Gunakan 5 Metrik Ini untuk Ukur Kualitas Jaringan SIP Trunk!

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 26 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock

"Pengukuran kualitas jaringan SIP Trunk sangat penting dilakukan untuk membuat Anda mempertimbangkan penggunaannya. Gunakan juga lima metrik pembantu di bawah ini"

SIP Trunk telah menjadi solusi komunikasi yang cukup populer digunakan oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan penggunanya dapat mengintegrasikan komunikasi suara dan pengiriman data mereka melalui internet. Tak hanya itu, SIP Trunk mampu menggantikan infrastruktur telepon konvensional yang cenderung lebih mahal. Namun, untuk memastikan bahwa penggunaan teknologi SIP Trunk berjalan dengan lancar, penting bagi Anda untuk mengukur kualitas jaringan yang disediakan. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan menggunakan lima metrik yang disebutkan pada artikel berikut ini.

Kenali Apa Itu SIP Trunk?

SIP Trunk merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan panggilan suara dan video melalui internet dibandingkan melalui jalur telepon tradisional. Menggunakan SIP Trunk akan memberikan fleksibilitas dan efisiensi biaya yang besar kepada penggunanya.

Pentingnya Pengukuran Kualitas Jaringan SIP Trunk

Pengukuran kualitas jaringan SIP Trunk sangat penting dalam dunia komunikasi perusahaan. Berikut ini adalah lima alasan mengapa pengukuran kualitas jaringan SIP Trunk:

  • Kepuasan Pelanggan yang Ditingkatkan

Dengan menggunakan SIP Trunk, Anda dapat memastikan bahwa panggilan suara dan video berjalan lancar sehingga akan menaikkan tingkat kepuasan pelanggan. Sebaliknya, kualitas panggilan yang buruk hingga terputus-putus dapat memunculkan rasa frustrasi pada pelanggan dan bahkan kehilangan minat terhadap perusahaan.

  • Produktivitas yang Meningkat

Dalam perusahaan, komunikasi yang efisien sangat penting. Kualitas jaringan baik yang disediakan oleh SIP Trunk akan memastikan bahwa panggilan suara dan video berjalan tanpa gangguan. Hal ini tentu sangat penting untuk pertemuan perusahaan, kolaborasi tim, dan panggilan dengan klien atau mitra perusahaan. Dengan kualitas panggilan yang baik, produktivitas tim perusahaan Anda akan meningkat.

  • Mempertahankan Reputasi Perusahaan

Jika pelanggan sering mengalami masalah dengan panggilan, reputasi perusahaan Anda bisa terganggu. Kualitas jaringan yang buruk juga dapat memunculkan berbagai tanggapan negatif dan merusak citra positif perusahaan Anda. Oleh karena itu, menjaga kualitas jaringan yang baik penting dilakukan untuk mempertahankan reputasi perusahaan.

  • Mengoptimalkan Biaya

Dengan memantau kualitas jaringan SIP Trunk, Anda dapat mengidentifikasi sekaligus menindaklanjuti masalah yang terjadi dengan cepat. Dengan demikian, perusahaan akan terhindar dari pengeluaran biaya yang tidak perlu untuk memperbaiki gangguan yang bisa saja dicegah.

  • Perencanaan Kapasitas yang Lebih Baik

Memiliki pemahaman yang baik tentang kualitas jaringan SIP Trunk membuat Anda dapat merencanakan kapasitas jaringan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Hal ini membuat Anda mampu mengidentifikasi tren penggunaan dan mengambil langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan kapasitas saat diperlukan. Dengan ini, perusahaan akan terhindar dari masalah overutilisasi dan jaringan SIP Trunk dapat menangani beban kerja yang semakin meningkat.

Baca juga: Siapkan 7 Teknologi Pendukung Ini Sebelum Menggunakan SIP Trunk

Metrik yang Digunakan untuk Mengukur Kualitas Jaringan SIP Trunk

Inilah lima metrik utama yang harus Anda gunakan untuk mengukur kualitas jaringan SIP Trunk:

  • Ketersediaan (Availability)

Metrik satu ini digunakan untuk mengukur sejauh mana jaringan SIP Trunk tersedia dan beroperasi dalam periode waktu tertentu. Ketersediaan yang tinggi memberikan arti bahwa jaringan hampir selalu siap digunakan sehingga resiko terjadinya kegagalan komunikasi dapat dikurangi.

  • Latensi (Latency)

Kemudian ada metrik latensi, mengacu pada waktu yang dibutuhkan data untuk berpindah dari sumber ke tujuan dalam jaringan. Dalam SIP Trunk, latensi yang rendah sangat dibutuhkan karena kualitas panggilan yang baik membutuhkan latensi seminimal mungkin.

  • Jitter

Jitter adalah sebuah variasi dalam ketersediaan paket data yang diterima dalam jaringan. Tingkat jitter yang tinggi akan menghasilkan suara yang tidak jelas saat melakukan panggilan suara atau video. Oleh karena itu, menjaga jitter pada tingkat rendah sangat penting dilakukan agar kualitas panggilan menjadi baik.

  • Gangguan Paket (Packet Loss)

Lalu, ada juga metrik berupa gangguan paket. Gangguan paket terjadi ketika ada beberapa paket data hilang selama perjalanan melalui jaringan. Hal ini dapat mengakibatkan suara yang terpotong-potong atau video yang buram. Metrik ini digunakan untuk mengukur seberapa sering hal ini terjadi dan dapat membantu memperbaiki masalah jaringan.

  • Kapasitas Jaringan

Metrik terakhir yang digunakan mengacu pada berapa banyak data yang dapat ditangani oleh jaringan pada suatu waktu. Dalam SIP Trunk, kapasitas jaringan yang mencukupi akan membantu menghindari kelebihan beban. Terjadinya kelebihan beban dapat menyebabkan gangguan dalam komunikasi.

Berbagai Alat dan Teknologi Pengukuran Kualitas Jaringan SIP Trunk

Ada berbagai alat dan teknologi yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas jaringan SIP Trunk. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Protocol Analyzer

Pertama adalah protocol analyzer yang digunakan untuk memantau lalu lintas jaringan dan memungkinkan Anda untuk menganalisis protokol SIP secara mendalam.

  • VoIP Monitoring Software

Kedua, software VoIP monitoring software ini dapat memantau kualitas panggilan VoIP secara real-time dan memberikan laporan tentang masalah yang mungkin terjadi.

  • Network Performance Testing

Pengujian kinerja jaringan SIP Trunk akan membantu Anda untuk mengidentifikasi apabila adanya potensi bottleneck dan masalah kinerja lainnya.

  • Quality of Service (QoS) Monitoring

QoS monitoring memungkinkan Anda untuk memberikan prioritas kepada lalu lintas VoIP untuk memastikan kualitas panggilan yang baik.

  • Ping and Traceroute Tools

Alat-alat ini membantu Anda melacak latensi dan melacak rute data dalam jaringan.

Baca juga: Cara Mengukur Kualitas Layanan (Quality of Service) dalam SIP Trunk

Tips Mengukur Kualitas Jaringan SIP Trunk

Berikut ini adalah sejumlah tips mengukur kualitas jaringan SIP Trunk:

  • Pahami Metrik Utama

Pertama-tama, Anda perlu memahami metrik utama yang digunakan untuk mengukur kualitas jaringan SIP Trunk, mulai dari ketersediaan (availability), latensi (latency), jitter, gangguan paket (packet loss), dan kapasitas jaringan.

  • Gunakan Alat Pengukuran yang Tepat

Pilihlah alat pengukuran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Ada banyak alat pengukuran kualitas jaringan yang tersedia, termasuk perangkat keras dan perangkat lunak. Pastikan alat yang Anda pilih mampu mengukur metrik yang relevan dan dapat memberikan data yang akurat.

  • Lakukan Pengukuran Berkala

Kualitas jaringan dapat berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan pengukuran kualitas jaringan SIP Trunk secara berkala.

  • Bandwidth yang Cukup

Pastikan bahwa perusahaan memiliki bandwidth yang cukup untuk mendukung lalu lintas suara dan data melalui SIP Trunk. Keterbatasan bandwidth dapat menyebabkan masalah latensi dan jitter. Pertimbangkan untuk meningkatkan bandwidth jika memang diperlukan.

  • Monitor Lalu Lintas Jaringan

Lakukan pelacakan terhadap lalu lintas jaringan secara terus-menerus untuk mengidentifikasi apabila ada potensi masalah yang muncul. Anda dapat menggunakan software monitoring jaringan untuk memantau lalu lintas ini secara real-time.

  • Lakukan Uji Beban (Load Testing)

Melakukan uji beban dapat membantu Anda memahami bagaimana jaringan akan bertindak ketika dihadapkan dengan lonjakan panggilan atau data yang tinggi. Hasil uji beban dapat membantu Anda mempersiapkan jaringan SIP Trunk untuk beban panggilan yang tinggi.

  • Evaluasi Kualitas Layanan (Quality of Service/QoS)

Pastikan bahwa jaringan SIP Trunk dikonfigurasi dengan benar untuk memberikan prioritas kepada panggilan suara. Hal ini akan membantu mengurangi masalah dalam latensi dan jitter.

  • Analisis Data Hasil Pengukuran

Penting bagi Anda untuk menganalisis data pengukuran kualitas jaringan SIP Trunk dengan cermat. Identifikasi pola atau tren yang dapat mengindikasikan adanya masalah potensial dan lakukan penindaklanjutan jika diperlukan.

  • Jalin Kerja Sama dengan Penyedia SIP Trunk

Jika Anda menggunakan layanan SIP Trunk dari penyedia jasa, jalinlah kerja sama yang baik dengan mereka. Diskusikan hasil pengukuran jaringan SIP Trunk yang telah Anda lakukan dan carilah solusi secara bersama jika ada masalah yang berulang kali muncul.

Dapatkan Teknologi SIP Trunk Hanya di Provider yang Terpercaya!

Melakukan pengukuran terhadap kualitas jaringan SIP Trunk akan membantu Anda memastikan bahwa layanan komunikasi perusahaan berjalan dengan lancar. Pahami metrik-metrik yang relevan serta gunakan alat pengukuran yang tepat untuk meningkatkan kualitas panggilan suara dan video untuk mendukung panggilan dalam perusahaan. Tak hanya itu, hal ini juga akan berdampak pada terjaganya tingkat kepuasan pelanggan, meningkatkan produktivitas, dan menjaga reputasi perusahaan Anda.

Jika Anda tertarik dengan teknologi SIP Trunk untuk mendukung panggilan dalam perusahaan, Anda bisa hubungi provider penyedia terpercaya, salah satunya adalah Ivosights. Kami menyediakan SIP Trunk untuk membantu Anda mengurangi biaya infrastruktur telepon, menyesuaikan kapasitas panggilan, hingga meningkatkan efisiensi panggilan. Selain itu, kami juga mendapatkan lisensi resmi dari pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika sehingga kualitas SIP Trunk yang kami sediakan tidak perlu diragukan lagi. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan konsultasi mengenai penggunaan dan integrasi sistem SIP Trunk ini dalam perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami