Sebagai pelanggan, kita semua pasti pernah mengalami kebingungan atau kesulitan dalam menggunakan produk atau layanan. Dalam situasi seperti ini, menelepon call center seringkali menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan bantuan. Namun, sebelum Anda bergegas mengangkat telepon, penting untuk mengetahui kondisi yang tepat untuk menelepon call center. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memaksimalkan waktu dan mendapatkan solusi yang tepat dengan cepat dan efisien.

Apa itu Call Center?

Call center merupakan sebuah unit dalam operasional bisnis yang bertugas untuk menangani panggilan telepon masuk  (Inbound) atau keluar (Outbound) dari pelanggan dan pihak eksternal lainnya. Call center dapat dikatakan sebagai garda terdepan komunikasi suatu bisnis. Dengan adanya call center, pelanggan dapat menerima layanan yang baik, mendapatkan informasi terkait produk, menerima bantuan penyelesaian masalah, melakukan transaksi dengan mudah, mengisi survei, hingga mendapatkan tawaran atau diskon. Call center membutuhkan beberapa jenis teknologi pendukung untuk membantu operasionalnya.

Kondisi yang Tepat Menelpon Call Center

Berikut adalah panduan yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan panggilan:

Koneksi internet lambat, perangkat tidak mau menyala, fitur aplikasi tidak berfungsi, error pada website, kendala saat melakukan transaksi online. Jelaskan jenis masalah yang Anda alami secara detail kepada agen call center, termasuk langkah-langkah yang telah Anda coba untuk menyelesaikannya. Siapkan informasi seperti model perangkat, versi perangkat lunak, dan pesan error yang muncul jika ada.

Menanyakan tentang spesifikasi produk, cara penggunaan fitur tertentu, syarat dan ketentuan layanan, paket yang tersedia, biaya layanan, dan lain sebagainya. Siapkan pertanyaan Anda dengan jelas dan spesifik agar agen call center dapat memberikan jawaban yang tepat. Sebutkan juga produk atau layanan yang Anda gunakan dan versi terbaru jika memungkinkan.

Melakukan pembayaran tagihan, membeli produk tambahan, isi ulang pulsa, transfer saldo, mengganti alamat pengiriman, mengubah password, dan lain sebagainya. Siapkan informasi yang diperlukan untuk melakukan transaksi atau perubahan akun, seperti nomor akun, data diri, metode pembayaran, dan detail perubahan yang ingin dilakukan ke call center.

Mengungkapkan pengalaman Anda dalam menggunakan produk atau layanan, menyampaikan saran untuk meningkatkan kualitas layanan, atau memberikan laporan terkait kendala yang Anda temui. Siapkan umpan balik atau saran Anda dengan jelas dan konstruktif ke call center. Sebutkan produk atau layanan yang Anda gunakan dan jelaskan secara detail pengalaman atau saran Anda.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Outbound dan Inbound Campaign pada Call Center

Penipuan melalui SMS atau email yang mengatasnamakan perusahaan, akun yang diretas, transaksi mencurigakan pada akun Anda, penyalahgunaan data pribadi. Segera hubungi call center dan jelaskan kronologi kejadian penipuan atau kejahatan siber yang Anda alami. Siapkan informasi seperti bukti-bukti yang Anda miliki, seperti tangkapan layar SMS atau email penipuan, dan rincian transaksi mencurigakan.

Kehilangan kartu kredit atau debit, akses akun diblokir secara tidak sah, akun diretas dan digunakan untuk transaksi ilegal, mengalami penipuan melalui ATM.  Segera hubungi call center dan jelaskan situasi darurat yang Anda alami. Siapkan informasi yang diperlukan, seperti nomor kartu, data diri, dan kronologi kejadian. Call center akan membantu Anda menonaktifkan kartu, mengamankan akun, dan mengarahkan Anda ke pihak berwenang jika diperlukan.

Menanyakan tentang diskon, cashback, program loyalitas, paket bundling, dan penawaran menarik lainnya. Jelaskan produk atau layanan yang Anda gunakan dan tanyakan tentang promo atau penawaran terbaru yang tersedia. Agen call center akan memberikan informasi lengkap mengenai syarat dan ketentuan promo yang berlaku.

Ingin Mendapatkan Update Terkini dari Layanan Call Center? Sociomile dari Ivosights Jawabannya!

Ivosights merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri business solution provider. Ivosights menghadirkan Sociomile Voice, platform turunan dari Sociomile yang merupakan platform call center yang memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dashboard. Platform tersebut merupakan solusi bagi perusahaan untuk memiliki efisiensi dalam operasional bisnis, juga menciptakan interaksi dan hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan platform dari Ivosights ini, perusahaan dapat dengan mudah menaikkan customer experience. Alat ini sangat komprehensif dengan fiturnya yang lengkap, seperti Interactive Voice Response (IVR), Automatic Call Distribution (ACD), Call Barging, CRM, Artificial Intelligence (AI) dan sistem integrasi lainnya. Tertarik menggunakan Sociomile Voice? Hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju bisnis sukses!