuk mencegah suatu ekspektasi customer yang tinggi pada suatu produk. Sehingga dengan harga yang sesuai atau wajar, customer merasa adil dengan produk yang akan dimiliki atau dibeli.

  • Jaminan Kualitas serta Garansi

Garansi menjadikan sebuah produk memiliki citra yang berkualitas. Pengusaha akan dinilai bertanggung jawab apabila memberikan garansi kepada produk yang mereka jual. Hal tersebut akan memberikan rasa tak ragu bagi customer untuk menggunakan atau membeli produk yang dijual.

Gunakan Chatbot dari Ivosights

Beberapa customer ingin mendapatkan pengalam terbaiknya dalam melakukan transaksi. Dengan teknologi yang canggih untuk berkomunikasi menjadikan pelanggan merasa lebih puas. Dengan menggunakan chatbot yang dihadirkan oleh Ivosights, pelanggan akan merasa bahwa bisnis anda berjalan dengan canggih dan dapat memuaskan. Yuk, segera gunakan chatbot yang tersedia oleh Ivosights!  

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami