4 Alasan Bidang Kesehatan Membutuhkan Chatbot

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 05 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.

"Bidang kesehatan memang memerlukan banyak inovasi agar masyarakat bisa lebih mudah dalam melakukan interaksi dengan tenaga medis, salah satunya dengan chatbot"

Perkembangan zaman saat ini semakin membuat masyarakat merasakan dampak positif dari banyaknya hal yang sudah perlahan-lahan menjadi semakin modern. Bidang kesehatan adalah salah satu bidang yang juga semakin maju karena adanya teknologi yang membantu para tenaga medis untuk melakukan yang terbaik tetapi dengan cara yang lebih mudah. Munculnya aplikasi kesehatan saat ini membuat banyak pihak merasa diuntungkan, terutama banyak fitur di dalamnya yang membuat banyak kemudahan, seperti adanya chatbot.

Peran Bidang Kesehatan dalam Masyarakat

  • Andalan Jika Ada Hal Darurat

Bidang kesehatan sangat diandalkan oleh masyarakat terutama jika ada hal darurat, khususnya rumah sakit dan tenaga medis. Hal ini diperlukan dan dibutuhkan oleh masyarakat jika suatu waktu terjadi hal-hal yang diluar kendali dan dibutuhkan tenaga medis profesional seperti saat kecelakaan, operasi, dan waktu-waktu krusial lainnya.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Chatbot dalam Pelayanan Kesehatan

  • Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Bidang kesehatan juga merupakan suatu bidang yang bisa meningkatkan serta memperbaiki kualitas sumber daya manusia. Kampanye untuk menjaga makanan dan mengurangi konsumsi gula yang dilakukan oleh pemerintahan dalam bidang kesehatan menjadi contoh penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

  • Mempromosikan Gaya Hidup Sehat

Ada banyak kasus diabetes dan penyakit mematikan di usia dini pada saat ini menjadikan sebuah dampak negatif dari penggunaan dan konsumsi makanan yang kurang sehat. Bidang kesehatan menjadi satu bidang yang kehadirannya adalah untuk mempromosikan gaya hidup sehat untuk mengurangi angka penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat.

  • Komponen Penting dalam Memantau Kualitas Hidup Masyarakat 

Bidang kesehatan juga memiliki andil dalam memantau kualitas hidup masyarakat. Bagaimana caranya? Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya kampanye untuk melakukan check-up rutin untuk memantau kesehatan dalam tubuh.

Pengertian Chatbot untuk Bidang Kesehatan

Chatbot didefinisikan sebagai aplikasi percakapan yang membantu dalam layanan pelanggan, keterlibatan, dan dukungan dengan mengganti atau menambah agen dukungan manusia dengan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi otomasi lainnya yang dapat berkomunikasi dengan pengguna akhir melalui obrolan. 

Lebih lanjut, bukan hanya untuk bisnis, chatbot saat ini juga dimaksimalkan dan dimanfaatkan kehadirannya untuk bidang kesehatan. Banyak rumah sakit dan pemerintahan yang mulai membangun aplikasi kesehatan untuk membantu masyarakat untuk urusan kesehatan dan memanfaatkan chatbot untuk banyak hal. Singkatnya, chatbot membantu bidang kesehatan mulai dari mendiagnosa penyakit, mempercepat konsultasi, dan lain-lain.

4 Alasan Bidang Kesehatan Membutuhkan Chatbot

Ada banyak bentuk dalam bidang kesehatan dalam membantu masyarakat, salah satunya dengan hadirnya aplikasi kesehatan yang memiliki beragam fungsi. Chatbot adalah salah satu fitur yang ada dalam aplikasi kesehatan yang memiliki banyak manfaat. Berikut ini kami akan menjelaskan mengapa bidang kesehatan membutuhkan chatbot.

  • Mudah Berkonsultasi dengan Dokter

Berkonsultasi dengan dokter mungkin akan sedikit lebih sulit dan membuat pasien menunggu lama jika harus pergi ke rumah sakit. Hadirnya chatbot membuat kegiatan yang satu ini jauh lebih mudah karena memungkinkan untuk berkonsultasi dengan dokter dari jauh dan instan.

  • Cepat dan Praktis

Berbeda halnya jika pasien pergi ke rumah sakit dan harus menunggu giliran untuk dipanggil, chatbot menjadikan aktivitas tersebut jauh lebih cepat dan praktis karena pasien bisa dengan mudah membuka aplikasi kesehatan dan melakukan interaksi dengan tenaga medis melalui chatbot.

Baca Juga: Bidang Apa Saja Ya yang Membutuhkan Chatbot? Yuk, Cari Tahu!

  • Lebih Hemat Biaya

Jika pasien harus pergi ke rumah sakit, ada banyak biaya yang dikeluarkan seperti biaya transportasi, konsultasi, dan lain-lain. Menggunakan chatbot akan memudahkan pasien untuk menghemat biaya.

  • Tidak Memerlukan Konsultasi Secara Langsung dengan Dokter

Chatbot adalah salah satu teknologi yang memudahkan pasien untuk melakukan diagnosa sementara tanpa perlu melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter. Namun, ada kalanya Anda memerlukan konsultasi lebih lanjut agar mengetahui diagnosa secara pasti.

Andalkan Sociobot untuk Konsultasi Dokter Lebih Mudah dengan Pelanggan

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Salah satu produk yang kami tawarkan adalah solusi Chatbot berbasis AI terdepan & terjangkau untuk memuaskan pelanggan Anda. Asisten obrolan otomatis yang berbasis 24x7 langsung ke pelanggan Anda dengan Sociobot tanpa batasan! Menyediakan platform tunggal untuk berinteraksi dengan multi saluran online, Sociobot menggunakan teknologi NPL untuk self-learning process. Dengan Sociobot, Anda akan mendapatkan layanan survey, reservasi, appointment dokter, dan masih banyak lagi! Yuk, segera hubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan Sociobot untuk bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami