Mengenal Konsep Customer Relationship Management

Sociomile | Minggu, 10 Juli 2022
Ket. foto: Customer relationship management. Shutterstock
Ket. foto: Customer relationship management. Shutterstock

JAKARTA – Menjaga hubungan baik dengan klien, konsumen atau customer merupakan salah satu hal penting dalam sebuah bisnis. Pasalnya, bisnis akan berkembang berkat adanya klien atau konsumen. Oleh sebab itu, penting bagi Anda pemilik/pelaku bisnis untuk mengetahui customer relationship.

Apa itu CRM? Seberapa pentingnya CRM dalam perusahaan?

Customer Relationship Management (CRM) atau jika dialihbahasakan adalah manajemen hubungan pelanggan adalah istilah yang akrab digunakan dalam dunia bisnis yang mengacu pada penggunaan aplikasi yang khusus menyediakan layanan keluhan pelanggan.

Tentu saja dalam berbisnis, keluhan dari pelanggan merupakan hal wajar dan kerap terjadi, khususnya terkait layanan atau produk yang Anda tawarkan. Dalam poin ini, hadir dan dekat kepada pelanggan adalah suatu keharusan. Bagaimana tidak, jika pelanggan tidak didengarkan keluhannya, maka pelanggan-pelanggan  ini akan lari dan mencari produk sejenis dari kompetitor dengan pelayanan yang lebih baik.

Menghadirkan Customer Relationship Management (CRM) di dalam perusahaan Anda sebenarnya tidak semata-mata untuk membangun hubungan yang dengan pelanggan, namun juga mengumpulkan semua data pelanggan, kemudian merekam aktivitas tenaga penjual, terutama dalam hubungan dengan calon pelanggan atau yang sudah jadi pelanggan tetap.

Cara Membangun Customer Relationship Management

Terlepas dari seberapa baik hubungan Anda dengan pelanggan, selalu ada ruang untuk perbaikan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah menjadikan pelanggan sebagai prioritas utama. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda implementasikan pada bisnis Anda:

1. Tingkatkan komunikasi dengan pelanggan Anda

Menyediakan layanan untuk pelanggan merupakan hal penting bagi sebuah bisnis. Jika perusahaan Anda adalah perusahaan yang menjual produk, sebaiknya jangan sekedar menjual produk saja, namun berikan juga pelayanan yang terbaik atau tinggal kesan positif kepada konsumen. Ini akan menjadi unique selling bisnis Anda.  

2. Minta feedback secara teratur

Pelanggan lebih suka melakukan pembelian pada merek yang meluangkan waktu untuk memperhatikan kritik dan merespon umpan balik atau feedback mereka. Feedback ini pun dapat Anda gunakan untuk meningkatkan produk atau layanan yang sudah ada, atau pada akhirnya menghasilkan yang lebih baik.

3. Hadiah pelanggan setia

Pelanggan tetap/loyal cenderung lebih banyak membelanjakan uangnya daripada pelanggan baru. Untuk itu, berikanlah penghargaan kepada pelanggan tetap/loyal Anda. Hal ini tidak hanya mendorong mereka untuk melakukan pembelian tambahan, namun juga akan membuat mereka merasa lebih dihargai sebagai pelanggan.

4. Tetap terhubung dengan pelanggan Anda

Hubungan pelanggan, seperti semua hubungan lainnya, perlu dipupuk terus menerus jika Anda ingin mereka tumbuh. Dengan kata lain, Anda perlu tetap berhubungan dengan pelanggan Anda. Seperti, mengirimkan ucapan ulang tahun, pemberian list product atau layanan terbaru Anda atau email untuk berbagi seberapa besar Anda menghargai kesetiaan dan kepercayaan mereka. Anda juga bisa memberikan lembar survey kepuasan kepada pelanggan.

Langkah ini diharapkan dapat membangun komunikasi dengan pelanggan. Pelanggan menjadi lebih banyak tahu akan kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Di sisi lain, perusahaan pun bisa mendapatkan feedback dari konsumen untuk perkembangan perusahaan.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.