6 Keunggulan Mengoperasikan Call Center dengan Bantuan BPO Call Center

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Jumat, 26 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Call Center. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Call Center. Shutterstock.

"Telusuri keunggulan yang bisa Anda dapatkan apabila mengoperasikan call center dengan bantuan BPO call center melalui artikel berikut."

Kemajuan teknologi mendorong perusahaan untuk terus memperbaiki pendekatan bisnis mereka, sementara situasi ekonomi yang berubah-ubah memerlukan upaya untuk menjaga stabilitas operasional di tengah tekanan persaingan yang meningkat. Kunci untuk mempertahankan konsistensi dalam bisnis adalah melalui menjaga hubungan yang positif dengan pelanggan dan memastikan standar kualitas produk dan layanan tetap tinggi. Salah satu strategi efektif untuk mencapai hal ini adalah dengan meningkatkan kinerja call center dengan bantuan BPO call center.

Apa itu BPO Call Center?

Call center merupakan bagian penting dalam pengelolaan bisnis yang bertanggung jawab atas komunikasi melalui panggilan telepon, baik kepada pelanggan maupun pihak eksternal lainnya. Dengan keberadaan call center, pelanggan dapat menikmati layanan yang responsif, memperoleh informasi produk yang dibutuhkan, mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah, melakukan transaksi dengan lancar, memberikan feedback melalui survei, dan memanfaatkan berbagai penawaran promosi atau diskon.

Sejumlah perusahaan memilih untuk menggunakan jasa Business Process Outsourcing (BPO) untuk mengelola operasi call center mereka. BPO call center merupakan pilihan bagi perusahaan yang ingin mengalihkan sebagian operasi bisnis mereka kepada pihak ketiga. Salah satu fokus utama dari layanan BPO call center adalah mengelola fungsi call center. BPO call center biasanya dilengkapi dengan berbagai teknologi yang relevan untuk mendukung operasi call center, memastikan layanan yang efisien dan responsif kepada pelanggan.

Jenis Fitur yang Disediakan BPO Call Center

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sistem Telephony Inbound-Outbound

BPO menawarkan teknologi call center berupa sistem telephony inbound-outbound yang berbeda. Salah satu yang umum digunakan adalah fasilitas custom workflow atau kustomisasi alur kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  • SIP Trunk Solutions

Teknologi call center lainnya adalah SIP Trunk Solutions. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki platform call center melalui internet, sehingga dapat mengurangi biaya panggilan keluar dibandingkan dengan menggunakan koneksi telepon biasa.

  • Sistem Omnichannel

Beberapa BPO memiliki teknologi call center berupa sistem integrasi omnichannel. Fitur ini mengacu pada mengintegrasikan platform call center dengan kanal digital seperti media sosial untuk melengkapkan fasilitas dan meningkatkan optimasi kerja agen.

  • Integrasi Digital Monitoring

Bantuan dari BPO memungkinkan perusahaan untuk memiliki sistem call center dengan teknologi paling komprehensif. Salah satunya adalah integrasi digital monitoring tools. Dengan alat digital monitoring, perusahaan dapat mengetahui data percakapan digital di kancah digital. Pengetahuan tersebut dapat bermanfaat untuk mengetahui area bisnsi yang dapat ditingkatkan dan dievaluasi.

  • Premium Number Provider

Premium number merupakan fitur yang memungkinkan perusahaan memiliki nomor dengan digit unik yang dikustomisasi. Fitur ini berguna untuk membuat pelanggan mengingat nomor contact center bisnis tersebut dengan mudah. 

  • Integrasi WhatsApp Business API

Teknologi call center yang kini kerap digunakan adalah integrasi dengan WhatsApp Business API. Penyediaan layanan WhatsApp Business API dapat membantu pelanggan berkomunikasi dengan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan.

  • Blasting Platform

Beberapa BPO di Indonesia memiliki blasting platform atau alat untuk mengirim pesan dengan massal ke pada pelanggan melalui berbagai macam kanal digital. Fitur ini berguna untuk memastikan informasi tersampaikan secara langsung dalam waktu yang cepat.

  • Integrasi Bot

Kini, artificial intelligence (AI) berbentuk bot juga merupakan fasilitas yang dapat digunakan pada teknologi call center. Bot ini dapat membantu mendukung operasional layanan pelanggan selama 24 jam.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Perusahaan Anda Membutuhkan BPO Call Center 

Keunggulan Menggunakan Bantuan BPO Call Center

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan BPO call center adalah sebagai berikut:

  • Menghemat Biaya Operasional

Menggunakan bantuan BPO call center membuat pebisnis dapat menyesuaikan operasional contact center dengan kebutuhan dan anggaran masing-masing. Selain itu, dengan teknologi SIP Trunk Solutions memungkinkan perusahaan untuk melakukan inbound dan outbound call dengan menggunakan internet. Sehingga, perusahaan dapat menghemat biaya operasional.

  • Mendukung Skalabilitas

Bisnis dengan skala menengah dan besar terkadang mengalami kesulitan untuk tetap bisa menyediakan layanan interaksi dan komunikasi yang mumpuni. Kerumitan operasional bisnis lain juga menjadi alasan mengapa perusahaan besar membutuhkan alur kerja yang efektif. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan BPO call center untuk mengurangi beban kerja karyawan.

  • Penyedia Agen Terampil

Beberapa jenis BPO call center menyediakan agen berkualitas dan terampil yang dapat mengambil alih tugas sebagai customer service. BPO call center dapat menyediakan agen yang sudah terlatih dan profesional.

  • Layanan Team Support 24 Jam

BPO call center tak hanya menyediakan agen berkualitas dan fasilitas yang komprehensif. Akan tetapi juga layanan team support yang aktif selama 24 jam. Team support yang disediakan BPO call center juga terbilang responsif dan profesional. Sehingga, dapat membantu perusahaan yang mengalami kendala.

  • Teknologi dan Infrastruktur yang Lebih Baik

Selain menyediakan fitur teknologi penunjang sistem call center, beberapa BPO call center juga dapat menyediakan infrastruktur yang lebih baik. Contohnya seperti penyediaan lokasi call center yang strategis di kota-kota besar.

  • Meningkatkan Customer Experience

Fasilitas penunjang, team support, dan infrastruktur yang baik akan membuahkan hasil positif. Sistem call center yang komprehensif serta agen yang responsif membuat pelanggan bisa mendapatkan informasi, bantuan, dan asistensi yang mereka harapkan. Sehingga, pelanggan tidak akan mudah untuk berpaling kepada brand lainnya.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat BPO: Definisi dan Keunggulannya

Berminat Tingkatkan Intensitas Call Centar dengan Bantuan BPO Call Center? Ivosights Solusinya!

Ivosights merupakan BPO call center yang menyediakan teknologi dan fitur terpadu, infrastruktur, serta agen berkualitas dan profesional. Didapuk sebagai penyedia teknologi contact center terlengkap, Ivosights dapat membantu Anda untuk menjaga bisnis tetap terhubung dengan pelanggan. Sehingga, kelancaran operasional inbound atau outbound dapat terjaga. Tertarik? Segera bergabung sebagai mitra Ivosights untuk mendapatkan dukungan layanan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami