Tips Meningkatkan Kinerja Chatbot Perusahaan Anda

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 28 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Inilah beberapa tips supaya pengaplikasian chatbot dapat memberikan manfaat yang lebih untuk perusahaan Anda!"

Saat ini, chatbot banyak membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, memberikan pelayanan yang lebih baik, dan menjawab pertanyaan pelanggan secara cepat dan akurat. Chatbot juga digunakan untuk memangkas biaya operasional perusahaan sehingga tidak memerlukan agen manusia tambahan. Selain itu, ketersediaannya selama 24 jam juga merupakan sebuah nilai plus tersendiri. Namun, untuk mencapai kinerja chatbot secara optimal, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Sebelum membahas tentang tips-tips tersebut, ada baiknya Anda ketahui dulu manfaat penggunaan layanan chatbot pada tulisan di bawah ini.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Chatbot?

Banyaknya manfaat yang diberikan menjadi alasan kuat mengapa Anda perlu menggunakan layanan ini. Berikut adalah manfaat penggunaan chatbot untuk perusahaan:

  • Meningkatkan Efisiensi

Dengan teknologi Natural Language Processing (NLP) dan kecerdasan buatan, chatbot dapat menjawab pertanyaan dan memberikan solusi terbaik yang relevan dengan keinginan pelanggan. Layanan ini juga dapat mengurangi beban kerja para agen manusia untuk melakukan tugas bersifat repetitif, memberi ucapan selamat datang kepada pengguna baru aplikasi layanan pelanggan perusahaan misalnya.

  • Pelayanan 24/7

Chatbot dapat memberikan pelayanan kapan saja kepada pelanggan Anda berkat kemampuannya untuk dapat aktif selama 24 jam. Kelebihan ini membuat pelanggan dapat mendapatkan respons dan bantuan kapanpun mereka membutuhkannya, bahkan di luar jam operasional perusahaan.

  • Skalabilitas

Dengan pengatur skalabilitas, chatbot dapat menangani pelanggan dalam jumlah yang besar dalam waktu bersamaan. Pelayanan yang diberikan juga sangat konsisten dengan memperhatikan kualitas dan waktu 

  • Analisis Data

Lalu, chatbot dapat mengumpulkan data berupa preferensi, kebutuhan, dan perilaku pelanggan. Data ini kemudian dianalisis supaya perusahaan dapat memahami setiap pelanggannya dengan lebih baik. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan strategi pemasaran serta pengembangan produk.

Baca juga: Chatbot: Baiknya Digunakan untuk Apa Saja?

Fitur-Fitur Chatbot

Chatbot memiliki fitur-fitur yang membantu meningkatkan kinerjanya di perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa fitur yang dilengkapi pada layanan chatbot:

  • Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing)

Adanya fitur ini membuat chatbot dapat memahami sekaligus berkomunikasi secara natural dengan pelanggan dengan bahasa manusia. Chatbot juga dapat memahami pertanyaan yang lebih kompleks dan memberikan jawabannya yang relevan.

  • Integrasi Sistem

Kemudian, chatbot dapat diintegrasikan dengan platform lain yang dimiliki oleh perusahaan Anda, salah satunya sistem Customer Relationship Management (CRM) dan database pelanggan. Dengan mengintegrasikan chatbot dengan sistem-sistem ini, chatbot dapat mengakses informasi terkini dan memberikan jawaban yang lebih akurat.

  • Pemilihan Menu

Chatbot membebaskan pelanggannya untuk memilih satu dari berbagai opsi menu yang ditampilkan di layar perangkatnya.Dengan pemilihan menu, chatbot dapat menghemat waktu dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  • Konteks dan Riwayat

Chatbot juga dapat mengingat riwayat percakapan dengan pelanggan dan akan memberikan respons lebih sesuai untuk pelayanan selanjutnya. Adanya fitur ini  akan mempermudah perusahaan memberikan pelayanan secara personal dan relevan kepada pelanggan.

Cara Meningkatkan Kinerja Chatbot

Untuk meningkatkan kinerja chatbot perusahaan Anda, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan yaitu sebagai berikut:

  • Analisis Data

Pahami kebutuhan pelanggan dengan memanfaatkan pengumpulan data dan hasil analisis yang diberikan oleh chatbot. Data yang dihasilkan ini dapat berupa pola percakapan, pertanyaan yang sering diajukan, dan area di mana chatbot perlu ditingkatkan.

  • Konten yang Relevan

Pastikan konten yang disediakan oleh chatbot sudah relevan dengan pelayanan pelanggan dari perusahaan Anda. Lakukan pembaharuan secara berkala ketika ada pembaruan atau perubahan dalam produk atau layanan perusahaan.

  • Pelatihan Chatbot

Dengan melatih chatbot secara rutin, kemampuannya dalam memahami bahasa akan meningkat dan dapat memberikan respons yang lebih baik.

  • Uji Coba dan Evaluasi

Terakhir, lakukan uji coba terhadap chatbot secara dan evaluasi kinerja selama pemakaiannya. Perhatikan secara jelas apakah terdapat kendala hingga tantangan dalam pengaplikasian chatbot. Dengan terus memantau dan mengevaluasi kinerja chatbot, chatbot akan selalu memberikan pelayanan dengan optimal.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari agar Penggunaan Chatbot Perusahaan Maksimal

Sociobot, Chatbot Berbasis Artificial Intelligence

Dari penjelasan di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa chatbot merupakan sebuah aset berharga untuk meningkatkan kinerja perusahaan Anda. Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan meningkatkan interaksi perusahaan dengan pelanggan.

Tertarik menggunakan layanan chatbot? Kami punya solusinya. Ivosights menyediakan layanan Sociomile, sistem contact center terlengkap yang dapat mengintegrasikan sebanyak 13 platform digital dalam satu dashboard utama. Sistem ini dilengkapi dengan Sociobot sebagai asisten pelayanan perusahaan Anda.

Sociobot ini dibekali dengan teknologi NLP sehingga dapat berinteraksi dengan pelanggan secara alami. Selain itu, ada juga fitur pattern matching untuk mengelompokkan teks agar bisa menghasilkan jawaban yang tepat dengan permintaan pengguna. Selain itu, chatbot juga dapat memberikan pelayanan personal berkat integrasinya dengan sistem CRM dan database pelanggan. Tunggu apalagi? Dapatkan layanan chatbot beserta fitur-fitur bawaannya dengan berlangganan Sociomile sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami