Kenali Apa Itu IoT dan Manfaatnya

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Senin, 26 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Internet of Things. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Internet of Things. Shutterstock.

"Internet of Things (IoT) adalah jaringan objek fisik yang dilengkapi dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lainnya."

Internet of Things (IoT) adalah jaringan objek fisik yang dilengkapi dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lainnya. Terhubung ke Internet, 'hal' ini dapat bertukar data waktu nyata dengan perangkat dan sistem lain yang terhubung melalui jaringan. Perangkat yang terhubung ini digabungkan dengan sistem otomatis untuk mengumpulkan data IoT yang dapat dianalisis untuk membantu tugas atau mempelajari cara meningkatkan suatu proses.

Beberapa orang berpendapat bahwa hanya karena suatu objek dapat terhubung ke Internet dan berbagi data, itu tidak berarti harus demikian. Namun, terlepas dari ini, semakin banyak objek yang bergabung dengan Internet of Things untuk memberikan informasi, meningkatkan efisiensi aplikasi industri, menghemat waktu dan emisi, serta meningkatkan cara layanan disampaikan kepada publik.

Terlepas dari banyak hal positif yang diberikan oleh IoT, ada juga kekhawatiran tentang privasi dan keamanan kumpulan data, alamat IP, dan banyak lagi. Industri dan pemerintah bekerja untuk mengatasi masalah ini melalui pengembangan standar IoT internasional.

Apa Itu IoT (Internet of Things)?

Internet of Things adalah jaringan objek fisik yang terhubung ke Internet sehingga mereka dapat bertukar data dan informasi untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, layanan, dan lainnya. Teknologi IoT dapat ditemukan di semakin banyak tempat, termasuk industri, memungkinkan konsep rumah pintar menjadi kenyataan, dan bahkan membantu infrastruktur seluruh kota pintar.

Bagiamana Cara Kerja IoT?

Internet of Things telah dimungkinkan karena pengembangan dan penggabungan berbagai teknologi, analitik real-time, sensor, sistem tertanam, sistem nirkabel, otomatisasi, sistem kontrol, dan pembelajaran mesin.

IoT bekerja melalui perangkat dan objek dengan sensor bawaan yang terhubung ke Internet dan berbagi data ke platform yang menerapkan analitik dan berbagi informasi dengan aplikasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik.

Platform IoT dirancang untuk menentukan data mana yang digunakan dan mana yang dapat dibuang untuk mendeteksi pola, membuat rekomendasi, dan menemukan masalah, seringkali sebelum terjadi.

Ini semua memungkinkan proses menjadi lebih efisien serta memungkinkan tugas-tugas tertentu untuk diotomatisasi, terutama yang berulang, memakan waktu, atau berbahaya.

Misalnya, jika Anda mengemudi dan melihat lampu kesalahan mesin menyala, mobil Anda yang terhubung dapat memeriksa sensor dan berkomunikasi dengan orang lain di dalam kendaraan sebelum mengirim data ke pabrikan.

Pabrikan kemudian dapat menawarkan janji temu untuk memperbaiki kesalahan di dealer terdekat Anda dan memastikan bahwa suku cadang pengganti yang diperlukan sudah tersedia saat Anda tiba.

Manfaat IoT?

Manfaat Internet of Things (IoT) telah mengubah cara UKM mendekati penggunaan perangkat di tempat kerja. Dalam lanskap digital saat ini, perangkat, mesin, dan objek dari semua ukuran dapat secara otomatis mentransfer data melalui jaringan, secara efektif "berbicara" satu sama lain secara real time. Lima keuntungan teratas dari IoT:

  • Pengurangan biaya
  • Efisiensi dan produktivitas
  • Peluang bisnis
  • Pengalaman pelanggan
  • Mobilitas dan kelincahan

Untuk usaha kecil, peningkatan ketergantungan pada Internet of Things mewakili jenis revolusi industri, dengan 80% bisnis saat ini menggunakan platform IoT dari satu jenis atau lainnya. Bagi UKM, lonjakan teknologi ini tidak hanya memberikan peluang untuk memperluas kemampuan digital mereka, tetapi juga kesempatan untuk menggunakan teknologi IoT untuk meningkatkan operasi mereka dan menjadi lebih produktif, lebih terlindungi, dan lebih menguntungkan.

Kesimpulan

Internet of Things pastinya akan sangat berguna untuk perusahaan di masa yang akan datang. Pastinya dengan sistem yang terintegrasi antara satu sama lain, memudahkan untuk melakukan transformasi dan komunikasi yang masif. Comprehensive analytics yang disajikan dengan dashboard yang mudah untuk digunakan dan sesuai dengan industri saat ini. Anda dapat menggunakannya hanya di Ivosights solusi pengolahan data perusahaan Anda secara menyeluruh.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami