Buzzer Tracking, Pantau Kinerja Buzzer saat Netralkan Isu Negatif Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 15 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Buzzer Tracking. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Buzzer Tracking. Shutterstock

"Untuk menetralisirkan isu negatif bisnis, Anda bisa melakukan kerjasama dengan buzzer untuk meredakannya. Selain itu, pantaulah kinerja buzzer dengan buzzer tracking"

Citra dan reputasi sebuah bisnis dapat dengan mudah dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk opini publik yang dipublikasikan di beberapa media sosial. Untuk menjaga dan memperbaiki citra bisnis yang bisa terancam dengan opini publik yang bersifat negatif, bisnis dapat melakukan kolaborasi dengan sejumlah buzzer. Selain bekerjasama dengan mereka, bisnis juga harus memantau kinerja buzzer dengan sebuah fitur bernama buzzer tracking. Untuk mengetahui apa saja kriteria yang dipantau dari seorang buzzer, simak artikel berikut ini.

Peran Penting Buzzer dalam Upaya Menetralisir Isu Negatif Bisnis

Buzzer adalah seorang individu pengguna media sosial yang memiliki jumlah follower yang besar dan dapat memengaruhi opini publik melalui postingan yang mereka unggah. Mereka umumnya mudah memberikan pengaruh kepada audiensnya, termasuk membentuk persepsi tentang suatu bisnis.

Di samping itu, seorang buzzer memiliki kemampuan untuk menyusun narasi tentang suatu bisnis, seperti informasi positif, testimoni, dan pengalaman baik menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis. Selain memperbagus reputasi bisnis, buzzer juga bertanggung jawab untuk mengatasi isu-isu negatif terkait bisnis yang mungkin muncul. Untuk itu, mereka harus aktif dalam merespons dan mengatasi keluhan atau kritik dari para follower mereka.

Kenali Apa Itu Buzzer Tracking

Sementara itu, buzzer tracking adalah sebuah proses pemantauan dan analisis aktivitas buzzer secara teratur. Proses buzzer tracking ini meliputi memahami dampak postingan buzzer terhadap opini publik, mengukur kinerja mereka dalam menyebarkan informasi positif terkait bisnis, dan melacak bagaimana cara mereka menangani isu negatif bisnis.

Baca juga: Produk Apa Saja yang Cocok Dipromosikan Melalui Buzzer?

Apa Saja Manfaat Melakukan Buzzer Tracking?

Berikut adalah lima manfaat utama yang Anda dapat jika melakukan buzzer tracking:

  • Mendeteksi Isu Negatif dengan Cepat

Dengan memantau aktivitas buzzer secara teratur, Anda dapat mendeteksi adanya isu negatif yang muncul secara lebih awal. Hal ini memungkinkan bisnis untuk merespons isu tersebut dengan cepat sebelum berkembang menjadi sebuah masalah besar yang dapat merusak reputasi bisnis Anda.

  • Mengukur Dampak Positif

Melalui buzzer tracking, Anda dapat mengukur sejauh mana postingan yang diunggah buzzer dapat berkontribusi pada peningkatan opini publik tentang produk atau layanan bisnis secara positif. Dengan ini, bisnis juga akan terbantu dalam mengevaluasi efektivitas kerja samanya dengan buzzer.

  • Mengidentifikasi Buzzer Berkualitas

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua buzzer memiliki dampak yang sama saat bekerja sama dengan bisnis. Dengan melakukan buzzer tracking, Anda dapat mengidentifikasi buzzer manakah yang sekiranya paling efektif untuk mendukung bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat memfokuskan untuk melakukan pendekatan hingga terjalin kerjasama dengan buzzer berkualitas yang memiliki pengaruh positif.

  • Menghindari Krisis Reputasi

Isu negatif bisnis yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan krisis reputasi yang merugikan secara keseluruhan. Dengan memantau kinerja buzzer dengan buzzer tracking, Anda dapat menghindari potensi krisis ini dengan merespons isu negatif secara tepat waktu dan efektif.

  • Mengarahkan Strategi Komunikasi

Hasil dari analisis kinerja buzzer melalui buzzer tracking dapat digunakan untuk memperbaiki strategi komunikasi bisnis Anda secara lebih efektif. Anda dapat menggunakan beragam info yang diperoleh untuk menyusun pesan dan kampanye yang lebih sesuai dengan audiens bisnis.

Kriteria yang Harus Diperhatikan saat Memantau Kinerja Buzzer dalam Netralkan Isu Negatif Bisnis

Ketika Anda ingin memantau kinerja buzzer untuk menetralisir isu negatif bisnis, ada lima kriteria penting yang harus diperhatikan.

  • Reputasi Buzzer

Salah satu kriteria pertama yang harus Anda perhatikan saat memantau buzzer adalah reputasi dari buzzer itu sendiri. Pilihlah untuk bekerjasama dengan buzzer-buzzer yang memiliki reputasi baik dan pernah mendukung produk atau layanan bisnis lain yang relevan dengan bisnis Anda. Dengan begitu, akan dipastikan bahwa ulasan positif yang disampaikan oleh buzzer berdampak besar pada follower-nya.

  • Audience Buzzer

Pahami juga siapa yang menjadi audiens utama buzzer tersebut. Pastikan bahwa audiens yang hendak buzzer jangkau sudah sesuai dengan target pasar bisnis Anda. Jika buzzer memiliki audiens yang relevan, pesan yang disampaikan akan lebih efektif.

  • Kualitas Konten

Tinjaulah konten yang dibagikan oleh buzzer menggunakan buzzer tracking, termasuk gaya penulisan, kualitas gambar atau video, dan kesesuaian dengan brand perusahaan Anda. Pastikan bahwa konten yang dibagikan oleh buzzer sudah berkualitas dan relevan dengan nilai-nilai dan pesan bisnis Anda.

  • Interaksi dengan Audiens

Perhatikan bagaimana cara buzzer dalam berinteraksi dengan audiens mereka. Buzzer yang mendapatkan respon positif dari para follower-nya serta kualitas interaksi yang baik merupakan sebuah tanda bahwa buzzer peduli dengan komunitasnya. Dengan begitu, opini publik positif akan lebih mudah untuk dibangun.

  • Akurasi Informasi

Pastikan bahwa buzzer sudah menyampaikan informasi yang akurat dan faktual. Tersebarnya informasi yang tidak benar atau menyesatkan dapat merusak reputasi bisnis Anda. Untuk itu, lakukan verifikasi fakta sebelum bekerjasama dengan buzzer tertentu.

Baca juga: Buzzer Tracking: Menghindari Anda Salah Pilih Brand Ambassador

Langkah-Langkah Melakukan Buzzer Tracking Secara Efektif

Supaya melakukan buzzer tracking bisa bekerja secara efektif, terapkan langkah-langkah berikut ini:

  • Identifikasi Buzzer yang Relevan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan supaya melakukan buzzer tracking bekerja secara efektif adalah mengidentifikasi buzzer yang relevan dengan bisnis Anda. Untuk mendapatkannya, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan buzzer yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

  • Analisis Reputasi Buzzer

Setelah berhasil mengidentifikasi buzzer, langkah berikutnya adalah melakukan analisis terhadap reputasi buzzer mereka. Tinjaulah kredibilitas, sejarah, dan kualitas konten yang dibagikan oleh buzzer tersebut. Pastikan reputasi mereka terkenal baik dan sesuai dengan nilai-nilai bisnis Anda.

  • Tentukan Tujuan dan Metrik Sukses

Sebelum memulai proses buzzer tracking, tentukan tujuan Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran brand bisnis, mengatasi isu negatif bisnis, atau meningkatkan penjualan produk maupun layanan? Selanjutnya, pilihlah metrik yang akan Anda gunakan untuk mengukur kesuksesan, seperti jumlah tayangan atau tingkat interaksi.

  • Gunakan Alat Bantu

Untuk melacak kinerja buzzer dengan buzzer tracking, Anda juga dapat menggunakan alat bantu seperti software analitik media sosial. Tools ini akan membantu Anda untuk mengukur dampak pesan buzzer dan memantau pertumbuhan audiens bisnis Anda.

  • Pantau dan Evaluasi Secara Berkala

Terakhir, lakukan pemantauan dan evaluasi kinerja buzzer secara berkala. Tinjaulah juga metrik yang telah Anda tentukan dan perhatikan apakah buzzer telah mencapai tujuan yang bisnis Anda inginkan. Jika tidak, pertimbangkan untuk mengubah strategi bisnis Anda.

Dapatkan Fitur Buzzer Tracking, Salah Satunya dalam Digital Listening Tools!

Itulah beberapa kegunaan buzzer tracking untuk menetralkan isu negatif yang terkait dengan bisnis. Dengan melakukan pemantauan buzzer, Anda dapat mencocokkan apakah kinerja yang mereka lakukan sudah sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan bisnis atau belum. Terapkan juga langkah-langkah di atas supaya penggunaan buzzer tracking bekerja secara efektif.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan buzzer tracking ini, Anda bisa mendapatkan fitur tersebut dalam digital listening tools milik Ivosights, yaitu Ripple10. Tools ini digunakan sebagai alat monitoring perbincangan audiens dalam beberapa jenis platform digital, seperti sosial media, portal berita, blog, dan forum. Ripple10 juga dibekali dengan sejumlah fitur berguna, salah satunya adalah buzzer tracking dan monitoring. Dengan begitu, Anda dapat memonitoring performa setiap buzzer dan KOL dalam setiap kampanye yang bisnis Anda lakukan. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait platform ini, lakukan konsultasi langsung dengan tim kami. Bahkan, Anda dapat meminta untuk melakukan demo sistem platform ini secara langsung!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami