IP Telephony dan Kehidupan Sehari-Hari

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 15 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony memiliki peranan besar dalam kehidupan kita sehari-hari. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel ini"

Seperti yang kita ketahui, internet memiliki peran besar yang memudahkan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. IP Telephony merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang bergantung pada kehadiran internet agar kita bisa berkomunikasi dari jarak jauh menggunakan panggilan suara dan video. Secara sadar, kita memiliki banyak ketergantungan dalam melakukan komunikasi dari jarak jauh agar tetap terhubung dengan orang-orang terdekat. IP Telephony memiliki tugasnya tersendiri dalam hal ini, fungsi dan kegunaan yang jaringan ini miliki mempunyai dampak besar yang tidak main-main dalam kehidupan sehari-hari umat manusia. Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan banyak informasi mengenai IP Telephony dan perannya di kehidupan sehari-hari. Simak penjelasannya.

IP Telephony dan Fungsinya

IP Telephony (Internet Protocol telephony) adalah istilah umum untuk teknologi, produk, dan layanan yang menggunakan koneksi packet-switched Protokol Internet untuk mendukung panggilan suara, pesan suara, panggilan video, konferensi video, faks, dan instant messages (IM). Secara tradisional, komunikasi ini dilakukan melalui koneksi circuit-switched yang dibuat secara khusus dari jaringan telepon public switched (PSTN). Namun, dengan menggunakan internet, panggilan perjalanan sebagai paket data pada jalur bersama dilakukan untuk menghindari tol PSTN.

IP Telephony bekerja dengan mengubah panggilan suara, faks, dan informasi lainnya menjadi sinyal digital. Sinyal digital ini berjalan melalui jaringan IP, seperti internet, sebagai paket data, menggunakan koneksi IP packet-switched. Lebih lanjut, fitur suara dalam teknologi IP seperti panggilan suara dan pesan suara juga dapat disebut sebagai voice over IP (VoIP) yang selama ini kita sering dengar. Dalam sejarahnya, IP Telephony diperkenalkan pada tahun 1991 dengan pembuatan aplikasi VoIP pertama, yakni Speak Freely. Namun, tahun berikutnya, InSoft merilis Communique untuk konferensi video desktop, serta pada tahun 1995, Intel, Microsoft dan Radvision mulai menindaklanjuti sistem VoIP hingga saat ini.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan IP Telephony di Masa Pandemi

Banyak yang keliru tentang IP Telephony dan VoIP yang biasanya sering dikaitkan dengan satu sama lain. Memang keduanya berkaitan, tetapi memiliki penjelasan yang berbeda. VoIP lebih spesifik dan menjelaskan teknologi standar yang menghadirkan fitur berbasis suara, seperti panggilan dan pesan suara, melalui jaringan berbasis IP. Sedangkan IP Telephony di sisi lain adalah istilah yang lebih umum yang mencakup rangkaian lengkap teknologi, fitur, dan produk, termasuk fitur berbasis suara, serta fitur berbasis non suara, seperti pesan instan.

Lebih lanjut, IP Telephony memiliki beberapa manfaat, yakni:

  • Penghematan dari Jarak Jauh

Saat penyebaran IP Telephony matang di seluruh negeri dan ke berbagai perusahaan bisnis, akan ada beberapa penghematan dalam layanan jarak jauh, terutama untuk pengguna panggilan internasional.

  • Mobilitas 

Ketika sebuah perusahaan harus melakukan perpindahan kantor, ada perubahan yang sesuai di jalur kabel untuk mencapai perangkat telepon mereka di lokasi barunya. Dengan IP Telephony, dalam banyak kasus dimana kamu dapat dengan mudah memindahkan telepon dari satu tempat ke tempat lain. Tanpa perubahan tambahan, nomor telepon perusahaan akan berpindah bersama telepon yang akan dipindahkan. Ini adalah bagian dari penghematan signifikan yang diharapkan dapat lebih lanjut ditingkatkan untuk memudahkan kegiatan lain.

IP Telephony dalam Kegiatan Sehari-Hari

Kita sudah sering mendengar fungsi dan banyak manfaat yang IP Telephony keluarkan untuk sebuah bisnis. Kali ini, mari membahas peran IP Telephony untuk kegiatan sehari-hari:

  • Komunikasi dari Jarak Jauh

Seperti yang kita ketahui, IP Telephony adalah suatu jaringan yang akan memudahkan penggunanya untuk melakukan komunikasi dari jarak jauh melalui panggilan telepon dan video hanya dengan menggunakan internet. Dengan begini, para penggunanya dapat memanfaatkannya untuk melakukan komunikasi dari jarak jauh dengan orang-orang terdekat.

Lebih lanjut, IP Telephony memiliki aplikasi yang akan menghubungkan penggunanya melalui internet untuk melakukan panggilan suara dan video. Dengan aplikasi-aplikasi inilah para pengguna dapat dengan mudah melakukan komunikasi dengan orang terdekat. Tanpa perlu melakukan panggilan dengan telepon konvensional yang sudah kuno, pelanggan juga dapat dengan mudah melakukan percakapan. Beberapa contoh aplikasi IP Telephony yang biasa ada dan digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari adalah Skype dan WhatsApp. 

Baca Juga: Alasan Mengapa IP Telephony Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda

  • Memudahkan untuk Bidang Pendidikan

Saat pandemi, banyak institusi pendidikan yang kebingungan bagaimana melanjutkan materi tanpa harus bertatapan langsung dengan para pelajar. Hal tersebut tidak lagi menjadi masalah karena adanya jaringan IP Telephony yang memberikan akses kepada para pelajar dan tenaga pengajar untuk melanjutkan kelas dengan aplikasi IP Telephony. Selain itu, aplikasi IP Telephony juga memberikan kesempatan suatu kelas untuk memasukkan lebih dari 50 orang dalam satu room

  • Alternatif Platform untuk Menyelesaikan Masalah

Saat berhubungan dari jarak jauh dengan orang lain, kita seringkali kesulitan untuk berkomunikasi terutama saat ada masalah melanda. Dengan adanya kemajuan teknologi, kita dapat dengan mudah menghubungi orang lain tanpa perlu repot untuk bertemu secara langsung. IP Telephony memberikan akses kepada orang-orang untuk menyelesaikan masalah secara daring sehingga tidak akan berlarut-larut.

Ingin Layanan Telephony? Ivosights Jawabannya!

Sociomile adalah suatu layanan yang dimiliki oleh Ivosights yang akan memberikanmu banyak keuntungan saat memakainya, salah satunya adalah layanan IP Telephony. Dengan layanan panggilan suara, kamu dapat dengan mudah menjangkau para pelanggan untuk kelancaran bisnismu. Tunggu apalagi? Yuk, hubungi call center Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami