Bidang Apa Saja Ya yang Membutuhkan Chatbot? Yuk, Cari Tahu!

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 30 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.

"Chatbot memiliki peranan yang cukup penting dalam berbagai bidang untuk memudahkan pihak pertama dan kedua dalam berkomunikasi. Yuk, simak penjelasannya"

Teknologi saat ini sudah berkembang pesat sehingga memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya dalam berkomunikasi. Tanpa adanya perkembangan teknologi saat ini, kita tentu tidak bisa menyaksikan betapa mudahnya dalam berinteraksi dari jarak jauh, khususnya dalam hal berbisnis. Banyak bisnis yang saat ini sangat memanfaatkan dan mengandalkan perkembangan teknologi yang sudah pesat ini, salah satunya dalam urusan customer service dan peningkatan kepuasan pelanggan. Menggunakan chatbot merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas suatu bisnis dan peningkatan interaksi dengan pelanggan. Yuk, simak bidang apa saja yang membutuhkan chatbot, ya?

Penjelasan Mengenai Chatbot

Sistem chatbot menggunakan teknologi kecerdasan buatan percakapan (AI) untuk mensimulasikan diskusi (atau obrolan) dengan pengguna dalam bahasa alami melalui aplikasi perpesanan, situs web, aplikasi seluler, atau telepon. Ini menggunakan aplikasi bahasa berbasis aturan untuk melakukan fungsi obrolan langsung sebagai respons terhadap interaksi pengguna waktu nyata. Chatbot sering digambarkan sebagai salah satu ekspresi interaksi paling canggih dan menjanjikan antara manusia dan mesin. Asisten digital ini merampingkan interaksi antara orang dan layanan, meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Pada saat yang sama, mereka menawarkan peluang baru kepada perusahaan untuk merampingkan proses keterlibatan pelanggan demi efisiensi yang dapat mengurangi biaya dukungan tradisional. Chatbot dapat meningkatkan dan melibatkan interaksi pelanggan dengan sedikit campur tangan manusia. Ini menghilangkan hambatan untuk dukungan pelanggan yang dapat terjadi ketika permintaan melebihi sumber daya. Alih-alih menunggu, pelanggan bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka secara real time. Gesekan layanan yang lebih sedikit dapat meningkatkan pengalaman merek bagi pelanggan.

Baca Juga: Tambah Fitur Chatbot pada Aplikasi Tracking Ibadah, Apa Manfaatnya?

Fungsi Chatbot untuk Berbagai Bidang

  • Memudahkan Interaksi Pelanggan di E-commerce

E-commerce merupakan salah satu platform yang memiliki banyak pengguna dan pelanggan setia. Hal ini juga dikarenakan banyak pebisnis yang membuka lahan mereka disana sehingga menimbulkan banyak ketergantungan terhadap online platform ini. Hadirnya chatbot juga sangat dimanfaatkan oleh e-commerce guna memudahkan interaksi dengan para pelanggan.

  • Memudahkan Perusahaan dalam Menerima Opini dan Keluhan

Dalam website perusahaan, biasanya para pelanggan diminta waktunya sebentar untuk melakukan interaksi dengan chatbot guna memberikan opini dan keluhan mengenai produk, barang, atau perusahaan itu sendiri.

  • Mampu Melakukan Diagnosa Secara Cepat Kepada Pasien di Aplikasi Kesehatan

Sebelum berinteraksi dengan dokter secara virtual, pasien membutuhkan sedikit diagnosa awal sehingga membutuhkan peran chatbot dalam hal ini. Biasanya, pasien yang ingin mengecek tingkat depresi atau diagnosa awal suatu penyakit akan diarahkan oleh aplikasi kesehatan untuk menjawab beberapa pertanyaan umum mengenai suatu gejala.

Bidang-Bidang yang Membutuhkan Chatbot

  • Bidang Kesehatan

Bidang kesehatan membutuhkan chatbot untuk interaksi yang lebih mudah dengan para pasien dari jarak jauh atau sekedar ingin memberikan saran dan opini terhadap layanan rumah sakit.

  • Bisnis

Bisnis membutuhkan chatbot untuk memberikan layanan memuaskan kepada pelanggan. Hal ini sering kita jumpai saat ingin berbelanja di platform e-commerce, WhatsApp Business, ataupun website perusahaan.

  • Pemerintahan

Pemerintahan tentu juga memiliki layanan chatbot dalam berinteraksi dengan masyarakat mengenai hal-hal tertentu. Hal ini guna meningkatkan layanan pemerintahan yang ada ataupun hal-hal penting lainnya.

Baca Juga: Tingkatkan Aplikasi Resep Masakan dengan Chatbot untuk Bulan Puasa

  • Layanan Masyarakat

Layanan masyarakat sangat berguna dan diandalkan oleh publik karena milik pemerintah. Dengan adanya chatbot, layanan masyarakat bisa dengan cepat memberikan bantuan dan berinteraksi dengan masyarakat yang membutuhkan.

Andalkan SocioBot untuk Bisnis yang Lebih Maju dan Lancar

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Salah satu produk yang kami tawarkan adalah solusi ChatBot berbasis AI terdepan & terjangkau untuk memuaskan pelanggan Anda. Asisten obrolan otomatis yang berbasis 24x7 langsung ke pelanggan Anda dengan SocioBot tanpa batasan! Menyediakan platform tunggal untuk berinteraksi dengan multi saluran online, SocioBot menggunakan teknologi NPL untuk self-learning process. Dengan SocioBot, Anda akan mendapatkan layanan survey, reservasi, appointment dokter, dan masih banyak lagi! Yuk, segera hubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan SocioBot untuk bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami