Kenali Komponen-Komponen Jaringan IP Telephony beserta Protokolnya

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 19 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock

"Artikel ini akan membahas tentang komponen-komponen dan protokol yang digunakan dalam jaringan IP Telephony"

Teknologi IP Telephony membantu melakukan pengiriman suara dan layanan komunikasi multimedia lainnya melalui jaringan IP (Internet Protocol). Dengan menggunakan jaringan data yang sudah ada, IP Telephony menyediakan solusi komunikasi yang efisien, fleksibel, dan terjangkau. Namun, untuk memahami dan mengimplementasikan IP Telephony secara efektif, penting bagi Anda untuk mengenali komponen-komponen jaringan dan protokol yang digunakan oleh sistem satu ini. 

Apa Itu IP Telephony?

IP Telephony adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengiriman suara dan komunikasi multimedia lainnya melalui jaringan Internet Protocol (IP). Dalam IP Telephony, suara dikonversi menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan IP menggunakan protokol yang sesuai. IP Telephony memberikan fleksibilitas, skalabilitas, dan fitur tambahan seperti konferensi suara, pesan suara, dan integrasi dengan aplikasi lain.

Komponen-Komponen Jaringan IP Telephony

  • IP Telephone

IP Telephone merupakan jenis perangkat keras yang digunakan untuk melakukan panggilan suara melalui jaringan IP. Komponen ini juga menggunakan protokol VoIP untuk mengirim dan menerima data suara secara digital.

Baca juga: Memperkuat Relasi Bersama Klien Bisnis dengan Menggunakan IP Telephony

  • Softphone

Softphone adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang dapat diinstal pada komputer atau perangkat mobile. Softphone juga dapat menggantikan perangkat keras telepon dengan memanfaatkan mikrofon dan speaker komputer atau perangkat mobile untuk melakukan panggilan suara melalui jaringan IP.

  • Private Branch Exchange (PBX) IP

PBX IP adalah sebuah sistem manajemen panggilan berbasis IP yang menghubungkan telepon IP dalam jaringan IP Telephony. Komponen ini bertanggung jawab untuk mengatur dan mengarahkan panggilan suara.

  • Gateway

Gateway adalah sebuah perangkat yang menghubungkan jaringan IP Telephony dengan jaringan telepon publik (PSTN). Komponen ini bertugas melakukan konversi sinyal suara analog menjadi format digital dan sebaliknya.

  • Server VoIP

Server VoIP adalah komponen jaringan IP Telephony yang bertanggung jawab untuk menyediakan layanan suara melalui protokol VoIP (Voice over Internet Protocol). Server VoIP berperan pengelolaan dan koordinasi panggilan suara antara pengguna telepon IP. Ada beberapa jenis server VoIP yang memiliki peran yang berbeda dalam jaringan IP Telephony, yaitu Registrar Server, Proxy Server, Media Server, dan Address and Service Provisioning Server.

  • Protokol Komunikasi

Protokol komunikasi dalam IP Telephony adalah standar yang digunakan untuk menginisiasi, mengelola, dan mengakhiri sesi komunikasi suara atau multimedia melalui jaringan IP. Beberapa protokol komunikasi ini misalnya Session Initiation Protocol, H.323, dan Real-Time Transport Protocol (RTP).

  • Jaringan IP

Jaringan IP merupakan infrastruktur jaringan yang menghubungkan semua komponen IP Telephony. Komponen ini menggunakan protokol TCP/IP untuk mengirimkan paket data suara melalui jaringan.

  • Firewall dan Keamanan

Dalam IP Telephony, firewall dan keamanan memainkan peran penting dalam melindungi jaringan dan panggilan suara dari ancaman yang berpotensi merugikan.

Protokol dalam Jaringan IP Telephony

Protokol komunikasi dalam IP Telephony adalah aturan yang digunakan untuk memulai, mengelola, dan menghentikan sesi komunikasi suara atau multimedia melalui jaringan IP. Berikut adalah beberapa protokol komunikasi yang umum digunakan dalam IP Telephony:

  • Session Initiation Protocol (SIP)

SIP merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk menginisiasi, mengelola, dan mengakhiri sesi komunikasi dalam IP Telephony. Protokol ini menggunakan metode request-response untuk melakukan panggilan suara, mengelola panggilan, dan menyediakan fitur tambahan seperti konferensi suara.

  • H.323

H.323 merupakan salah satu protokol komunikasi yang digunakan dalam IP Telephony, terutama pada implementasi yang lebih tua. Protokol ini menyediakan standar komunikasi untuk panggilan suara, video, dan data dalam jaringan IP.

  • Media Gateway Control Protocol (MGCP)

Protokol ini digunakan untuk mengatur gateway (penghubung) antara jaringan IP Telephony dengan jaringan telepon tradisional (PSTN). MGCP juga bertugas mengendalikan aliran media dan pengaturan panggilan antara perangkat IP dan perangkat telepon tradisional.

  • Real-Time Transport Protocol (RTP)

RTP digunakan untuk mengirimkan aliran data suara dan video secara real-time dalam jaringan IP Telephony. RTP juga bisa mengatur pengemasan, pengiriman, dan sinkronisasi aliran data multimedia.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Perusahaan Harus Beralih ke IP Telephony

  • Telephony dengan jaringan telepon tradisional (PSTN)

PSTN bertugas mengendalikan aliran media dan pengaturan panggilan antara perangkat IP dengan perangkat telepon tradisional.

  • Secure Real-Time Transport Protocol (SRTP)

Protokol ini umumnya digunakan untuk mengamankan aliran data suara dan video dalam jaringan IP Telephony. SRTP juga menyediakan enkripsi dan integritas data untuk melindungi privasi dan mencegah serangan.

  • Session Description Protocol (SDP)

SDP digunakan dengan mengkombinasikannya dengan SIP. Dengan begitu, protokol ini dapat menyediakan informasi tentang parameter media dan komunikasi yang akan digunakan dalam sesi. SDP juga mnentukan codec suara dan video yang digunakan, alamat IP, dan format media lainnya.

Gunakan Sociomile untuk Penuhi Kebutuhan Layanan Contact Center Bisnis Anda! 

Ivosights menyediakan layanan Sociomile sebagai salah satu layanan pendukung contact center bisnis Anda. Layanan ini mendukung beberapa fitur, salah satunya Sociomile Voice. Fitur ini bertujuan untuk mendukung kinerja agen contact center bisnis Anda secara operasional. Yuk, dapatkan layanan Sociomile sekarang dengan menghubungi kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami