Mengetahui Pentingnya Algoritma Machine Learning bagi Data Analyst

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 26 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Machine learning. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Machine learning. Shutterstock.

"Algoritma machine learning adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengajar komputer untuk belajar dari data tanpa diberi perintah secara eksplisit."

Ada beberapa alasan mengapa algoritma machine learning perlu dipelajari di dunia digital. Selain algoritma machine learning bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi bekerja, alagoritma machine learning juga bisa mengautomatisasi tugas-tugas yang sebelumnya harus dilakukan secara manual seperti analisis data. Oleh karena itu, jika berbicara soal big data, algoritma machine learning sudah seperti nyawa bagi para data analyst!

Ivosights sebagai perusahaan yang terus berkembang di dunia digital dan data terus mempelajari algoritma machine learning. Namun, jika kamu belum mengetahuinya, pada artikel ini kamu akan mempelajari hal-hal terkait algoritma machine learning seperti pengertian, jenis-jenis, hingga skill dan cara apa yang harus ditempuh untuk menguasai algoritma machine learning!

Baca Juga: Pengertian dan Karakteristik Big Data Analytics

Apa itu Algoritma Machine Learning?

Algoritma machine learning adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengajar komputer untuk belajar dari data tanpa diberi perintah secara eksplisit. Ini dilakukan dengan menggunakan sebuah model matematika yang dapat dioptimalkan berdasarkan data yang tersedia. Ada beberapa jenis algoritma machine learning, diantaranya:

  • Algoritma Supervised Learning: Algoritma ini digunakan untuk memprediksi keluaran berdasarkan data yang diberikan. Contohnya, algoritma regresi linier digunakan untuk memprediksi harga rumah berdasarkan data luas tanah dan jumlah kamar.
  • Algoritma Unsupervised Learning: Algoritma ini digunakan untuk menemukan pola atau struktur dalam data tanpa diberi label. Contohnya, algoritma klustering digunakan untuk menemukan kelompok-kelompok data yang mirip.
  • Algoritma Reinforcement Learning: Algoritma ini digunakan untuk membuat komputer untuk belajar dari pengalaman dan mengambil tindakan yang optimal. Contohnya, algoritma q-learning digunakan dalam pembuatan AI untuk game.
  • Algoritma Deep Learning: Algoritma ini adalah variasi dari algoritma supervised learning yang menggunakan neural network yang sangat kompleks yang dapat menangani data yang sangat kompleks seperti gambar, teks, dll

Semua algoritma machine learning memerlukan data yang cukup banyak untuk dilatih dan dioptimalkan, dan biasanya digunakan untuk tugas-tugas seperti pengenalan pola, klasifikasi, dan regresi.

Baca Juga: Definisi, Tipe dan Manfaat Artificial Intelligence

Fungsi Algoritma Machine Learning

Fungsi algoritma machine learning adalah untuk membuat komputer dapat belajar dari data tanpa diberi perintah secara eksplisit. Ada beberapa fungsi utama dari algoritma machine learning, diantaranya:

  • Prediksi: Algoritma machine learning digunakan untuk memprediksi nilai-nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang diketahui. Contohnya, algoritma regresi digunakan untuk memprediksi harga saham berdasarkan data historis harga saham.
  • Klasifikasi: Algoritma machine learning digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan kategori yang ditentukan. Contohnya, algoritma klasifikasi digunakan untuk mengklasifikasikan email sebagai spam atau tidak spam.
  • Pengenalan Pola: Algoritma machine learning digunakan untuk menemukan pola atau struktur dalam data. Contohnya, algoritma klustering digunakan untuk menemukan kelompok-kelompok data yang mirip.
  • Analisis Sentimen: Algoritma machine learning digunakan untuk menganalisis perasaan atau opini dalam teks seperti pada tweet, ulasan produk dll
  • Pembuatan Model: Algoritma machine learning digunakan untuk membuat model matematika yang dapat digunakan untuk memprediksi atau mengklasifikasikan data baru.
  • Otomatisasi Proses : Algoritma machine learning dapat digunakan untuk mengotomatisasi proses yang rumit dengan mengambil keputusan atau tindakan yang optimal berdasarkan data yang diberikan.
  • Optimisasi : Algoritma machine learning dapat digunakan untuk menemukan konfigurasi terbaik dari suatu sistem atau proses yang dapat meningkatkan kinerja atau efisiensi.

Bagaimana Cara Mempelajari Algoritma Machine Learning?

Untuk mempelajari algoritma machine learning, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  • Belajar dasar-dasar matematika yang digunakan dalam machine learning seperti algebra, statistika, dan analisis multivariat.
  • Belajar dasar-dasar pemrograman seperti Python atau R, karena banyak library machine learning yang tersedia dalam kedua bahasa ini.
  • Mulai belajar tentang jenis-jenis algoritma machine learning, seperti supervised learning, unsupervised learning, reinforcement learning, dan deep learning.
  • Belajar cara mengolah dan mengurai data dengan menggunakan software atau tools seperti pandas, numpy, atau scikit-learn.
  • Praktik dengan mencoba membuat proyek sederhana dengan menggunakan algoritma machine learning yang telah dipelajari.
  • Ikuti kursus atau kelas online yang mengajarkan machine learning, atau bergabung dengan komunitas machine learning untuk mendapatkan dukungan dan berbagi pengetahuan dengan sesama.
  • Terus belajar dan mengembangkan kemampuan dengan mencoba menyelesaikan masalah yang lebih kompleks dan mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang machine learning.

Baca Juga: Mengenal Natural Language Processing pada Chat Bot

Dapatkan Aplikasi Digital Monitoring Terbaik di Ivosights!

Saat ini kamu bisa mendapatkan jasa dan layanan data anlisis yang komprehensif untuk data report bisnis dan sosial media. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat demi bisnismu dengan bantuan deep analysis dari data analyst.

Ivosights comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan kamu mengelola big data sekaligus menganalisisnya. Sebagai platform intelegensi digital, Ripple10 bisa membantu industrimu memenangkan kompetisi secara digital sebab Ripple10 bisa mengetahui sentiment netizen terhadap brand, mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral!

Didukung dengan fitur monitoring yang berguna, serta data strategis yang bisa memberikanmu rekomendasi langkah terbaik untuk mengembangkan bisnismu, Ivosights siap membantu! Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami