Mengenal Sistem Cloud Backup yang Berguna Untuk Contact Center

Sociomile

,

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Jumat, 20 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.

"Cloud backup adalah metode backup data yang menyimpan salinan data ke dalam cloud storage. Ini juga digunakan di dunia contact center. Simak kelebihannya disini"

Untuk meningkatkan service level pada contact center, dibutuhkan standar pelayanan dan baik dan jelas. Hal ini penting untuk diperhatikan karena selain dapat menjadi keunggulan yang bisa dirasakan para pelanggan, standar pelayanan juga bisa menjadi keunggulan yang bisa dirasakan pekerja. Nah, termasuk sistem cloud backup pada contact center digital. Artikel ini akan menjelaskan hal-hal mengenai sistem cloud backup pada contact center digital.

Apa Itu Cloud Backup?

Cloud backup adalah metode backup data yang menyimpan salinan data ke dalam cloud storage. Cloud storage adalah layanan penyimpanan data yang dihosting di internet dan dapat diakses dari mana saja melalui koneksi internet. Dengan menggunakan cloud backup, data dapat diakses dan di restore dari mana saja dan kapan saja, tanpa tergantung pada lokasi fisik server atau perangkat penyimpanan lokal. Cloud backup juga memberikan keamanan yang lebih baik karena data yang disimpan di dalam cloud storage di enkripsi dan di-backup secara berkala untuk menjamin integritas data.

Baca Juga: Pentingnya Customer Care agar Pelanggan Tetap Loyal

Fungsi Cloud Backup

Fungsi dari cloud backup adalah:

  • Memastikan ketersediaan data: Cloud backup memungkinkan untuk menyimpan salinan data yang aman dan terlindungi dari kerusakan atau kehilangan data yang tidak diinginkan.
  • Aksesibilitas yang tinggi: Cloud backup memungkinkan untuk mengakses data dari mana saja dan kapan saja melalui koneksi internet, tanpa tergantung pada lokasi fisik server atau perangkat penyimpanan lokal.
  • Scalability: Cloud backup memungkinkan untuk menambah atau mengurangi kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan, tanpa harus menambah atau mengurangi perangkat fisik.
  • Keamanan yang lebih baik: Cloud backup menyediakan enkripsi data dan backup secara berkala untuk menjamin integritas data.
  • Biaya yang efektif: Cloud backup menyediakan layanan berbayar berdasarkan kapasitas penyimpanan yang digunakan, sehingga dapat menghemat biaya dibandingkan dengan menyimpan data di perangkat fisik sendiri.
  • Efisiensi operasional: Cloud backup memungkinkan untuk mengelola data secara otomatis, sehingga memudahkan proses backup dan recovery data.

Baca Juga: Apa Itu Inbound Marketing?

Bagaimana Cara Kerja Cloud Backup?

Cara kerja cloud backup adalah sebagai berikut:

  • Instalasi software: Pertama, software backup cloud harus diinstal pada perangkat yang akan di-backup. Software ini akan digunakan untuk mengatur konfigurasi backup dan menjalankan proses backup.
  • Konfigurasi backup: Setelah software diinstal, administrator harus mengkonfigurasi backup dengan menentukan data apa yang akan di-backup, frekuensi backup, dan lokasi penyimpanan data.
  • Proses backup: Setelah konfigurasi selesai, proses backup akan dijalankan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Data yang di-backup akan dikompresi dan dienkripsi sebelum dikirim ke cloud storage.
  • Penyimpanan data: Setelah data diterima di cloud storage, data akan disimpan di server yang tersebar di berbagai lokasi. Data yang disimpan di cloud storage juga akan di-backup secara berkala untuk menjamin integritas data.
  • Akses data: Pengguna dapat mengakses data yang di-backup dari mana saja melalui koneksi internet dengan menggunakan akun yang telah ditentukan.
  • Recovery data: Pengguna dapat mengunduh atau memulihkan data yang di-backup kapan saja dengan mengakses cloud storage melalui akun yang telah ditentukan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Outbound Marketing

Keunggulan Menggunakan Cloud Backup

Kelebihan cloud backup dibanding backup manual adalah:

  • Aksesibilitas yang tinggi: Cloud backup memungkinkan untuk mengakses data dari mana saja dan kapan saja melalui koneksi internet, tanpa tergantung pada lokasi fisik server atau perangkat penyimpanan lokal. Sedangkan dengan backup manual, data hanya bisa di akses dari lokasi fisik backup yang ditentukan.
  • Automatisasi: Cloud backup menyediakan proses backup secara otomatis sesuai dengan jadwal yang ditentukan, sehingga tidak perlu memantau proses backup secara manual.
  • Scalability: Cloud backup memungkinkan untuk menambah atau mengurangi kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan, tanpa harus menambah atau mengurangi perangkat fisik.
  • Keamanan yang lebih baik: Cloud backup menyediakan enkripsi data dan backup secara berkala untuk menjamin integritas data. Sedangkan dengan backup manual, keamanan data tergantung pada bagaimana perangkat penyimpanan yang digunakan dan bagaimana data di simpan.
  • Biaya yang efektif: Cloud backup menyediakan layanan berbayar berdasarkan kapasitas penyimpanan yang digunakan, sehingga dapat menghemat biaya dibandingkan dengan menyimpan data di perangkat fisik sendiri.

Dapatkan BPO Contact Center Terbaik di Ivosights

Itu dia hal-hal yang bisa kamu ketahui dari sistem cloud backup dalam dunia contact center. Ribet melakukan manual backup untuk contact center-mu? Dapatkan sistem cloud backup pada layanan contact center di Ivosights!

Untuk mendapatkan BPO Contact Center terbaik yang mengedepankan fitur-fitur bermanfaat, kamu bisa mengandalkan Ivosights! Ivosights BPO Contact Center terhubung langsung dengan platform customer relationship management Sociomile yang dilengkapi 13 kanal lebih dalam satu dasbor. Sociomile juga menawarkan staf berkompetensi yang dilatih dengan appraisal motivation yang tentunya penting dimiliki oleh seorang agen telesales.

Dengan dibantu berbagai fitur yang berguna, kamu akan mendapatkan layanan contact center paling efektif! Hubungi Ivosights sekarang juga dan rasakan perubahan pada perusahaanmu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami